Wisata Edukasi Surabaya Menjadi Rekomendasi yang Baik untuk Kegiatan Ekstrakulikuler

Wisa­ta Edukasi — Pari­wisa­ta edukasi meru­pakan pro­gram yang meng­gabungkan unsur ‑unsur kegiatan pari­wisa­ta dan isi pen­didikan di dalam­nya. Pro­gram ini dap­at dike­mas sedemikian rupa untuk mem­bu­at kegiatan pari­wisa­ta tahu­nan atau kegiatan ekstrakurikuler memi­li­ki kual­i­tas baik. Materi dalam pedo­man telah dis­esuaikan den­gan kebu­tuhan siswa. Seti­ap kali men­gun­jun­gi tem­pat ‑tem­pat wisa­ta akan dis­esuaikan den­gan minat siswa berdasarkan bidang ilmun­ya.

Baca Juga: Makanan Khas dan Tem­pat Wisa­ta Pin­rang, Terlu­pakan?

Keanekaraga­man budaya dan objek pari­wisa­ta dap­at mem­bu­at wisa­tawan mungkin men­gun­jun­gi Indone­sia untuk men­gadakan kegiatan pari­wisa­ta pen­didikan. Pro­gram pari­wisa­ta pen­didikan yang telah lama dilun­curkan juga meru­pakan keharu­san bagi seko­lah untuk mem­bi­na dan men­didik siswa. Selain pro­gram bela­jar di kelas, pro­gram pari­wisa­ta pen­didikan telah ter­buk­ti efek­tif dalam meningkatkan pola pem­be­la­jaran dan sosial­isasi siswa.

Pro­gram pari­wisa­ta pen­didikan juga didukung oleh akademisi pen­didikan ting­gi dalam mem­berikan materi di lapan­gan. Sehing­ga pro­gram ini benar ‑benar dikom­pi­lasi untuk memenuhi kegiatan pari­wisa­ta seko­lah yang berkual­i­tas. Sudah wak­tun­ya bagi pro­gram pari­wisa­ta pen­didikan untuk dikem­bangkan di seti­ap seko­lah seba­gai pros­es pem­be­la­jaran siswa ten­tang cin­ta bangsa, negara dan tanah air.

Baca Juga: Sta­bil­i­tas Nilai Tukar Mata Uang Dap­at Dija­ga den­gan Men­gatur

Ide­al­nya, pari­wisa­ta pen­didikan secara khusus diran­cang untuk memenuhi kap­a­sitas siswa untuk mengisi wawasan nasion­al melalui kegiatan per­jalanan, men­ge­nali daer­ah dan sum­ber daya lokal yang poten­sial antara dis­trik, provin­si dan antar daer­ah uang ada di Indone­sia. Kegiatan per­jalanan dalam tur wisa­ta siswa akan memi­li­ki dampak luas pada pem­ban­gu­nan ekono­mi kare­na dap­at men­dukung ger­akan ekono­mi raky­at sam­bil mem­bu­ka seni dan kan­tong budaya yang per­lu dike­tahui siswa. Dihara­p­kan bah­wa kegiatan pari­wisa­ta pen­didikan dap­at men­ja­di sarana siswa untuk melestarikan budaya dan mem­perke­nalkan nilai ‑nilai mulia dari sejarah dan budaya raky­at Indone­sia.

Prospek pari­wisa­ta pen­didikan berba­sis siswa untuk siswa seko­lah di Indone­sia dipredik­si lebih cer­ah. Jika jum­lah siswa di tingkat seko­lah dasar (SD) ke seko­lah menen­gah (SMA) di Indone­sia adalah 39,2 juta seba­gaimana dicatat oleh Cen­tral Sta­tis­tics Agency (BPS), Anda dap­at mem­bayangkan jum­lah poten­si pari­wisa­ta pen­didikan di Indone­sia. Den­gan banyak ger­akan siswa ke berba­gai daer­ah di Indone­sia, Anda dap­at mem­bayangkan nilai rupi­ah yang dap­at berputar pada tem­pat ‑tem­pat wisa­ta yang dikun­jun­gi peser­ta didik pada saat melakukan wisa­ta edukasi.

