10 Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan

Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan

Ada banyak aktivitas anak di rumah yang bisa dilakukan bila sedang mengisi liburan sekolah. Aktivitas ini baik untuk anak TK atau SD hingga SMP dan SMP.

Utamanya anak TK karena ada banyak kegiatan motorik halus anak TK yang bisa diterapkan. Contoh permainan anak usia dini ini juga bagus untuk kegiatan montessori anak 5 tahun.

Berikut ini dibeberkan cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat. Juga contoh kreativitas anak paud yang bisa kita lakukan bersama di rumah.

Baca Juga: Pengumuman Prakerja Gelombang 12, Berikut Cara Prakerja Login

Beberapa anak perlu aktif tiap hari untuk menggerakkan perkembangan mereka. Aktif yang diartikan ini bukan hanya ditujukan untuk aktivitas fisik, tetapi juga aktivitas anak di rumah atau luar rumah yang menolong perubahan psikis Sang Kecil. Ke-2 nya sama-sama lengkapi dan tidak bisa dipisah.

Daftar Pilihan Aktivitas Anak di Rumah dimasa Pandemi

10 Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan
10 Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan

Manfaat Aktivitas Fisik dan Mental Bagi Si Kecil

Dengan aktivitas fisik, beberapa anak terlatih bergerak dan meregangkan badannya. Ini akan tingkatkan elastisitas mereka. Dengan demikian, Sang Kecil bisa lakukan aktivitas setiap hari tanpa kendala atau merasa sakit pada otot dan sendi mereka. Disamping itu, aktivitas fisik yang teratur dilaksanakan bisa juga:

  1. membuat bentuk badan yang bagus
  2. memperkuat badan
  3. menghindar kegemukan
  4. kurangi resiko penyakit seperti sakit jantung, kanker, diabetes dan osteoporosis.

Bunda dapat menolong perubahan sosial dan emosional Sang Kecil lewat aktivitas setiap hari. Menurut Mary Ann F. Kohl dalam bukunya yang dengan judul Primary Art: It’s the Process, Not The Product, diantaranya dengan aktivitas yang mengikutsertakan seni. Itu bisa memberikan beberapa faedah misalnya:

  • tingkatkan kekuatan beberapa anak untuk menganalisa permasalahan
  • tingkatkan kreasi
  • meningkatkan motorik lembut anak
  • tingkatkan keyakinan diri Sang Kecil karena mereka suka saat sukses membuat suatu hal

Memadankan aktivitas anak di rumah baik secara fisik dan psikis ke kehidupan Sang Kecil penting untuk membuat dasar hidup yang akan mereka aplikasikan sejauh hidup mereka. Beberapa anak yang aktif secara fisik selama saat kanak-kanak, peluang tetap aktif saat dewasa.

Saat itu, beberapa anak yang terlatih dengan aktivitas untuk tingkatkan perubahan psikis, akan pelajari banyak ketrampilan sosial. Misalnya seperti perpecahan permasalahan, perundingan, kerja sama, dan sebagainya.

Ketrampilan ini akan menolong mereka jalani kehidupan di tengah-tengah warga, dimulai dari sekolah sampai tempat kerja. Ini menolong mereka berkilau di sejumlah sektor. Olahraga bersama Sang Kecil menolong mereka masih aktif saat di rumah

Baca Juga: Daftar P2P Lending Syariah Indonesia Fintech Terbaik

Saat Aktivitas Sang Kecil Terbatas di Rumah

Aktivitas anak bisa dilaksanakan dalam ruang (indoor), di luar ruang (outdoor). Tetapi, ada banyak keadaan yang tidak mungkin untuk lakukan aktivitas di luar ruang. Misalkan saat mereka sedang kurang sehat atau cuaca yang tidak memberikan dukungan.

Sekarang, sepanjang wabah COVID-19, aktivitas anak makin terbatas. Sampai akhir 2019, beberapa anak habiskan waktunya dengan keluarga, rekan-rekan, guru, sampai bermain bersama tetangga. Tetapi sesudah virus corona serang, terjadi banyak pengubahan dalam kehidupan mereka.

Untuk menahan penebaran COVID-19, beberapa negara di dunia—termasuk Indonesia—menutup sekolah. Aktivitas anak belajar juga diarahkan lewat program daring.

Disamping itu, beberapa fasilitas khalayak pun tidak bekerja dengan normal. Banyak keluarga bertahan dalam rumah dan mengaplikasikan limitasi sosial. Untuk beberapa anak, ini bisa mengakibatkan kesepian.

Ini benar-benar mencemaskan karena bisa memberi dampak periode panjang. Riset memperlihatkan jika rasa kesepian pada anak terkait dengan keadaan penyakit psikis seperti stres dan kekhawatiran.

Pada Juni lalu, sebuah study yang dilaksanakan periset di Tiongkok ke 2.330 siswa sekolah, memperlihatkan jika mereka memperlihatkan pertanda penekanan emosional. Beberapa anak itu dijumpai sudah jalani karantina seputar 33 hari.

