Beranda Wisata Inilah 8 Tempat Wisata Kuliner Jogja, Sederhana Tapi Lezat

Inilah 8 Tempat Wisata Kuliner Jogja, Sederhana Tapi Lezat

48
0
Mangut Lele Mbah Harto

Setelah penat dengan kesibukan bekerja di ibukota, mungkin Anda membutuhkan liburan ke luar kota untuk skedar refreshing. Jogja bisa jadi salah satu destinasi wisata alam maupun kuliner yang patut untuk dicoba. Akses dari Jakarta ke Jogja juga sangat mudah, ada banyak pilihan moda transportasi mulai dari dengan kendaraan pribadi, pesawat maupun kereta api.

Apabila Anda memutuskan akan menggunakan transportasi kereta api, tiket kereta bisa anda beli melalui aplikasi smartphone seperti tiket.com. Harga tiket kereta jakarta jogja juga cukup terjangkau, mulai dari 70 an ribu.

Di Jogja, memblusuk atau memburu kuliner hingga ke pelosok desa sudah biasa. Suasana yang alami, budaya jawa yang kental, dan makanannya yang unik dan enak menjadi daya tarik bagi karyawan kantor dan mahasiswa untuk memburu kuliner hingga ke pelosok. Ada 8 wisata kuliner Jogja blusukan yang terkenal di kalangan masyarakat Jogja.

1. Bakmi Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito

Letak Bakmi Mbah Gito ini tersembunyi di pelosok desa yaitu di Jl. Nyi Ageng Nis, Peleman, Kotagede. Memasuki warung, anda akan disambut pemandangan khas Jawa seperti ornament cangkul, radio antik, dan wayang, judul warung makan dengan huruf aksara Jawa, dan pelayan yang menggunakan busana khas Jawa.

Di sini, tersaji masakan serba ayam kampung seperti bakmi spesial, bakmi goreng, nasi goreng, magelangan, capcay, rica-rica, fuyunghay, dan soto, kupat tahu, lotek, gado-gado, serta minuman seperti the manis, es jeruk, dan soda gembira.

2. Bakso Pak Jam Ironayan

Bakso Pak Jam Ironayan

Meski hanya berupa bakso Warung Pak Jam yang terletak di Dusun Ironayak, Ngipin sangat terkenal sejak tahun 1985. Warung Pak Jam ini menyajikan bakso daging sapi yang dilengkapi dengan bakso goreng, irisan tahu, mi kuning, dan sambal cabai yang digoreng. Suasana pedesaan yang masih alami dan pelayanan yang ramah menambah nilai bagi Warung Bakso Pak Jam.

3. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget ini berada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman. Sajian daging entok Kang Tanir bertekstur lembut dan berbumbu pedas. Rasa pedas disini didapat dari cabai yang dicampur dengan semur entok. Agar rasa pedasnya bertahan lebih lama di dalam mulut, Kang Tanir menambahkan merica yang membuat rasa hangat.

4. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari

Warung sate klathak berada di Pasar Jejeran, Bantul. Tusuk sate klathak Pak Bari menggunakan ruji sepeda yang menjadi konduktor panas sehingga daging sate klathak masak secara utuh. Walau sate klathak hanya berbumbu garam, namun rasanya tetap ajaib. Sementara bumbunya, menggunakan bumbu gule. Suasana sekitar warung Sate Klathak Pak Bari sangat desawi, siapapun yang makan di warung sate ini pasti akan betah.

5. Ingkung Mbah Cempluk

Ingkung Mbah Cempluk

Warung Ingkung Mbah Cempluk berada di Guwosari, Bantul. Untuk mencapai lokasi ini, anda harus bersabar karena jalanan menuju desa belum beraspal. Namun perjuangan anda akan terbayar saat tiba di warung dengan suasana pedesaan yang alami. Warung Mbah Cempluk ini menyediakan ingkung ayam kampung dengan bumbu rempah khas Jogja. Sajian ini terasa lezat dengan tekstur ayam kampung yang lembut dan bumbu serta santan yang meresap.

6. Mangut Lele Mbah Harto

Mangut Lele Mbah Harto

Warung Mangut Lele Mbah Marto berada di Dusun Nggeneng, Bantul. Untuk mencapai lokasi ini, anda harus bersabar karena lokasi warung yang menyempil di tengah perkampungan, tanpa penunjuk jalan ataupun papan nama warung. Meski tempatnya terpencil, warung ini tidak pernah sepi pelanggan. Sajian lele asap yang dimasak dengan bumbu dan santan menciptakan cita rasa yang hebat.

7. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Warung ini Sembungan, Bantul. Walau letaknya cukup terpencil, Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung ini cukup populer, oleh karena menu ayam gorengnya yang istimewa. Proses perebusan ayam dilakukan dua kali hingga teksturnya lembut dan bumbu meresap dengan gurih dan asin. Satu porsi Ayam Goreng Mbah Cemplung terasa lezat saat disantap dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal.

8. Pecel Baywatch Mbah Warno

Pecel Baywatch Mbah Warno

Warung Pecel Baywatch Mbah Warno berada di Kasongan. Untuk mencapai warung ini, anda harus memperhatikan dan jangan sampai terlewatkan karena papan nama warung hanya berukuran 30 x 20 cm. Di sini Mbah Warno menjajakan menu pecel dengan aneka lauk, mulai dari belut goreng kering, lele, mangut belut, tahu bacem, hingga bakmi goreng. Satu porsi pecel disajikan dengan empat jenis sayuran berlumur bumbu kacang yaitu kembang turi, daun papaya, daun bayam, dan kecambah.

Meski delapan Wisata Kuliner Jogja diatas terbilang terpencil atau memblusuk, namun kelezatan, keunikan, dan rasa tradisionalnya membuat warung-warung di atas tidak pernah sepi pelanggan. Bagaimana? Tertarik memblusuk demi mendapatkan makanan enak di Jogja? Selamat memblusuk!

Tinggalkan Komentar