tempat wisata gorontalo
tempat wisata gorontalo

Tempat Wisata Gorontalo Penuh Cinta, Destinasi Wajib Dikunjungi

Ada begitu banyak tempat wisata Gorontalo yang hingga saat ini masih kurang terekspos. Destinasi itu, wajib dikunjungi oleh para pelancong. Salah satunya yang cukup terkenal ada wisata Gorontalo Penuh Cinta.

Cari tahu juga wisata gorontalo utara, pulau di gorontalo, wisata gorontalo pulau cinta, kolam renang gorontalo, wisata bahari gorontalo, wisata gorontalo 2020, tempat wisata di limboto gorontalo, wisata budaya di gorontalo

Baca Juga: Tempat-tempat Wisata Terkenal di Indonesia

Pasalnya, dengan mengunjungi destinasi ini pengunjung bisa belajar sejarah sembari jalan-jalan menikmati sejuknya alam Gorontalo. Keindahan alam yang disajikan daerah ini tak kalah hebatnya dibandingkan dengan wilayah lainnya di Sulawesi.

Berikut ini akan dibeberkan tempat wisata Gorontalo yang wajib dikunjungi bila sedang berkunjung. Destinas ini sangat memesona. Rugi bila tak mendatanginya.

Tempat Wisata Gorontalo Penuh Cinta:

  1. Tapak kaki Lahilote atau Botu Liyodu
  2. Rumah Adat Dulohupa
  3. Makam Haji Bu Ulu
  4. Benteng Otanaha

Tapak kaki Lahilote atau Botu Liyodu Wisata Gorontalo

Tapak kaki Lahilote atau Botu Liyodu Wisata Gorontalo
Tapak kaki Lahilote atau Botu Liyodu Wisata Gorontalo
  • Transportasi : Bentor Rp. 4000
  • Fasilitas :Warung makanan khas Gorontalo Binte Inelehu (jagung bakar).
  • Tiket Masuk :
  • Buka : Setiap Saat
  • Jalan : Jl. Mandala Kelurahan Pohe, 2 km dari pusat kota.

Baca Juga: Tempat Wisata di Makassar yang Paling Diminati

Tapak kaki Lahilote atau Botu Liyodu menurut legenda adalah bekas tapak kaki seorang pemuda yang gagah perkasa bernama Lahilote. Ia sempat pemperistri seorang bidadari.

Namun, ia jatuh dari kayangan dan pijakan kakinya meninggalkan bekas di atas batu. Batu inilah yang disebut orang Botu Liyodu. Saking besarnya Lahilote, maka tapak kaki yang satunya terletak di Boalemo, Gorontalo.

Wisata Rumah Adat Dulohupa 

  • Transportasi : Bentor Rp. 4000, Angkutan kota Jurusan Telaga Rp. 3000/org
  • Fasilitas :Tempat parkir, Toilet, dan aneka perlengkapan adat Gorontalo.
  • Tiket Masuk :
  • Buka : Setiap saat
  • Jalan : Jl. Jenderal Sudirman Gorontalo ( 1 km dari pusat kota)

Rumah Adat Dulohupa adalah rumah adat Gorontalo yang oleh para pembesar daerah ini digunakan sebagai balai musyawarah adat.

Musyawarah adat tersebut dikenal dengan nama Bandayo Dulohupa. Di dalam Rumah adat ini kita dapat melihat perlengkapan Upacara Adat Perkawinan Daerah Gorontalo antara lain pelaminan, busana pengantin dan perlengkapan adat lainnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Australia yang Terkenal Pasar Bunga Sydney

Makam Haji Bu Ulu Wisata Gorontalo

  • Transportasi :Bentor Rp 4000, Angkutan kota Jurusan Telaga Rp. 3 OOO/org Fasilitas
  • Tiket Masuk :
  • Buka : Setiap saat
  • Jalan :Jl. Jenderal Sudirman Gorontalo ( 1 km dari pusat kota).

Haji Bu Ulu adalah seorang Auliya (Waliyullah). Bu UIu adalah gelar karena menurut cerita pada saat ia berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, ia terbang mengendarai seekor rusa. Ini adalah tempat wisata Gorontalo yang sangat terkenal.

Di sana, Haji Bu Ulu sempat melanggar satu aturan yakni memasuki ka’bah tanpa izin seorang syeikh dan kemudian menengadah ke atas. Karena ketahuan, maka ia dikutuk oleh syeikh tersebut berupa tidak diperkenankannya 7 turunan H. Bu Ulu naik haji.

Apabila kutukan ini dilanggar maka akan berlaku kepada anak cucunya kutukan yang diberikan kepadanya yakni sebentuk daging yang tumbuh di kepala menyerupai tanduk rusa.

Benteng Otanaha tempat wisata gorontalo

Benteng ini dibangun sekitar tahun 1525 M, letaknya di atas bukit di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota.

Untuk mencapai benteng ini harus menapaki anak tangga sebanyak 351 buah atau dengan melalui jalan melingkar dengan kendaraan roda dua atau empat.

Benteng ini adalah salah satu tempat perlindungan juga tempat pertahanan para Raja Gorontalo saat melawan kolonial Portugis yang kala itu ingin menjajah.

Keunikan benteng ini bangunannya terbuat dari susunan batu dari campuran pasir, kapur dan putih telur burung Maleo. Karena letaknya berada di puncak bukit, maka dari benteng ini pengunjung dapat melihat pemandangan Danau Limboto.

Selain Benteng Otanaha terdapat pula 2 buah benteng di kedua sisi kanan dan kirinya yaitu Benteng Otahiya dan Ulupahu.

Nah, itulah tempat wisata yang ada di Gorontalo yang wajib kita kunjungi selain dari wisata Gorontalo penuh cinta, bila sedang piknik di daerah ini sebaiknya jangan lupa singgah. Sayang sekali bila destinasi ini dijaga dengan baik. (*)

4 Rumah Adat Gorontalo dan Filosofinya

Gorontalo adalah propinsi yang dapat disebutkan baru tercipta di Indonesia. Pemerintahan Indonesia pada akhirnya menetapkan Gorontalo sebagai salah satunya propinsi di Indonesia di tahun 2000.

Gorontalo sebagai salah satunya wilayah yang kaya dengan kultur dan budaya. Hal ini dapat disaksikan dari jumlahnya rumah adat Gorontalo.

Bila di keseluruhan, ada 4 jenis rumah adat yang dipunyai oleh propinsi ini. Sudah pasti ke-4 rumah adat itu memiliki makna dan filosofinya semasing.