Walau baru diam di rumah sepanjang satu bulan, tetapi riset yang diterbitkan pada jurnal JAMA Pediatrics itu mengatakan jika 22,6% dari beberapa anak itu alami tanda-tanda stres. Saat itu, 18,9%-nya alami kekhawatiran.

Aktivitas Bagus yang Dapat Dilaksanakan di Rumah Bersama Anak

Menggambar bersama Sang Kecil jadi salah satunya opsi aktivitas yang dapat dilaksanakan di rumah bersama Sang Kecil. Kadang, susah untuk ajak anak untuk melakukan aktivitas bersama.

Apa lagi bila mereka berasa ‘terjebak’ dalam ruang. Walau demikian, terdapat beberapa pilihan aktivitas anak bagus yang dapat dilaksanakan, tak perlu keluar rumah. Ini bisa menolong Sang Kecil kembali semangat. Berikut salah satunya:

1. Aktivitas Membuat kreasi simpel

Tak perlu membuat kerajinan tangan atau kreasi seni yang begitu repot. Bunda bahkan juga perlu sediakan kertas dan pensil warna, selanjutnya diamkan Sang Kecil berimajinasi untuk membuat kreasinya. Disamping itu juga bisa membuat suatu hal dari barang sisa yang dapat digunakan setiap hari.

Misalkan seperti membuat kotak tisu atau pemisah buku. Hias keranjinan tangan dengan kertas beragam warna supaya makin memikat!

2. Membaca buku Bersama

Aktivitas anak di rumah seterusnya adalah membaca buku yang dapat dilaksanakan secara periodik. Diamkan Sang Kecil pilih sendiri judul buku yang memikat buatnya. Membaca buku sendiri dijumpai mempunyai banyak faedah. Salah satunya, bisa menolong anak mengenali kosakata, meningkatkan imajinasi, dan tingkatkan kekuatan memikir Sang Kecil.

3. Membuat rumah – rumahan

Apa Bunda mempunyai kardus sisa hasil berbelanja online? Bila iya, itu dapat digunakan untuk bikin benteng atau rumah-rumahan. Sang Kecil akan semangat membuat kardus-kardus itu jadi bangunan yang dia harapkan. Kecuali latih kreasi, aktivitas anak ini menolong anak aktif secara fisik.

4. Olahraga Bersama

Latih kesehatan Anak dengan pergerakan olahraga yang membahagiakan. Bunda dapat menirunya dari beberapa video yang berada di Youtube. Juga bisa dengan menghidupkan lagu favorite Sang Kecil dan ajaknya menari bersama!

5. Bermain board games

Ajak Sang Kecil bermain board games, misalkan seperti monopoli. Permainan yang tingkatkan karakter bersaing anak ini akan membuat kebosanan mereka raib.

6. Bermain games di handphone

Kecuali board games yang cukup tradisionil, Bunda dapat ajak Sang Kecil bermain games yang ada di handphone. Salah satunya sebagai opsi ialah Cussons Kids Play yang dapat didownload lewat Google Play.

Ada games Amazing Race Through Time With Hot Wheels untuk anak lelaki dan Rainbow Castle Adventure untuk anak wanita.

Permainan ini direncanakan khusus untuk menggairahkan kekuatan memikir dan menuntaskan permasalahan, dan meningkatkan imajinasi dan kreasi Sang Kecil. Ke-2 games itu dapat memperkuat ikatan dan kesolidan Bunda dan Sang Kecil dengan yang membahagiakan dan penuh penjelajahan!

7. Melihat film

Walau tidak dapat ajak Sang Kecil ke bioskop, tetapi sekarang ini ada beberapa service streaming. Tentukan film favorite Sang Kecil dan ajak dia melihat bersama.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Pribadi di Ig dengan Mudah

8. Mengirimi surat ke rekan atau saudara

Meminta Sang Kecil untuk menulis surat ke rekan, kakek-nenek, atau bagian keluarga yang lain. Kecuali memberi pengalaman baru ke anak, ini menolong mereka latih tulisan tangannya.

9. Membuat resep sederhana dan mengolah Bersama

Ikutsertakan Sang Kecil saat Bunda mempersiapkan makan siang. Diamkan mereka menolong Anda dengan memberi gagasan masakkan. Walau demikian, masih pantau Sang Kecil sepanjang ada di dapur ya, Bunda!

10. Kenalkan Sang Kecil pada yoga atau meditasi

Yoga dan meditasi bisa menolong menangani penekanan yang mereka rasakan setiap hari. Yoga memberi beberapa faedah seperti jaga pengaturan dan kesetimbangan, tingkatkan elastisitas, dan membuat fokus.

Bunda dapat cari ide pergerakan yoga yang gampang dituruti beberapa anak melalui internet. Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan ini juga sangat baik kita terapkan.

