Macam-Macam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Macam Macam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Macam-macam Bahasa Inggris. Sejauh ini  kita mengenal yang namanya Bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika. Terkhusus di Indonesia, kedua ragam bahasa ini cukup dikenal.

Baca Juga: Sebutkan Macam-Macam Bahasa Daerah di Indonesia

Dialek bahasa Inggris juga berbeda- beda. Perihal ini sama dengan bahasa wilayah di Indonesia yang juga bermacam- macam.

Bahasa Inggris British dengan bahasa Inggris American selain mempunyai perbedaan dari dialek juga keduanya berbeda dalam hal tulisan.

Macam-Macam Bahasa Inggris :

  1. American English ( Bahasa Inggris– Amerika)
  2. British English ( Bahasa Inggris– Britania)
  3. Australian English ( Bahasa Inggris– Australia)

PERBEDAAN, CONTOH DAN ARTINYA

Bahasa Inggris British masih mempertahankan ejaan yang lebih banyak berasal dari bahasa Perancis. Sebaliknya bahasa Inggris American lebih kerap dieja yang nyaris sama dengan metode pelafalannya serta bahasa Inggris American melenyapkan huruf – huruf yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga: Macam-Macam Bahasa dan Perkembangan Bahasa

Dialek bahasa Inggris Amerika biasa melafalkan huruf r  dengan menggulung lidah ke balik serta merapatkan langit- langit mulut sebaliknya dialek bahasa Inggris British tidak melafalkan huruf r dalam kata, spesialnya bila ada pada akhir kata.

Contoh:

Bahasa Inggris British

Travelled = Perjalanan

Catalogue = Katalog

Neighbour = Tetangga

Grey = Abu- abu, mendung

Practise = Berlatih, praktek

Cheque = Cek

Centre = Pusat, bagian tengah

Theatre = Teater

Realise = Mewujudkan, menyadari

Programme = Program, acara

Baca Juga: Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli dan Cabang

Bahasa Inggris American

Center = Pusat, bagian tengah

Traveled= Perjalanan

Catalog= Katalog

Neighbor= Tetangga

Theater = Teater

Gray = Abu- abu, mendung

Practice = Berlatih, praktek

Realize= Mewujudkan, menyadari

Program = Program, acara

Check = Cek

Catatan KATA YANG Mempunyai Makna SAMA Tetapi BEDA PENULISAN

Bahasa Inggris British

Autumn = Masa gugur.

Trousers = Celana.

Litter = Sampah.

Crossroad= Persimpangan.

Baca Juga: Macam-Macam Bahasa dan Perkembangan Bahasa

Bahasa Inggris American

Fall= Masa gugur.

Pants= Celana.

Garbage= Sampah.

Crossing= Persimpangan.

Lebih jauh perbedaan ketiga macam-macam bahasa Inggris tersebut dapat di baca pada pembahasan yang ada bawah ini.

American English {Bahasa Inggris – Amerika}

Perbandingan yang sangat signifikan dari tipe Bahasa Inggris ini terletak pada pelafalan serta pengaplikasiannya. American English mempunyai pelafalan yang terbilang jelas serta gamblang, gampang disimak dan dipelajari.

Pengaplikasiannya di kehidupan tiap hari juga dapat dikatakan gampang ditemui disebabkan para penutur asli ( native speaker ) dari dialek ini kerap memakainya di aktivitas- aktivitas keseharian.

Dalam mengukur keahlian Bahasa Inggris ini, kita lebih memahami sistem uji yang diucap dengan Uji of English as Foreign Language ataupun TOEFL yang mana memakai American English sebagai standar kebahasaannya.

British English {Bahasa Inggris– Britania}

Bahasa Inggris– Britania, ataupun yang pula diketahui dengan istilah British English ialah varian Bahasa Inggris yang sangat tertua di dunia. Dikenal bagaikan’ empu’- nya dari Bahasa Inggris itu sendiri, dialek ini tumbuh di dataran yang diucap bagaikan‘ daratan biru’ pada abad ke- 11.

Bahasa Inggris sendiri ialah anak dari bahasa Jermanic Barat( West Germanic). Pecahan dari pangkal dialek Anglo- Frisian.

Walaupun tidak sama dengan kerabat jauhnya, tetapi dialek ini sudah menjadi standar Bahasa Inggris di Eropa serta negara- negara commonwealth ( persemakmuran Inggris).

Baca Juga: Bahasa Daerah Bali, Contoh dan Artinya

Berbeda dengan American English, dialek British dipercaya mempunyai pelafalan serta penuturan yang lebih susah disimak serta dipelajari. Hal ini dikarenakan bahasa ini ialah sumber dari macam Dialek Inggris yang lain, dialek British mempunyai varian yang lebih‘ medok’ dari yang lain.

Perihal ini pula dapat dilihat dari aksen para native- nya yang tidak gampang dimengerti oleh para pendengar yang tidak terlatih. Tidak hanya itu, British English lebih memilah memakai sistem uji yang berbeda dengan dialek American.

Standar dialek British digunakan pada ujian International English Language Testing System ataupun IELTS dan saat tes sejumlah lembaga kursus biasanya sengaja megambil ahli- ahli bahasa yang dihadirkan langsung dari Inggris.

Australian English {Bahasa Inggris– Australia}

Berikutnya yang termasuk kedalam macam-macam Bahasa Inggris adalah Australian English atau Bahasa Inggris Australia. Bahasa ini memiliki tingkatan penggunaan yang tidak seumum kedua kerabat lintas benua tadi.

Tetapi Bahasa Inggris – Australia kini mulai banyak digunakan diberbagai belahan negeri yang mempunyai ikatan bilateral dengan negera berjuluk Negeri Kanguru itu.

Pada dasarnya, bahasa Australian ini lahir dari pengaruh Bangsa Inggris yang menurut catatn sejarah Australian adalah merupakan wilayah koloninya yakni pada tahun 1788.

Dari pengaruh inilah kemudian hingga sekarang dan tepatnya pada tahun 1820- an, dunia mengakui Australian English {Bahasa Inggris– Australia} adalah salah satu keanekaragaman Bahasa Inggris di dunia.

Walaupun dialek ini terbilang sangat muda di antara dialek Inggris resmi yang yang lain, tetapi sebagian elemen- elemen kebahasaan semacam kosakata( vocabulary) mempunyai kesamaan yang dengan bahasa Indonesia.

Salah satu contohnya ialah pemakaian atau sebutan kata ATM yang dalam bahasa Indonesia ialah singkatan dari“ anjungan tunai mandiri”. Dalam dialek Australian, ini memakai sebutan yang sama walaupun mempunyai makna singkatan yang berbeda yaitu “automatic teller machine”. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.