Cara Sangrai Kopi yang Baik dan Benar

Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar tidak­lah susah. Mes­ki begi­tu ada beber­a­pa tips agar bisa dilakukan den­gan cara yang san­gat menye­nangkan.

Cara roast­ing kopi man­u­al, san­grai kopi mente­ga, cara menyan­grai kopi jahe, mesin san­grai kopi man­u­al, cara san­grai kopi cam­pur beras, cara bikin san­grai kopi, cam­pu­ran menyan­grai kopi, durasi san­grai kopi

Bacaan Lain­nya

Cara Sangrai Kopi yang Baik dan Benar

Cara Sangrai Kopi yang Baik dan Benar
Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar

Berikut ini ada tips Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar atau san­grai biji kopi sendiri di rumah. Apala­gi kalau untuk menyan­grai biji kopi di rumah pasti ala­mi kesusa­han, dan ter­lam­pau repot untuk menyan­grai den­gan per­lengka­pan dapur.  Tetapi ini men­ja­di susah, dap­at men­ja­di mem­ba­ha­giakan untuk mem­pela­jari bagaimana jen­jang san­grai dan dampaknya pada rasa.

Sepin­tas, kemu­ngk­i­nan kamu akan berpikir, buat apa men­gatahui Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar atau menyan­grai biji kopi di rumah, tidakkah itu hal yang habiskan wak­tu? Dan belum pasti hasil biji kopi yang disan­grai di rumah bisa hasilkan hidan­gan kopi yang nikmat.

Sebe­tul­nya, jauh saat sebelum minu­man kopi jadi trend sam­pai sekarang, banyak war­ga penc­in­ta kopi di beber­a­pa negara menyan­grai biji kopi mere­ka di rumah atau bela­jar Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar sendiri di tem­pat ting­gal mere­ka.

Tidak berar­ti peri­ode itu tidak ada mesin roast­ing, namun menyan­grai biji kopi di rumah seba­gai ruti­ni­tas yang sekarang jadi adat di beber­a­pa negara, seper­ti Fin­lan­dia mis­al­nya. Sek­i­taran tahun 1950an, dapur rumah tang­ga di Fin­lan­dia mem­pun­yai alat san­grai mere­ka sendiri di rumah mere­ka.

Jadi sebe­tul­nya bukan­lah hal yang aneh bila seo­rang menyan­grai biji kopi mere­ka di rumah, lep­as apa mere­ka menyan­grai untuk eksploitasi atau untuk penuhi keper­lu­an har­i­an mere­ka akan hidan­gan kopi.

Kemu­ngk­i­nan sedik­it tips di bawah ini bisa kamu pela­jari men­ge­nai Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar. Jadi buat kamu yang ingin coba menyan­grai biji kopi di rumah silakan dis­i­mak dulu pem­ba­hasan di bawah ini.

1. Beli Biji Kopi Mentah

cara sangrai kopi
cara san­grai kopi per­ta­ma pil­ih biji kopi berkual­i­tas

Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar atau Untuk menyan­grai biji kopi di rumah, tak per­lu sam­pai beli sekarung penuh biji kopi, coba men­cari tahu di mana beli biji kopi men­tah den­gan jum­lah kecil. Sek­i­taran 500 g telah cukup buat kamu mulai menyan­grai biji kopi di dapur rumah.

2. Pilih Sistem Sangrai

Tehnik dalam menyan­grai biji kopi banyak sis­tem­nya, pil­ih alat yang dipakai, pil­ih sum­ber panas per­lu diper­hi­tungkan. Untuk mesin san­grai elek­trik kemu­ngk­i­nan tidak begi­tu jadi masalah, tetapi bagaimana bila memakai kom­por, oven, bisa saja menyan­grai akan memer­lukan wak­tu yang lama. Ini adalah hal pent­ing dalam salah satu Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar di rumah.

3. Tentukan Jenjang Sangrai

Saat sebelum ten­tukan jen­jang menyan­grai biji kopi, kamu harus juga pela­jari bagaimana jen­jang san­grai pun­ya pen­garuh pada pro­file rasa kopi. Apa pil­ih dark atau light, untuk hara­p­kan hidan­gan kopi yang kaya, sebaiknya san­grai pada jen­jang light, tetapi ini bergan­tung biji kopinya juga. Untuk roast­ing dalam rasio kecil, wak­tu yang dibu­tuhkan umum­nya sek­i­taran 10 — 15 menit. Ini pent­ing diper­hatikan sebab hal urgen dalam Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar.