Baca Juga: Tem­pat Wisa­ta yang Man­arik di Makas­sar dan Sek­i­tarnya

Kon­sep pari­wisa­ta pen­didikan sen­ga­ja diran­cang khusus untuk memenuhi kapaw­isi­tas penge­tahuan siswa. Den­gan demikian mere­ka akan dap­at mengisi wawasan nasion­al den­gan kegiatan pari­wisa­ta untuk men­ge­nali daer­ah dan poten­si sum­ber daya lokal di daer­ah yang mere­ka kun­jun­gi. Kegiatan per­jalanan siswa akan men­ja­di ger­akan ekono­mi raky­at, ser­ta mem­bu­ka seni seni dan budaya yang per­lu dike­tahui dan dipa­ha­mi oleh siswa. Oleh kare­na itu, pari­wisa­ta siswa dihara­p­kan men­ja­di sarana siswa untuk berpar­tisi­pasi dalam melestarikan budaya dan men­gakui nilai ‑nilai mulia dari sejarah dan budaya raky­at Indone­sia.

Dari kegiatan ini dihara­p­kan bah­wa banyak berba­gai objek pari­wisa­ta dap­at muncul yang dap­at digu­nakan oleh pen­jual layanan pari­wisa­ta, sehing­ga mere­ka dap­at men­dukung pen­cip­taan lapan­gan ker­ja untuk kelas bawah. Den­gan demikian atrak­si pen­didikan, seni dan budaya yang dikun­jun­gi oleh siswa dap­at menye­di­akan lapan­gan ker­ja bagi pen­duduk setem­pat, sehing­ga keti­ka objek wisa­ta yang berkem­bang dap­at dip­il­ih oleh pemer­in­tah dan komu­ni­tas daer­ah terse­but. Melalui pro­mosi, Pro­gram Pari­wisa­ta Pen­didikan Cin­ta Indone­sia yang dikhususkan untuk siswa seko­lah, mis­al­nya, dap­at men­ja­di salah satu solusi untuk meningkatkan kese­jahter­aan masyarakat kare­na dipredik­si bah­wa kegiatan ini mam­pu meringankan pen­duduk di sek­i­tar tem­pat wisa­ta menu­ju yang lebih baik.

Wisata Edukasi Surabaya

Wisa­ta Edukasi Surabaya men­ja­di rekomen­dasi yang baik bagi pro­gram ekstraku­likuler berba­sis wisa­ta bagi seti­ap seko­lah khusus­nya yang ada  di Jawa Timur.

Libu­ran bukan hanya momen istime­wa untuk berse­nang ‑senang. Anda juga dap­at mengisi libu­ran den­gan kegiatan yang berman­faat, mis­al­nya melakukan tur pen­didikan. Jika Anda per­gi berlibur ke Surabaya, Anda memi­li­ki kesem­patan untuk men­gun­jun­gi berba­gai tujuan wisa­ta pen­didikan seper­ti Mon­u­men Pahlawan Surabaya dan tem­pat ‑tem­pat menarik lain­nya.

Baca Juga: Kur­sus Bahasa Ing­gris di Kumon, Berikut Keung­gu­lan­nya

Berikut ini Merupakan Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi yang Ada di Surabaya

1. Jembatan Merah

Tujuan wisa­ta pen­didikan ini ter­letak di Jalan Kem­bang Jepun, Nyam­plun­gan. Arsitek­tur jem­bat­an kolo­nial Belan­da memang meru­pakan karak­ter­is­tik dari jem­bat­an mer­ah. Di masa lalu, daer­ah di sek­i­tar Jem­bat­an Mer­ah adalah sak­si diam ‑diam ten­tang pertem­pu­ran antara pemu­da Surabaya dan pasukan Brigadir Jen­der­al Mal­la­by.

Anda tidak hanya dap­at bela­jar ten­tang sejarah Surabaya, Anda juga memi­li­ki kesem­patan untuk berbu­ru foto ‑foto Insta­gram jika Anda men­gun­jun­gi jem­bat­an mer­ah. War­na asli jem­bat­an masih diper­ta­hankan hari ini untuk mem­peringati nilai ‑nilai his­toris­nya. Di pagi dan sore hari, banyak pen­duduk dan wisa­tawan Surabaya yang men­gun­jun­gi tujuan wisa­ta ini untuk mengam­bil gam­bar atau hanya bersan­tai.

