Peralatan Berikut yang Memanfaatkan Prinsip Elektromagnetik adalah? Begini Penjelasan Rincinya

Per­ala­tan Berikut yang Meman­faatkan Prin­sip Elek­tro­mag­netik adalah? sebuah per­tanyaan yang mem­bin­gunkan. Sedik­it ambigu kare­na ada berba­gai pen­je­lasan yang mungkin salah ditafsirkan orang. Namun pada dasarnya semuanya berkai­tan den­gan kon­ver­si ener­gi.

Baca Juga: Mema­ha­mi Mag­net Yang Kuat Akan Memisahkan Cam­pu­ran Antara

Bacaan Lain­nya

Sebelum men­jawab, pent­ing untuk mema­ha­mi mak­sud dari elek­tro­mag­net terse­but. Elek­tro­mag­net adalah pem­bu­atan mag­net den­gan cara melil­itkan kawat peng­han­tar pada inti besi, dan men­galirkan arus listrik sear­ah melalui kawat peng­han­tar.

Kawat terse­but akan meng­hasilkan gaya mag­netik keti­ka peng­han­tar den­gan arus listrik ditem­patkan di dalam medan mag­netik. Prin­sip ini digu­nakan untuk men­gubah ener­gi listrik men­ja­di ener­gi ger­ak.

Dalam kon­teks ini, ener­gi ger­ak digu­nakan untuk meng­ger­akkan motor listrik. Ada beber­a­pa per­ala­tan yang meng­gu­nakan motor listrik.

Per­tanyaan:

Peralatan Berikut yang Memanfaatkan Prinsip Elektromagnetik adalah?

  • a. kipas angin.
  • b. jam tan­gan.
  • c. lam­pu listrik.
  • d. kom­por listrik.

Jawa­ban:

Peralatan yang menggunakan prinsip elektromagnetik pada motor listrik adalah kipas angin (pilihan a).

Pen­je­lasan:

Pada per­tanyaan ini, sebe­narnya keem­pat alat terse­but terkait den­gan atau meman­faatkan kemam­puan mag­net, meskipun dalam ben­tuk yang berbe­da.

Baca Juga Bagian dari Mag­net yang Memi­li­ki Gaya Tarik Terbe­sar Adalah

Jam tan­gan ana­log meng­gu­nakan gaya mag­net untuk men­dorong motor langkah yang memindahkan rotor. Semen­tara itu, jam mod­ern meng­gu­nakan kristal kuarsa yang berge­tar saat dialiri listrik (bat­erai) untuk memu­tar jarum.

Pada lam­pu listrik, prin­sip induk­si elek­tro­mag­netik digu­nakan untuk meng­hasilkan cahaya. Arus listrik yang men­galir melalui fil­a­men dalam bola lam­pu mem­bu­at fil­a­men men­ja­di panas dan meman­car­kan cahaya.

Semen­tara pada kom­por listrik, prin­sip induk­si elek­tro­mag­netik digu­nakan untuk meng­hasilkan panas. Ele­men pem­anas yang ter­bu­at dari kawat resis­tif akan mem­anas keti­ka dialiri arus listrik.

Beber­a­pa per­ala­tan yang meng­gu­nakan motor listrik antara lain kipas angin, pom­pa, kom­pre­sor, mikser, bor listrik, dan blender. Ener­gi listrik diubah men­ja­di ener­gi ger­ak oleh motor.

Con­toh lain­nya adalah kom­pas, yang meng­gu­nakan prin­sip elek­tro­mag­netik untuk menun­jukkan arah utara. Hal ini dilakukan den­gan men­garahkan jarum mag­netik ke arah medan mag­net bumi.

Selain itu, ada juga mikro­fon yang men­gubah sinyal suara men­ja­di sinyal listrik yang dap­at diter­i­ma oleh perangkat perekam. Atau prin­sip elek­tro­mag­netik yang men­gubah sinyal listrik men­ja­di getaran suara, seper­ti pada “speak­er”.

Jadi, pen­er­a­pan prin­sip elek­tro­mag­netik sebe­narnya san­gat luas, hanya saja medi­anya bervari­asi. Seper­ti yang dije­laskan dalam per­tanyaan di atas, peng­gu­naan dinamo untuk men­gubah ener­gi listrik men­ja­di ener­gi ger­ak.

Atau men­gubah ener­gi listrik men­ja­di ener­gi panas (seper­ti pada kom­por induk­si listrik) atau ener­gi cahaya (seper­ti pada lam­pu bohlam).

Secara umum, per­ala­tan yang meng­gu­nakan prin­sip elek­tro­mag­netik pada motor listrik adalah kipas angin.

Hal urgent lain­nya:

  • arah ger­ak jarum gal­vanome­ter dipen­garuhi oleh
  • per­ala­tan berikut yang meng­gu­nakan sifat induk­si elek­tro­mag­netik adalah
  • apakah kipas angin meman­faatkan prin­sip elek­tro­mag­netik
  • apakah lam­pu listrik meman­faatkan prin­sip elek­tro­mag­netik
  • mag­net berikut ini yang bek­er­ja den­gan meman­faatkan medan mag­net bumi adalah
  • hewan-hewan berikut yang meman­faatkan kemag­ne­tan bumi untuk melakukan nav­i­gasi adalah
  • diantara per­ala­tan berikut ini yang meman­faatkan prin­sip induk­si elek­tro­mag­netik adalah
  • alat yang tidak meman­faatkan prin­sip induk­si elek­tro­mag­netik adalah

Pos terkait