Wisata Toraja Utara, Jadwal, Letak dan Harga Kerbau di Pasar Bolu
Wisata Toraja Utara, Jadwal, Letak dan Harga Kerbau di Pasar Bolu

Wisata Toraja Utara, Jadwal, Letak dan Harga Kerbau di Pasar Bolu

Suku Toraja beranggapan Tedong atau Kerbau ini adalah hewan ternak suci yang dapat menjadi kendaraan bagi yang telah meninggal menuju ke Puya atau alam roh.

Baca Juga: Cafe & Resto Ombak Makassar Buat Komunitas, Ada Bassang

Kerbau kemudian dianggap dapat menunjukan strata sosial bagi kalangan yang mampu membelinya.

Jumlah kerbau yang dipersembahkan untuk yang akan dikubur menjadi satu tolok ukur kemakmuran bagi keluarga yang menyelenggarakan upacara adat tersebut.

Selain kerbau, juga banyak hewan ternak Babi. Babi yang dijual di sini terdiri dari dua jenis, ada Anak Babi dan Babi Dewasa.

Harga Anak Babi berkisar 750 ribu hingga 900 ribu rupiah per ekor, sedangkan Babi Dewasa harganya berkisar antara 3-9 juta rupiah.

Bahkan ada juga Babi yang harganya mencapai ratusan juta rupiah karena bobot badannya hampir sama dengan kerbau.

Dari harga Kerbau dan Babi per ekor yang dijual di Pasar Bolu ini maka tidak mengherankan jika omset pasar tradisional Bolu dapat mencapai kisaran triliyunan rupiah pada hari pasar.

Selain hewan ternak, pasar ini juga dikenal oleh kalangan wisatawan sebagai pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Toraja seperti kopi robusta dan arabika.

Produk hasil bumi seperti rempah-rempah, sayur, buah-buahan juga banyak dijual di pasar ini.

Berburu Aksesoris

Pasar Bolu di Rantepao ini juga menjadi tempat perburuan aksesoris khas Toraja. Berbagai macam aksesoris dijajakan di wisata Toraja Utara ini.

Cinderamata yang dijual di sini seperti miniatur rumah Tongkonan (rumah adat Toraja), gantungan kunci, parang Toraja, baju motif toraja, ukiran Toraja, aksesoris perempuan seperti kalung, selendang, tas, dan kain motif Toraja.

Kuliner Rantepao

Ada beberapa kuliner yang disajikan di tempat ini. Khususnya kuliner tradisional. Di antaranya papiong.

Papiong adalah daging ayam atau babi juga kerbau. Bisa juga ikan yang dicampur dengan bumbu dan sayur dan dimasak dalam bambu serta dipanggang di perapian hingga beberapa jam.

Ada juga makanan yang disebut pattolo bolarangke. Ini adalah salah satu makanan yang bahan bakunya dari rebung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.