Tips Perawatan Karburator Motor
Tips Perawatan Karburator Motor

Tips Perawatan Karburator Motor

Tips Perawatan Karburator Motor – Saat motor anda tiba-tiba mogok, apa yang pertama kali anda curigai mengalami masalah? Jika mesin jawabannya, maka ini wajar. Beberapa orang yang diajukan pertanyaan serupa akan memberi respon yang sama.

Cari tahu juga komponen karburator motor, cara membersihkan karburator motor, membersihkan karburator motor tanpa membongkar, biaya servis karburator motor, kegunaan karburator motor, alat dan bahan untuk membersihkan karburator motor, manfaat membersihkan karburator motor, manfaat servis karburator motor

Padahal ada banyak faktor yang membuat motor mogok. Salah satunya adalah masalah pada perawatan karburatornya.

Seolah menjadi penyakit kambuhan, seorang ahli mesin dari pihak Yamaha membeberkan fakta jika kebanyakan pelanggan yang mengaku motornya ngadat, saat dilakukan pemeriksaan lebih dalam, ternyata terjadi masalah pada bagian karburatornya.

Simak Juga Cara Merawat Radiator Mobil

Tidak hanya motor-motor Yamaha, motor lain pun menggalami hal yang sama. Kita perlu tahu Tips Perawatan Karburator Motor.

Tips Perawatan Karburator Motor

Sebelum membahas lebih jauh tentang Tips Perawatan Karburator Motor maka tentunya hal terpenting diketahui adalah pengertian Karburator itu sendiri.

Jadi Karburator adalah elemen penting motor yang bertugas mencampur bahan bakar dan udara (mengabutkan) untuk selanjutnya dibakar pada ruang pembakaran dengan bantuan busi sebagai pematiknya.

Masalah umum yang sering terjadi adalah kemasukan air (biasanya saat musim hujan) atau yang kedua adalah kotoran yang mengendap.

Untuk masalah kedua biasanya karena pengisian bahan bakar eceran yang kadang tidak bersih dari debu dan kotoran yang lalu menyumbat selang karburator. Berikut adalah cara membersihkan dan merawat karburator.

Langkah pertama tips perawatan karburator motor adalah dengan menguras isi tangki. Tujuannya adalah membuang kotoran dan karat yang terendap.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan filter udara. Filter ini berbentuk busa terletak di mulut karburator.

Lihat Ini Tips Dan Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor

Untuk membersihkannya cukup mudah. Lepas dari karburator dan berikan cairan pembersih lalu jemur dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Selanjutnya kita buka baut dan mur pengunci lalu lepaskan bagian-bagian karburator.

Sediakan tempat kecil berisi bensin untuk menaruh baut dan mur tadi agar bersih dari kotoran.

Gunakan pula kunci yang sesuai agar mur tidak rusak. Lepaskan pula mangkok karburator, main jet, pilot jet.

Jangan lupa, lepaskan pula pelampung dan jarum pelampung.

Untuk bagian yang kecil, seperti karet penutup, letakkan pada tempat khusus.

Setelah semua bagia terlepas, mulailah membersihkan karburator. Ambil kuas dan lumuri sedikit bensin dan mulailah memoles beberapa bagian karburator.

Untuk spuyer, gunakan amplas tipe halus untuk membersihkan secukupnya.

Jika anda memiliki alat penyemprot udara bertekanan tinggi, anda bisa menyemprot lubang-lubang kecil yang memiliki kemungkinan terendapnya kotoran.

Setelah membersihkan bagian-bagian karbu, sebelum merakitnya kembali, atur tinggi pelampung bensin.

Biasanya bisa menggunakan jangka sorong, namun jika tidak memilikinya gunakan feeling saja. Lalu mulai rakit kembali karburator. P

asang kembali bagian karbu dan kencangkan baut-bautnya. Setelah semua terpasang pada motor, saatnya menseting ulang Karburator Motor anda.

Nyalakan mesin dan mulai atur spuyer angin-angin dengan cara memutarnya searah jarum jam sampai mentok. Setelah itu putar balik beberapa putaran(biasanya 3 x 180º).

Lalu terakhir, atur baut pengatur putaran mesin dan atur agar putaran pas, tidak pelan dan tidak kencang.

Kelebihan Cara Kerja Karburator Motor Vs Sistem Injeksi

Kenyataannya karburator telah jarang-jarang dipakai oleh motor kekinian. Yang menimbulkan ini, dikarenakan karburator punyai beberapa kekurangan terpenting dalam soal tidak dapat kurangi emisi gas buang secara penting. Bahasa ringkasnya, karburator tidak ramah lingkungan.

Baca pula Peran Klep Motor dan Cost Setelnya, Harus Tahu!
Meski begitu karburator tidak seutuhnya kalah atas sistem injeksi. Kelebihan karburator Vs injeksi rupanya lumayan banyak. Ini disebabkan elemen ini sebagai alat mekanis yang bekerja manual. Akhirnya jika mau mengatur akan benar-benar simpel, tak usah gunakan alat hebat sebagaimana pada sistem injeksi.

Cara kerja karburator motor yang simpel itu memungkinkannya kamu mengatur cuman memanfaatkan obeng minus (-). Misalkan kamu pengen bikin motor hemat BBM, cukup putar setel gas dan bensin gunakan obeng hingga debitnya menyusut.

Lalu jika pengen memodifikasi pun tidak susah. Kamu dapat tukar pelbagai elemen yang berada di dalam karburator secara terpisah. Katakan saja tukar pilot jet dan main jet sama ukuran makin besar supaya saluran BBM lebih lancar.

Tersebut barusan kelebihan cara kerja karburator motor dibandingkan sistem injeksi. Jika kamu lebih sukai yang mana?

Karburator, Elemen Motor yang Penting untuk Pembakaran

Semua elemen dalam motor itu punyai andil yang serupa keutamaan tanpa kecuali, karena semua bersinergi untuk dapat gerakkan mesin. Karburator motor tergolong mempunyai peranan cukup krusial, terpenting dalam pembakaran bahan bakar minyak (BBM).

Peranan karburator merupakan menjadikan satu BBM serta udara dengan perbedaan tertentu biar jadi gas atau kabut bensin. Akhirnya bensin lebih gampang terbakar untuk setelah itu diganti jadi tenaga. Banyak atau sekurangnya kabut bensin yang disemprot itu terkait dari bukaan selongsong gas oleh pengendara.

Mengambil buku Service serta Tehnik Reparasi Sepeda Motor kreasi Drs. M. Suratman, cara kerja karburator motor serupa semprotan nyamuk. Elemen itu dapat mengganti cairan jadi wujud kabut dengan memercayakan kevakuman saat piston bergerak turun dalam langkah hisap.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel : alat penyemprot karburator dan Tips Perawatan Karburator Motor.