Menghadapi Teman Pendiam

CAFEBERITA.COM – Bagaimana Menghadapi Teman Pendiam? Tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan bila punya teman yang sangat dekat dengan kita.

Namun bagaimana jadinya jika teman tersebut punya sifat yang sangat pendiam dan jarang untuk berbicara jika bukan kita yang memulainya.

Tentu hal ini bisa membuat suasana menjadi kurang begitu nyaman.

Oleh karena itu dibutuhkan teknik tertentu agar teman atau orang tersebut bisa merubah sifatnya.

Lihat Juga Dapatkan Honorarium Cara Kirim Naskah ke Penerbit Redaksi Cafeberita

Berikut Cara Menghadapi Teman Pendiam

Berikan Pengertian

Yang pertama yaitu berilah pengertian pada dirinya bila kita serius untuk menjalin persahabatan dengan dirinya. Yang dimaksud dengan pengertian di sini tidak perlu diungkapkan dengan kata-kata melainkan dengan perbuatan yang nyata.

Misalnya setiap ada kesempatan tanyakan kabar dia baik secara langsung atau dapat juga melalui SMS dan telpon. Tanyakan pula hal yang lain seperti pekerjaan atau sekolah, keluarga dan sebagainya. Ciptakan suasana yang menggambarkan kita sangat peduli dengan dirinya.

Jika dia hanya menjawab seenaKnya saja, lalukan teknik terbalik yaitu bercerita tentang diri kita sendiri. Tapi ketika bercerita, jangan hanya cuma mengobral omongan saja.

Lihat Juga Alumni SMK 8 Makassar Ini Cantik-Cantik dan Mandiri

Usahakanlah sedapat mungkin dia menjadi fokus terhadap apa yang sedang kita bicarakan. Jadi dia akan bertanya dan berilah  yang mengambang sehingga rasa ingin tahunya akan semakin besar. Dari sini kemudian buatlah pancingan agar dia tidak sekedar bertanya tapi juga mau mengemukakan  atau  dan seterusnya.

Beri Ruang Berbicara

Bila dia sudah mulai mau berbicara, berilah ruang. Tapi pujian ini bukan karena dia mau bicara melainkan oleh sebab yang lain. Misalnya tampilannya yang tampak cantik atau cakep, nya yang sangat menarik dan sebagainya. Pujian ini membuatnya menjadi lebih dan dia tidak akan segan memberi pujian balik pada kita.

Lihat Juga Wisata Kebun Gowa, Salah Satu Kebun Wisata Di Indonesia

Setelah rasa percaya dirinya mulai muncul, berilah keyakinan bila dia bisa melakukan perbuatan yang lebih menantang seperti mengenakan model baju yang menimbulkan kesan sangat berbeda namun tetap sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadiannya. Beri juga motivasi yang membuat dia makin berani tampil sebagai pribadi yang ceria dan murah senyum serta penuh percaya diri.

Selanjutnya bisa rasa percaya diri tersebut sudah muncul ajaklah untuk bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Dari sini kemudian melangkah pada pergaulan yang lebih luas, tidak hanya secara perseorangan atau personal saja namun pada skala yang lebih besar. Misalnya bergabung dengan suatu komunitas atau organisasi.

Lihat Juga Kredit Rumah Langsung ke Pemilik

Usahakan sedapat mungkin dia bisa mendapat peran untuk tampil sebagai orang yang selalu mendapat perhatian dari anggota lain. Dijamin dalam waktu yang tidak lama dia berubah total menjadi orang yang jauh dari sifat pendiam dan kuper.

Itulah cara menghadapi teman pendiam. Silakan dipraktekkan dengan bijak.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel : kampung madras, Menghadapi teman kerja pendiam, pembahasan sms agar lama karena pendiam, pendiam

Lihat Juga 10 Wisata Baru di Malino Paling Hits Hingga Sekarang

Pos terkait