spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Wisata Edukasi Surabaya Menjadi Rekomendasi yang Baik untuk Kegiatan Ekstrakulikuler

Wisata Edukasi – Pariwisata edukasi merupakan program yang menggabungkan unsur -unsur kegiatan pariwisata dan isi pendidikan di dalamnya. Program ini dapat dikemas sedemikian rupa untuk membuat kegiatan pariwisata tahunan atau kegiatan ekstrakurikuler memiliki kualitas baik. Materi dalam pedoman telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Setiap kali mengunjungi tempat -tempat wisata akan disesuaikan dengan minat siswa berdasarkan bidang ilmunya.

Baca Juga: Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang, Terlupakan?

Keanekaragaman budaya dan objek pariwisata dapat membuat wisatawan mungkin mengunjungi Indonesia untuk mengadakan kegiatan pariwisata pendidikan. Program pariwisata pendidikan yang telah lama diluncurkan juga merupakan keharusan bagi sekolah untuk membina dan mendidik siswa. Selain program belajar di kelas, program pariwisata pendidikan telah terbukti efektif dalam meningkatkan pola pembelajaran dan sosialisasi siswa.

Program pariwisata pendidikan juga didukung oleh akademisi pendidikan tinggi dalam memberikan materi di lapangan. Sehingga program ini benar -benar dikompilasi untuk memenuhi kegiatan pariwisata sekolah yang berkualitas. Sudah waktunya bagi program pariwisata pendidikan untuk dikembangkan di setiap sekolah sebagai proses pembelajaran siswa tentang cinta bangsa, negara dan tanah air.

Baca Juga: Stabilitas Nilai Tukar Mata Uang Dapat Dijaga dengan Mengatur

Idealnya, pariwisata pendidikan secara khusus dirancang untuk memenuhi kapasitas siswa untuk mengisi wawasan nasional melalui kegiatan perjalanan, mengenali daerah dan sumber daya lokal yang potensial antara distrik, provinsi dan antar daerah uang ada di Indonesia. Kegiatan perjalanan dalam tur wisata siswa akan memiliki dampak luas pada pembangunan ekonomi karena dapat mendukung gerakan ekonomi rakyat sambil membuka seni dan kantong budaya yang perlu diketahui siswa. Diharapkan bahwa kegiatan pariwisata pendidikan dapat menjadi sarana siswa untuk melestarikan budaya dan memperkenalkan nilai -nilai mulia dari sejarah dan budaya rakyat Indonesia.

Prospek pariwisata pendidikan berbasis siswa untuk siswa sekolah di Indonesia diprediksi lebih cerah. Jika jumlah siswa di tingkat sekolah dasar (SD) ke sekolah menengah (SMA) di Indonesia adalah 39,2 juta sebagaimana dicatat oleh Central Statistics Agency (BPS), Anda dapat membayangkan jumlah potensi pariwisata pendidikan di Indonesia. Dengan banyak gerakan siswa ke berbagai daerah di Indonesia, Anda dapat membayangkan nilai rupiah yang dapat berputar pada tempat -tempat wisata yang dikunjungi peserta didik pada saat melakukan wisata edukasi.

Baca Juga: Tempat Wisata yang Manarik di Makassar dan Sekitarnya

Konsep pariwisata pendidikan sengaja dirancang khusus untuk memenuhi kapawisitas pengetahuan siswa. Dengan demikian mereka akan dapat mengisi wawasan nasional dengan kegiatan pariwisata untuk mengenali daerah dan potensi sumber daya lokal di daerah yang mereka kunjungi. Kegiatan perjalanan siswa akan menjadi gerakan ekonomi rakyat, serta membuka seni seni dan budaya yang perlu diketahui dan dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, pariwisata siswa diharapkan menjadi sarana siswa untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya dan mengakui nilai -nilai mulia dari sejarah dan budaya rakyat Indonesia.

Dari kegiatan ini diharapkan bahwa banyak berbagai objek pariwisata dapat muncul yang dapat digunakan oleh penjual layanan pariwisata, sehingga mereka dapat mendukung penciptaan lapangan kerja untuk kelas bawah. Dengan demikian atraksi pendidikan, seni dan budaya yang dikunjungi oleh siswa dapat menyediakan lapangan kerja bagi penduduk setempat, sehingga ketika objek wisata yang berkembang dapat dipilih oleh pemerintah dan komunitas daerah tersebut. Melalui promosi, Program Pariwisata Pendidikan Cinta Indonesia yang dikhususkan untuk siswa sekolah, misalnya, dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena diprediksi bahwa kegiatan ini mampu meringankan penduduk di sekitar tempat wisata menuju yang lebih baik.