2. Monumen kapal Selam

Mon­u­men kapal selam Surabaya ter­letak di Jalan Pemu­da No.39, Embong Kaliasin, Gen­teng. Saat men­gun­jun­gi tujuan wisa­ta pen­didikan yang satu ini, Anda dap­at meli­hat kemega­han Kri Pasopati 410 yang per­nah digu­nakan dalam operasi triko­ra. Sete­lah bertahun ‑tahun, unit kapal selam akhirnya pen­si­un dan digu­nakan seba­gai mon­u­men.

Anda dap­at men­gun­jun­gi bagian dalam mon­u­men untuk menyak­sikan nuansa inte­ri­or kendaraan militer. Selain mem­pela­jari sejarah Kri Pasopati 410, Anda juga dap­at menon­ton film pen­dek ten­tang pertem­pu­ran di Laut Aru yang biasanya dimainkan untuk wisa­tawan.

3. Monumen Pahlawan

Berlibur di Surabaya ten­tu tidak lengkap jika Anda tidak men­gun­jun­gi Mon­u­men Pahlawan. Mon­u­men Heroes yang satu ini memang telah men­ja­di mon­u­men kebang­gaan ser­ta karak­ter­is­tik kota Surabaya. Area ini men­ca­pai 1 hek­tar den­gan ket­ing­gian mon­u­men men­ca­pai 41 meter.

Mon­u­men Surabaya adalah ban­gu­nan berse­jarah yang diban­gun untuk mem­peringati pertem­pu­ran 10 Novem­ber 1945 melawan Ing­gris dan Belan­da. Sejarah Mon­u­men Pahlawan adalah salah satu atrak­si uta­ma bagi wisa­tawan. Anda dap­at mem­pela­jari sejarah ini melalui foto dan infor­masi yang ter­can­tum di sek­i­tar mon­u­men.

4. Museum Tantular Mpu

Tujuan wisa­ta pen­didikan Surabaya lain­nya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Muse­um Tan­tu­lar Mpu. Muse­um ini ter­letak di Jalan Raya Budu­ran — Jem­bat­an Layang, Sidoar­jo. Saat men­gun­jun­gi muse­um ini, Anda dap­at meli­hat sek­i­tar 1.500 objek warisan sejarah Ker­a­jaan Hin­du, Bud­dha dan Islam.

Baca Juga: Budaya Bugis Pin­rang Mac­cera Siwan­nua, Terlu­pakan?

Muse­um ini diresmikan oleh war­ga negara Jer­man di Surabaya berna­ma Von Vaber pada tahun 1933. Sayangnya, muse­um itu dit­ing­galkan sete­lah von Vaber mening­gal. Akhirnya Muse­um Tan­tu­lar Mpu mener­i­ma dana dari Prof. Dr. M. Sutopo dan mulai dikelo­la secara pro­fe­sion­al sejak 1974.

5. House of Sampoerna

Masih ada satu tujuan wisa­ta lagi yang patut dikun­jun­gi untuk menam­bah wawasan Anda, House of Sam­po­er­na. House of Sam­po­er­na adalah muse­um ser­ta tem­pat pen­didikan ten­tang sejarah pengem­ban­gan rokok, teruta­ma pro­duk Sam­po­er­na. Selain mem­pela­jari banyak hal menarik ten­tang sejarah rokok, Anda juga dap­at melakukan kegiatan menarik lain­nya di House of Sam­po­er­na, yaitu berbu­ru foto ‑foto Insta­gram, bersan­tai di kafe, mem­be­li suvenir, dan mengiku­ti jalur warisan Surabaya.

Selain Surabaya yang menya­jikan tem­pat wisa­ta edukasi, nama seper­ti Jakar­ta juga menya­jikan tem­pat wisa­ta yang dap­at men­ja­di con­toh wisa­ta edukasi ter­dekat bagi seko­lah yang ada di Jawa.

Pos terkait