Menghadapi Teman Pendiam

CAFEBERITA.COM — Bagaimana Meng­hadapi Teman Pen­di­am? Ten­tu meru­pakan hal yang san­gat menye­nangkan bila pun­ya teman yang san­gat dekat den­gan kita.

Namun bagaimana jadinya jika teman terse­but pun­ya sifat yang san­gat pen­di­am dan jarang untuk berbicara jika bukan kita yang mem­u­lainya.

Ten­tu hal ini bisa mem­bu­at suasana men­ja­di kurang begi­tu nya­man.

Oleh kare­na itu dibu­tuhkan teknik ter­ten­tu agar teman atau orang terse­but bisa merubah sifat­nya.

Lihat Juga Dap­atkan Hon­o­rar­i­um Cara Kir­im Naskah ke Pener­bit Redak­si Cafeberi­ta

Berikut Cara Menghadapi Teman Pendiam

Berikan Pengertian

Yang per­ta­ma yaitu beri­lah pengert­ian pada dirinya bila kita serius untuk men­jalin per­sa­ha­batan den­gan dirinya. Yang dimak­sud den­gan pengert­ian di sini tidak per­lu diungkap­kan den­gan kata-kata melainkan den­gan per­bu­atan yang nya­ta.

Mis­al­nya seti­ap ada kesem­patan tanyakan kabar dia baik secara lang­sung atau dap­at juga melalui SMS dan telpon. Tanyakan pula hal yang lain seper­ti peker­jaan atau seko­lah, kelu­ar­ga dan seba­gainya. Cip­takan suasana yang menggam­barkan kita san­gat peduli den­gan dirinya.

Jika dia hanya men­jawab seenaKnya saja, lalukan teknik ter­ba­lik yaitu berceri­ta ten­tang diri kita sendiri. Tapi keti­ka berceri­ta, jan­gan hanya cuma men­go­b­ral omon­gan saja.

Lihat Juga Alum­ni SMK 8 Makas­sar Ini Can­tik-Can­tik dan Mandiri

Usa­hakan­lah seda­p­at mungkin dia men­ja­di fokus ter­hadap apa yang sedang kita bicarakan. Jadi dia akan bertanya dan beri­lah  yang mengam­bang sehing­ga rasa ingin tahun­ya akan semakin besar. Dari sini kemu­di­an buat­lah pancin­gan agar dia tidak sekedar bertanya tapi juga mau menge­mukakan  atau  dan seterus­nya.

Beri Ruang Berbicara

Bila dia sudah mulai mau berbicara, beri­lah ruang. Tapi pujian ini bukan kare­na dia mau bicara melainkan oleh sebab yang lain. Mis­al­nya tampi­lan­nya yang tam­pak can­tik atau cakep, nya yang san­gat menarik dan seba­gainya. Pujian ini mem­bu­at­nya men­ja­di lebih dan dia tidak akan segan mem­beri pujian balik pada kita.

Lihat Juga Wisa­ta Kebun Gowa, Salah Satu Kebun Wisa­ta Di Indone­sia

Sete­lah rasa per­caya dirinya mulai muncul, beri­lah keyak­i­nan bila dia bisa melakukan per­bu­atan yang lebih menan­tang seper­ti men­ge­nakan mod­el baju yang menim­bulkan kesan san­gat berbe­da namun tetap sesuai den­gan ben­tuk tubuh dan keprib­a­di­an­nya. Beri juga moti­vasi yang mem­bu­at dia makin berani tampil seba­gai prib­a­di yang ceria dan murah senyum ser­ta penuh per­caya diri.

Selan­jut­nya bisa rasa per­caya diri terse­but sudah muncul ajak­lah untuk bergaul dan bersosial­isasi den­gan orang lain. Dari sini kemu­di­an melangkah pada per­gaulan yang lebih luas, tidak hanya secara perse­o­ran­gan atau per­son­al saja namun pada skala yang lebih besar. Mis­al­nya bergabung den­gan suatu komu­ni­tas atau organ­isasi.

Lihat Juga Kred­it Rumah Lang­sung ke Pemi­lik

Usa­hakan seda­p­at mungkin dia bisa men­da­p­at per­an untuk tampil seba­gai orang yang selalu men­da­p­at per­ha­t­ian dari anggota lain. Dijamin dalam wak­tu yang tidak lama dia berubah total men­ja­di orang yang jauh dari sifat pen­di­am dan kuper.

Itu­lah cara meng­hadapi teman pen­di­am. Silakan diprak­tekkan den­gan bijak.

Kali­mat Yang Berkai­tan Den­gan Artikel : kam­pung madras, Meng­hadapi teman ker­ja pen­di­am, pem­ba­hasan sms agar lama kare­na pen­di­am, pen­di­am

Lihat Juga 10 Wisa­ta Baru di Mali­no Pal­ing Hits Hing­ga Sekarang

Pos terkait