11. Camping di rumah]

Persiapkan tenda, sleeping bag, selimut, dan ajak Sang Kecil camping di rumah! Dapat dilaksanakan di teras atau halaman rumah. Juga bisa di ruangan tamu Bunda. Walau dilaksanakan di rumah, tetapi aktivitas anak ini akan memberi situasi baru pada Sang Kecil.

12. Jalanan virtual

Bunda dapat ajak Sang Kecil jalanan tak perlu keluar rumah. Dapatkan pertunjukan dan panorama menarik dari tour virtual yang tersedia banyak sekarang ini. Beberapa museum di Indonesia banyak juga yang sediakan service itu.

13. Bercocok tanam bersama Sang Kecil

Kebun menjadi tempat tempat belajar yang membahagiakan untuk beberapa anak. Bercocok tanam bisa memberi peluang ke Sang Kecil untuk pelajari beberapa jenis tanaman, menyaksikan transisi hidup tumbuhan, dan memberikan karakter perduli lingkungan sejak dari awal.

Yang dapat dilaksanakan orang-tua saat temani aktivitas anak di rumah

Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan
Aktivitas Anak di Rumah Mengisi Liburan

Peranan Bunda penting saat temani aktivitas Sang Kecil di rumah Beberapa anak memerlukan jalinan yang menentramkan sama orang tua mereka saat di rumah saja.

Oleh karenanya, peranan Bunda benar-benar utama di saat-saat ini. Buat jadi kesempatan kali ini untuk habiskan semakin banyak waktu dengan Sang Kecil. Berikut yang dapat Bunda kerjakan saat temani aktivitas anak di rumah:

  • Buat kegiatan rutin harian yang fleksibel tetapi stabil

Buat agenda harian untuk aktivitas yang lebih terancang bersama Sang Kecil. Bagus untuk waktu belajar, bermain. Ini menolong beberapa anak berasa semakin nyaman jalani kegiatan rutin.

  • Tanya ke anak aktivitas apa yang ingin mereka kerjakan

Memperoleh peluang untuk pilih akan membuat rasa optimis Sang Kecil. Bila mereka ingin lakukan suatu hal, bahas bersama-sama dan jika memungkinkannya karena itu dapat selekasnya dikerjakan.

  • Bangun komunikasi dengan Sang Kecil

Buat jalinan yang sama-sama yakin lewat suport dan dorongan positif. Bangun komunikasi terbuka dengan Sang Kecil. Ketahui jika tiap anak itu unik dan kemungkinan memakai langkah berlainan untuk berbicara.

  • Cermati pertanda depresi pada anak

Bunda harus siaga bila Sang Kecil memperlihatkan pertanda kesepian atau depresi. Lihat apa mereka menarik diri, lebih tertutup, atau kerap kecewa. Bila iya, tolong mereka untuk keluar dari mood jelek itu.

  • Siapkan waktu khusus untuk dengar narasi Sang Kecil

Bunda menjadi pendengar yang bagus untuk Sang Kecil. Dengar apa yang ingin mereka berikan mengenai hatinya. Siapkan waktu khusus sehari-harinya, dapat 20 menit ataupun lebih. Dengan demikian, mereka akan memercayakan Bunda untuk dengar beberapa ceritanya.

  • Tidak boleh lupakan aktivitas fisik

Ajak anak bergerak aktif sehari-harinya. Persiapkan aktivitas anak yang membuat mereka gerakkan badannya dengan suka. Kecuali membuat lebih sehat, ini menolong menangani depresi pada anak.

  • Puji Sang Kecil bila mereka berperangai baik

Lakukan untuk beri pujian Sang Kecil bila mereka sukses capai suatu hal atau mempunyai sikap yang bagus saat di rumah. Mereka kemungkinan tidak menunjukannya secara jelas, tetapi yang akan datang beberapa anak akan usaha lakukan hal baik yang lain untuk membuat Bunda suka.

Memuji ke mereka jadi satu bentuk jika Bunda perduli dan memerhatikan aktivitas anak Sang Kecil.

  • Kerjakan aktivitas anak dengan keluarga

Bukan hanya Bunda, ajak semua bagian keluarga untuk turut serta dalam aktivitas bersama. Dapatkan waktu berkualitas untuk menghangatkan situasi di rumah.

Walau cuman melakukan aktivitas di rumah, tetapi kebersihan Sang Kecil harus juga terbangun. Bunda dapat menjaga Sang Kecil dengan beberapa produk dari Cussons Kids yang bermacam.

Dimulai dari bodi wash, 2 in 1 shampoo dan conditioner, cologne, pasta gigi dan sikat gigi.

Sang Kecil yang aktif tentu memerlukan beberapa produk yang menolongnya masih sehat dan fresh tiap hari. Beberapa produk dari Cussons Kids sudah terbukti secara dermatologis dan memberi pelindungan komplet dengan keharuman yang bertahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.