4. Tahap Sangrai

Tidak berbe­da jauh pada taha­pan san­grai memakai mesin san­grai, tetapi untuk menyan­grai di rumah, keringanan­nya dap­at men­gatur panas berlebi­han. Untuk menyan­grai 50gr, bila men­gawalinya di tem­per­atur 250 der­a­jat, saat war­na biji kopi mulai berang­sur berbe­da kecok­lat-cok­la­tan, sebaiknya turunk­an tem­per­atur dan masih tetap jaga panas lengkap ke biji kopi secara rata. Akan keli­hatan terang babak san­grai, yang diawali den­gan dry­ing, yel­low­ing, dan first.

5. Resting bagian dari Cara Sangrai Kopi yang Baik dan Benar

Pada taha­pan ini, biji kopi sesu­dah san­grai didi­amkan di tem­pat untuk menor­malkan tem­per­atur biji kopi sesu­dah disan­grai. Ada yang cuman men­di­amkan saja, ada pula yang mendinginkan tem­per­atur den­gan fan, ini terser­ah kamu, bera­pa ingin kamu menikmatinya sesu­dah disan­grai.

6. Nikmati Kopi yang Baru Disangrai

Ini yang ter­pent­ing, kamu akan rasakan ada yang berbe­da, kopi yang dihi­dan­gkan sesu­dah baru disan­grai diband­ing sekian hari sesu­dah san­grai. Untuk rasakan bedanya coba seduh biji kopi yang baru beber­a­pa saat disan­grai, den­gan beber­a­pa saat sesu­dah disan­grai, atau sesu­dah sekian hari, mana yang lebih nikmat?

Cara menyangrai kopi yang baik dan benar lainnya

cara sangrai kopi
cara san­grai kopi
Saat sebelum Anda nikmati secangkair kopi tidak ada kelirun­ya Anda ketahui bagaimana pros­es awal­nya pem­bik­i­nan kopi itu sendiri, ter­hi­tung cara menyan­grai kopi. Jadi silakan dis­i­mak artikel lain­nya men­ge­nai Cara San­grai Kopi yang Baik dan Benar di bawah ini.

Cara menyangrai kopi yang benar secara tradisionil

Ini kali kita akan men­gu­las men­ge­nai bagaimana cara menyan­grai biji kopi yang benar secara tra­di­sion­il.

  • Per­ta­ma kita harus menyi­ap­kan per­lengka­pan menyan­grai lebih dulu. Per­lengka­pan yang dipakai untuk menyan­grai biji kopi tra­di­sion­il umum­nya dibu­at dari baja, tetapi ada juga yang dibu­at dari tanah liat.
  • Per­si­ap­kan alat pen­gaduk. Dap­at meng­gu­nakan alat pen­gaduk yang dibu­at dari kayu, untuk menghin­dar panas. Per­si­ap­kan juga tungku, kare­na menyan­grai kopi secara tra­di­sion­ill semakin lebih pas den­gan tungku dan kayu bakar.
  • Saat sebelum disan­grai, biji kopi dicu­ci sama air bersih, diayak hing­ga kulit ari yang melekat pada biji kopi dap­at lep­as.
  • Masukan biji kopi yang sudah dicu­ci dan lep­as kulit arinya ke wajan yang dipanaskan. Jan­gan­lah lupa diaduk-aduk supaya tidak gosong dan panas dari tungku dap­at rata.
  • Sesu­dah biji kopi mulai berbe­da war­na, kecilkan api pada tungku, agar tidak cepat gosong.
  • Ciri-ciri — ciri-ciri biji kopi yang telah masak saat biji kopi itu war­na cok­lat gelap, dan bijinya benar-benar gam­pang diper­pec­ahkan.
  • Seda­p­at mungkin, kopi yang disan­grai tidak boleh ter­lam­pau gosong. Bila ter­lam­pau gosong kare­na itu cit­ra rasa pahit di kopinya bukan pahit ciri khas kopi tetapi pahit kare­na gosong. Umum­nya saat kopi telah masak pri­ma akan kelu­ar wewan­gian ciri khas kopi pada asap­nya.
  • Sesu­dah kopi masak, alihkan kopi ke wajan lain dan aduk sam­pai biji kopi tidak panas kem­bali.
  • Sesu­dah biji kopi tidak panas, kare­na itu biji kopi siap dig­iling memakai coffe gren­der atau jus biasa atau dap­at den­gan cara ditum­buk.

Demikian­lah cara menyan­grai biji kopi atau cara san­grai kopi yang baik dan benar secara tra­di­sion­il.

Cara sangrai kopi manual

Pada prin­sip­nya pros­es san­grai (roast­ing) atau cara san­grai kopi man­u­al Pada prin­sip­nya pros­es san­grai (roast­ing) yaitu pros­es kelu­arkan air dalam kopi, ker­ingkan ser­ta meningkatkan bijinya, kuran­gi berat­nya sam­pai 20%, dan yang pal­inglah pent­ing yaitu meng­gan­ti fak­tor gula jadi CO2 selaku alat trans­port buat mem­berinya wewan­gian di kopi itu. Harum­nya biji kopi seper­ti roti yang dipang­gang wak­tu berlang­sung pros­es endother­mic ialah persen­tase air mulai menyusut salah sat­un­ya rayuan buat coba san­grai kopi sendiri, den­gan wajan.

