Uni Eropa Perkenalkan Program Pendanaan Pasca-Doktoral di Eropa

CAFEBERITA.COM — Uni Eropa hari ini (28/8/2021) menye­leng­garakan webi­nar ten­tang pen­didikan dok­toral dan pelati­han pas­ca-dok­toral di Eropa. Mem­ba­has ten­tang pelu­ang pen­danaan yang terse­dia bagi lulu­san dan peneli­ti dari negara mana pun.

“Kami memi­li­ki komit­men jang­ka pan­jang untuk meningkatkan ker­jasama den­gan ASEAN di bidang pen­didikan, khusus­nya den­gan mem­berikan berba­gai kesem­patan bea­siswa untuk pro­gram dok­tor. Pelu­ang ini tidak hanya ter­bu­ka untuk stu­di tetapi juga untuk melakukan penelit­ian di Eropa,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Dries­mans, dis­ela-sela webi­nar.

Salah satu pro­gram pen­danaan ung­gu­lan Uni Eropa untuk pen­didikan ting­gi adalah Marie Skłodows­ka-Curie Actions (MSCA).

MSCA mem­bi­ayai penelit­ian dan ino­vasi ung­gu­lan dan mem­bekali para peneli­ti di berba­gai taha­pan karir mere­ka den­gan penge­tahuan dan keter­ampi­lan baru, melalui mobil­i­tas antar negara dan paparan ter­hadap berba­gai sek­tor dan disi­plin ilmu.

MSCA juga men­danai pengem­ban­gan pro­gram pelati­han dok­toral dan pas­ca-dok­toral ung­gu­lan ser­ta proyek ker­jasama penelit­ian di selu­ruh dunia.

“MSCA menawarkan dana bagi maha­siswa S‑3 untuk melakukan penelit­ian dok­toral mere­ka dalam pro­gram pelati­han dok­toral di selu­ruh Eropa sela­ma empat tahun. Dari 1.707 bidang penelit­ian, ada lima bidang penelit­ian yang saat ini sedang pop­uler yaitu Teknik, Ilmu Biolo­gi, Ilmu Kom­put­er, Fisi­ka dan Ilmu Kedok­ter­an,” kata Koor­di­na­tor Wilayah EURAXESS World­wide Dr Susanne Rent­zow-Vasu.

Webi­nar ini juga menampilkan pan­elis pem­bicara asal Indone­sia yang mem­berikan tips dan saran untuk mem­per­oleh pen­danaan MSCA dan men­dukung pengem­ban­gan karir pro­fe­sion­al.

Pem­bicara pada acara ini adalah: Erv­ina, kan­di­dat PhD MSCA di Nor­we­gia; Gilang Hamidy, maha­siswa PhD di KU Leu­ven, Bel­gia; dan Mar­ti­na Sin­ta Kris­tan­ti, dosen PhD di Departe­men Keper­awatan Uni­ver­si­tas Gad­jah Mada yang juga alum­ni Rad­boud Uni­ver­si­ty, Nijmegen, Belan­da. (*)

Tentang MSCA

Marie Skłodows­ka-Curie Actions (MSCA) adalah pro­gram pen­danaan ung­gu­lan Uni Eropa untuk pen­didikan dok­toral dan pelati­han peneli­ti pas­ca-dok­toral.

MSCA adalah bagian dari Hori­zon Europe, pro­gram pen­danaan uta­ma Uni Eropa untuk penelit­ian dan ino­vasi.

Ada 5 jenis MSCA dengan tujuan berbeda:

  • Doc­tor­al Net­works (DN) — Men­dukung pro­gram untuk melatih kan­di­dat dok­tor di
    organ­isasi akademik dan non-akademik
  • Post­doc­tor­al Fel­low­ships (PF) — Men­dukung per­spek­tif karir dan keung­gu­lan
    peneli­ti pas­ca-dok­toral
  • Staff Exchanges (SE) — Men­dorong kolab­o­rasi antar insti­tusi melalui per­tukaran
    staff
  • COFUND — Pen­danaan bersama untuk pro­gram region­al, nasion­al dan
    inter­na­sion­al
  • MSCA and Cit­i­zens — Mem­bawa penelit­ian dan peneli­ti lebih dekat kepa­da
    masyarakat luas

Lebih lan­jut: https://ec.europa.eu/research/mariecurieactions/

Tentang EURAXESS

EURAXESS adalah inisi­atif pan-Eropa yang unik dan mem­berikan infor­masi ser­ta layanan dukun­gan kepa­da peneli­ti pro­fe­sion­al, ter­ma­suk lowon­gan peker­jaan di dalam dan di luar Uni Eropa, dan masalah lain yang terkait den­gan bek­er­ja seba­gai peneli­ti di luar negeri.

Lebih lan­jut: https://euraxess.ec.europa.eu/worldwide/asean

Tentang Uni Eropa

Uni Eropa adalah per­sat­u­an ekono­mi dan poli­tik dari 27 negara anggota yang ter­diri dari: Bel­gia, Bul­gar­ia, Ceko, Den­mark, Jer­man, Esto­nia, Irlan­dia, Yunani, Spany­ol, Pran­cis, Kroa­sia, Italia, Siprus, Latvia, Lithua­nia, Luk­sem­burg, Hon­garia, Mal­ta, Belan­da, Aus­tria, Polan­dia, Por­tu­gal, Roma­nia, Slove­nia, Slo­va­kia, Fin­lan­dia, Swe­dia.

Lebih lan­jut: http://europa.eu

Pos terkait