Beranda Berita Uang Koin Rp1000 Rupiah Dihargai Ratusan Juta, Hoaks!

Uang Koin Rp1000 Rupiah Dihargai Ratusan Juta, Hoaks!

0
Hoaks Uang Koin Rp1000 Rupiah
Unsplash/Josh Appel

CAFEBERITA.COM – Saat ini uang koin Rp1000 rupiah gambar kelapa sawit, disebut-sebut bisa dijual hingga ratusan juta rupiah. Kabar tersebut kini viral di berbagai media sosial.

Betulkah demikian?

Awak cafeberita.com, mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut akan kebenarannya.

Setelah ditelusuri, faktanya di lapangan tidaklah demikian. Rupanya hoaks! Sejumlah pedagang yang memang menggantungkan hidupnya pada jual beli uang kuno menampiknya.

Bahkan, tak sedikit diantaranya. Malah tertawa terbahak-bahak dan andai itu benar. Mereka mengaku, itu hanya berita bohong belaka.

Alasannya cukup sederhana. Uang koin Rp1000 rupiah-an tersebut menurut mereka hanyalah uang biasa. Bahkan, hingga kini masih bisa dipakai untuk membayar.

Pendapat Pedagang

Menurut Buhari misalnya. Pedagang uang kuno yang ditemui di Pasar Sentral Makassar itu mengatakan, uang koin Rp1000 gambar kelapa sawit tersebuttak ada istimewanya. Hanya, uang biasa saja.

BACA JUGA :   Waspadai Penyebaran Covid-19 di Sekolah, Bahaya!

“Tak ada istimewanya. Baik itu tahun dibuatnya atau dari bahan materialnya. Sama sekali seperti pada umumnya,” bebernya, Jumat (26/6/2020).

Belum lagi, kata Buhari, uang koin Rp1000 gambar kepala sawit itu belum bisa disebut uang kuno. Nilai sejarahnya pun demikian.

“Ah, mungkin bukan uang kayak begitu orang maksud. Memang ada, uang koin seharga ratusan juta. Tetapi, kalau uang begini tidak lah,” bebernya.

Lebih jauh, Buhari mengaku, sebenarnya kemarin-kemarin ada beberapa anak muda yang sempat mencari uang koin Rp1000 gambar kelapa sawit tersebut dan kebetulan ada di tempatnya.

Dia mengatakan, sempat menjualnya seharga Rp5000 rupiah. Dia menjualnya, karena dia mengaku sudah mengetahui nilai atau rumor yang beredar tersebut.

BACA JUGA :   Wabup Enrekang Marah Besar karena Pabrik Aspal Ini

“Ah. Kabar ini mengada-ngada. Tidak ada benarnya. Hoaks itu,” tandasnya.

Pengakuan Pedagang Lainnya

Hal yang tak jauh berbeda apa yang dikatakan Japri. Pedagang yang mengaku sudah menjadi pedagang uang kuno selama 10 tahun itu, juga membenarkan hal tersebut hoaks.

Menurutnya, kabar uang koin Rp1000 gambar kelapa sawit itu tidak benar. Malah, menurutnya kabar ini satu sisi ada baiknya pula.

“Kemarin saya beli Rp3000 dan baru saja saya jual Rp10.000,” ujarnya.

Sebagai penjual uang kuno, Japri membeberkan, bahwa sebenarnya uang kuno yang dinilai mahal itu seperti uang kuno Rp52 sen berloga Iman Bonjol. Biasanya orang akan membelinya Rp500.000.

“Kalau yang mahal lainnya yaitu uang Rp1000 yang ada foto Soekarno. Kalau macam ini orang siap beli Rp3 juta. Itu karena punya nilai sejarah,” bebernya.

BACA JUGA :   BAIN HAM RI Kasus Korupsi dan Pencemaran Lingkungan Jadi Prioritas

Jenis uang Rp1000 lainnya yang juga mahal yaitu yang ada tahun 1974. Katanya itu bisa dijual hingga jutaan rupiah.

“Kan usianya tua. Katakanlah ada tahun 1934. Itu zaman Hindia Belanda. Nah, itu baru malah,” bebernya.

Olehnya itu, kata Japri, bila dikatakan uang koin Rp1000 rupiah itu bisa dijual hingga ratusan juta, itu sungguh tidak masuk akal. Boleh dikata hanya kabar hoaks belaka.

“Jangan mudah percaya lah. Memang ada beberapa uang koin yang bisa tembus senilai ratusan juta, tetapi ada sisi lainnya dan ini belum layak lah,” turutnya. (rum)

Tinggalkan Komentar