Hal ter­pent­ing lain­nya cara san­grai kopi man­u­al adalah den­gan Memas­tikan Kelas San­grai. Kalau Sebelum­nya memas­tikan kelas meng­gongseng biji kopi, anda mesti men­dala­mi bagaimana kelas san­grai memi­li­ki pen­garuh kepa­da pro­file rasa kopi. Apa memu­tuskan dark atau light, buat butuhkan sug­uhan kopi yang kaya, lebih baiknya san­grai di kelas light, akan tetapi ini terkait biji kopinya juga. Buat roast­ing dalam nilai kecil, jam yang dibu­tuhkan kebanyakan sep­utar 10 — 15 menit.

Ter­akhir ten­tun­ya adalah sam­pai pada Tahap San­grai. Ham­pir seru­pa di step san­grai meman­faatkan mesin san­grai, akan tetapi buat meng­gongseng tan­pa ada emng­gu­nakan mesin san­grai kopiu, kelu­asaan­nya dap­at memerik­sa panas berlebi­han.

Buat meng­gongseng 50gr, apa­bi­la men­gawalinya dalam suhu 250 der­a­jat, wak­tu war­na biji kopi mulai berang­sur beral­ih kecok­lat-cok­la­tan, lebih baiknya turunk­an tem­per­atur ser­ta masih melin­dun­gi panas kom­plet ke biji kopi secara sama rata. Bakal tam­pak terang tahap san­grai, yang mulai den­gan dry­ing, yel­low­ing, ser­ta first crack.

******

Cara sangrai kopi Liberika

Pan­d­u­an Cara san­grai kopi Liberi­ka atau Meng­gongseng Kopi Liberi­ka Secara Tra­di­sion­il Supaya Masih tetap Nikmat

Liberi­ka, kopi daratan ren­dah yang ditanamkan di tem­pat gam­but, pun­yai watak yang unik dan nikmat saat dice­cap. Kopi itu pun­yai rasa yang ket­ing­galan di mulut atau after taste buah nang­ka.

Kepuasan liberi­ka ada dari beragam fac­tor. Mis­alkan dari orisi­nal­i­tas watak biji atau bean-nya. Lain itu, dari cara menyan­grainya.

Nia Ponia, masyarakat Dusun Kumpai Batu Atas — daer­ah pem­ro­duk­si liberi­ka di Kali­man­tan Ten­gah — yang pro­fesinya seba­gai penyan­grai kopi, men­je­laskan Cara san­grai kopi Liberi­ka akan lebin nikmat jika disan­grai den­gan cara tra­di­sion­il.

“Kami masih memakai cara man­u­al atau tra­di­sion­il, tidak gunakan alat,” ucap­nya saat dite­mu di Dusun Kumpai Batu Atas, Kotawaringin Barat, Kali­man­tan ten­gah, Sab­tu, 17 Feb­ru­ari 2018 dilan­sir dari tempo.co

Ada banyak Cara san­grai kopi Liberi­ka atau pan­d­u­an yang dia paparkan untuk meng­gongseng kopi lewat cara man­u­al.

Per­ta­ma, api di tungku harus kon­stan. Tujuan­nya, jan­gan redup. Jika api menu­run, Nia merekomen­dasikan penyan­grai untuk menam­bah kayu bakar pada tem­pat per­api­an. Jika api menu­run, matangnya biji kopi akan tidak rata.

Ke‑2 , menam­bahkan beras atau jahe saat meng­gongseng. Ini dilak­sanakan untuk menghin­dar gosong. Dis­amp­ing itu, meng­gongseng memakai kom­bi­nasi pasti akan mem­bu­at wewan­gian kopi men­ja­di lebih harum.

“Juga bisa gunakan kela­pa yang diparut. Rasanya semakin lebih renyah. Tetapi kopi tidak berta­han lama. Pal­ing 4–5 hari” katanya.

Ke‑3 , biji kopi dalam wajan harus diaduk-aduk terus hing­ga masak. Kare­na, jika didi­amkan, biji-biji kopi akan masak seba­gian alias tidak rata.

Ke‑4, lama peng­goren­gan sek­i­tar 1 jam sam­pai 1,5 jam. Jika lebih dari 1,5 jam, biji kopi akan ter­lam­pau masak. Dalam pada itu, jika kurang dari 1 jam, biji tidak betul-betul masak. Itu­lah Cara san­grai kopi Liberi­ka yang baik dan benar.

Pos terkait