Beranda Berita Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba Butuh Air Bersih

Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba Butuh Air Bersih

0
Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba 1
Warga Terdampak Banjir Bandang

CAFEBERITA.COM, LUTRA – Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba butuh pertolongan. Bantuan bisa disalurkan kepada relawan.

Banjir bandang yang melanda Kecamatan Masamba kabupaten Luwu Utara, Senin (13/7/2020) kini membawa luka.

Banjir yang disebabkan karena meluapnya sungai Rongkong di Sabbang, sungai Meli di Radda, dan sungai Masamba membawa bencana. Kini sejumlah organisasi kemasyarakatan berbondong-bondong memberikan pertolongan.

Salah satunya organisasi kemanusian dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI).

Tak ketinggalan organisasi kemanusiaan dari Public Safeti Center (PSC) 119, Kota Palopo Sulawesi Selatan mengawal Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba ini.

BACA JUGA :   Pohon Pisang Kabupaten Pinrang Ditanam Tengah Jalan

Sejauh ini, sejumlah relawan Kemanusia dari Tim Sar dan Penanggulangan bencana BAIN HAM RI bersama Publik Safety Center ( PSC) Kota Palopo sudah berada di lokasi bencana pasca kejadian.

“Alhamdulillah sudah melakukan gerakan dan tindakan medis dan kedua lembaga ini dilapangan di pimpin dr.Andi Fadly sebagai Kordinator Tim dilokasi bencana,” ungkap Djaya Jumain, Ketua Bidang OKK DPP BAIN HAM RI, Rabu (15/7/2020).

Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba Butuh Air Bersih
Tim relawan Banjir Bandang di Masamba, Luwu Utara.

dr. Andi Fadly yang juga Ketua PSC 119 Kota Palopo dan Departemen SAR dan Penanggulangan Bencana DPP BAIN HAM RI sudah menjalankan tugas kemanusian bersama tim dilapangan dengan membuat posko.

Diharapkan Pengurus dan Anggota DPD BAIN HAM RI di Wilayah Luwu, palopo, Luwu Timur dan BAIN HAM RI Se Sulawesi Selatan pada umumnya segera bergabung dengan tim yang sudah sejak awal menjalan tugas.

BACA JUGA :   Advokasi Investigasi BAIN HAM RI, Kilas Berdirinya

dr. Andi Fadly sendiri adalah Kordinator tim dua lembaga ini. Dia mengatakan, timnya kini sudah melakukan evakuasi dan penanganan korban luka kepada Warga Terdampak Banjir Bandang di Masamba ini.

Begitu pula kepada korban yang menderita patah kaki. Serta membantu mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi korban dan ini kita lakukan sesuai standar operasional prosedur.

Kata dr Andi Fadly, Kebutuhan mendasar yang sangat dibutuhkan masyarakat atau korban bencana di Masamba, Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan ini sangatlah mendesak.

Diantaranya yakni alat penerangan atau pencahayaan, obat obatan, air bersih, logistik (makanan siap saji).

BACA JUGA :   Jenis Kata dan Penggolongan Kata

“Begitu pula kebutuhan bayi dan balita, selimut, hygene kit dan kebutuhan lainnya,” beber dr.Andi Fadly.

Olehnya itu, dia berharap, Bagi masyarakat atau dermawan yang peduli kemanusian di Masamba Kabupaten Luwu Utara ini agar kiranya bisa berdonasi.

“Salah satunya dengan menyalurkan bantuan melalui kami atau lewat Bank mandiri cab. Palopo dengan Nomor rekening 1700003467499 Atas nama dr. Andi Fadly,” ujarnya.

Dia pun berharap, kondisi bencana ini segera pulih dan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban korban. (#)

Tinggalkan Komentar