Wisata Toraja Utara, Jadwal, Letak dan Harga Kerbau di Pasar Bolu

Wisa­ta Tora­ja Utara. Pasar Bolu di Rantepao. Pusat jual beli ter­nak den­gan omset triliyu­nan. Ratu­san Ker­bau dan Babi diper­jual belikan di Pasar Hewan Bolu yang ter­letak di Rantepao, Tora­ja Utara, Sulawe­si Sela­tan.

Cari tahu juga men­ge­nai paket wisa­ta tora­ja, wisa­ta alam tora­ja, objek wisa­ta di rantepao, wisa­ta tora­ja 2020, tana tora­ja yang terke­nal seba­gai tem­pat wisa­ta di indone­sia ter­letak di wilayah, wisa­ta tora­ja 2021, 5 tem­pat wisa­ta di tora­ja, gam­bar wisa­ta di tora­ja

Baca Juga: Upacara Ram­bu Solo, Pemaka­man di Tana Tora­ja

Har­ganya beragam dari yang bisa dida­p­at den­gan har­ga jutaan hing­ga mil­yaran rupi­ah.

Pasar tra­di­sion­al ini hanya berlang­sung sekali sepekan. Tidak hanya ramai dikun­jun­gi pem­be­li, namun juga ramai diham­piri para wisa­tawan asing dan domestik.

Pasar Bolu men­ja­di Iebih menarik kare­na tidak hanya seba­gai pusat per­be­lan­jaan tetapi juga seba­gai pusat kebu­dayaan dan per­ad­a­ban masyarakat etnis Tora­ja.

Hari pasar di Tora­ja jatuh seti­ap enam hari sekali. Itu­lah men­ga­pa Pasar Bolu hanya ramai seti­ap sem­i­ng­gu sekali.

Di Pasar Bolu, komod­i­tas uta­ma yang diper­jual­be­likan adalah ker­bau dan babi. Hewan ter­nak ini banyak dibeli untuk memenuhi upacara adat kema­t­ian Suku Tora­ja ser­ta per­ayaan hari besar seper­ti natal dan tahun baru.

Apa­bi­la sudah tiba hari pasar atau sedang ada upacara adat kema­t­ian, jum­lah Ker­bau yang dijual bisa lebih dari 500 ekor.

Ini belum ter­hi­tung jum­lah Babi yang memenuhi lapak-lapak dagang di pasar. Pem­be­li pun tidak tang­gung-tang­gung.

Mere­ka berbe­lan­ja den­gan jum­lah yang san­gat besar kare­na dalam satu upacara adat kema­t­ian saja jum­lah ker­bau yang dipo­tong bisa Iebih dari 300 ekor, terkadang lebih banyak dari jum­lah Babi.

Harga Kerbau di Pasar Bolu Toraja

Ada banyak jenis Ker­bau (dalam Bahasa Tora­ja dise­but Tedong) yang dap­at dijumpai di Pasar Bolu yang kini sudah men­ja­di bagian wisa­ta Tora­ja Utara ini, antara lain:

  1. Tedong Saleko atau dise­but juga ker­bau bule yang har­ganya pal­ing mahal yaitu bisa men­ca­pai mili­yaran rupi­ah per ekor.
  2. Tedong Bon­ga yaitu jenis ker­bau yang bagian kepalanya seper­ti Tedong Saleko, sedan­gkan bagian badan­nya berwar­na kelabu atau hitam.
  3. Tedong Teken Lan­git yaitu jenis ker­bau yang memi­li­ki tan­duk silang (satu meng­hadap ke atas, satu meng­hadap ke bawah), lalu juga ada
  4. Tedong Balian yaitu jenis ker­bau yang dike­biri sehing­ga meng­hasilkan tan­duk yang pan­jang dan besar, kemu­di­an juga ada Tedong Kudu yaitu ker­bau hitam biasa yang har­ganya pal­ing murah.

Dalam kehidu­pan masyarakat Tora­ja, ker­bau pun­ya per­anan pent­ing khusus­nya dalam nilai budaya dan ekono­mi.

Orig­i­nal­ly post­ed 2020-12-25 00:02:35.

Pos terkait