Wisata Edukasi Surabaya

Wisata Edukasi Surabaya menjadi rekomendasi yang baik bagi program ekstrakulikuler berbasis wisata bagi setiap sekolah khususnya yang ada  di Jawa Timur.

Liburan bukan hanya momen istimewa untuk bersenang -senang. Anda juga dapat mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya melakukan tur pendidikan. Jika Anda pergi berlibur ke Surabaya, Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi berbagai tujuan wisata pendidikan seperti Monumen Pahlawan Surabaya dan tempat -tempat menarik lainnya.

Baca Juga: Kursus Bahasa Inggris di Kumon, Berikut Keunggulannya

Berikut ini Merupakan Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi yang Ada di Surabaya

1. Jembatan Merah

Tujuan wisata pendidikan ini terletak di Jalan Kembang Jepun, Nyamplungan. Arsitektur jembatan kolonial Belanda memang merupakan karakteristik dari jembatan merah. Di masa lalu, daerah di sekitar Jembatan Merah adalah saksi diam -diam tentang pertempuran antara pemuda Surabaya dan pasukan Brigadir Jenderal Mallaby.

Anda tidak hanya dapat belajar tentang sejarah Surabaya, Anda juga memiliki kesempatan untuk berburu foto -foto Instagram jika Anda mengunjungi jembatan merah. Warna asli jembatan masih dipertahankan hari ini untuk memperingati nilai -nilai historisnya. Di pagi dan sore hari, banyak penduduk dan wisatawan Surabaya yang mengunjungi tujuan wisata ini untuk mengambil gambar atau hanya bersantai.

2. Monumen kapal Selam

Monumen kapal selam Surabaya terletak di Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng. Saat mengunjungi tujuan wisata pendidikan yang satu ini, Anda dapat melihat kemegahan Kri Pasopati 410 yang pernah digunakan dalam operasi trikora. Setelah bertahun -tahun, unit kapal selam akhirnya pensiun dan digunakan sebagai monumen.

Anda dapat mengunjungi bagian dalam monumen untuk menyaksikan nuansa interior kendaraan militer. Selain mempelajari sejarah Kri Pasopati 410, Anda juga dapat menonton film pendek tentang pertempuran di Laut Aru yang biasanya dimainkan untuk wisatawan.

3. Monumen Pahlawan

Berlibur di Surabaya tentu tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Monumen Pahlawan. Monumen Heroes yang satu ini memang telah menjadi monumen kebanggaan serta karakteristik kota Surabaya. Area ini mencapai 1 hektar dengan ketinggian monumen mencapai 41 meter.

Monumen Surabaya adalah bangunan bersejarah yang dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 melawan Inggris dan Belanda. Sejarah Monumen Pahlawan adalah salah satu atraksi utama bagi wisatawan. Anda dapat mempelajari sejarah ini melalui foto dan informasi yang tercantum di sekitar monumen.

4. Museum Tantular Mpu

Tujuan wisata pendidikan Surabaya lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Museum Tantular Mpu. Museum ini terletak di Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. Saat mengunjungi museum ini, Anda dapat melihat sekitar 1.500 objek warisan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam.

Baca Juga: Budaya Bugis Pinrang Maccera Siwannua, Terlupakan?

Museum ini diresmikan oleh warga negara Jerman di Surabaya bernama Von Vaber pada tahun 1933. Sayangnya, museum itu ditinggalkan setelah von Vaber meninggal. Akhirnya Museum Tantular Mpu menerima dana dari Prof. Dr. M. Sutopo dan mulai dikelola secara profesional sejak 1974.

5. House of Sampoerna

Masih ada satu tujuan wisata lagi yang patut dikunjungi untuk menambah wawasan Anda, House of Sampoerna. House of Sampoerna adalah museum serta tempat pendidikan tentang sejarah pengembangan rokok, terutama produk Sampoerna. Selain mempelajari banyak hal menarik tentang sejarah rokok, Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya di House of Sampoerna, yaitu berburu foto -foto Instagram, bersantai di kafe, membeli suvenir, dan mengikuti jalur warisan Surabaya.

Selain Surabaya yang menyajikan tempat wisata edukasi, nama seperti Jakarta juga menyajikan tempat wisata yang dapat menjadi contoh wisata edukasi terdekat bagi sekolah yang ada di Jawa.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles