tips mencuci motor agar mengkilap
tips mencuci motor agar mengkilap

Tips Mencuci Motor agar Mengkilap

Tips mencuci motor agar mengkilap – Memiliki motor yang bersih dan mengkilap adalah dambaan setiap riders. Namun, kesibukan dan aktifitas tinggi terkadang membuat kita luput membersihkan motor kita. Apalagi jika sudah musim penghujan.

Cari tahu juga cara mengkilapkan body motor matic yang kusam, cara mengkilapkan body motor permanen, cara mengkilapkan body motor matic dengan bahan alami, bahan untuk mengkilapkan motor, cara mengkilapkan body motor warna hitam, sabun untuk mencuci motor agar mengkilap, kit mengkilapkan body motor, cara mengkilapkan motor dengan minyak goreng dan sunlight

Tips Mencuci Motor agar Mengkilap

Setelah kinclong paginya, kotor lagi sorenya karena hujan. Sekarang sudah berjamuran jasa mencuci motor murah. Cukup Rp. 5.000 sudah bersih.

Tapi, apakah anda yakin mereka tahu bagian apa saja yang harus dibersihkan?

Lebih baik mengetahui bagian-bagian yang harus dibersihkan dan membersihkannya sendiri minimal satu minggu sekali.

Sebelum mencuci motor kita persiapkan terlebih dahulu. Yang jelas adalah air bersih, bisa dalam ember maupun lewat selang dari kran langsung.

Selanjutnya adalah sabun motor, sikat, busa / spons piring, kanebo dan lap kering.

Simak Juga Ini 5 Kelebihan Mobil SUV dari MPV yang Wajib Anda Ketahui

Setelah semua siap, keluarkan motor ketempat terbuka namun tidak terkena matahari langsung. Pasang standar tengah dan motor siap dibersihkan.

Sebelum memulai, bagilah motor menjadi 6 bagian.

Bagian pertama adalah dashboard, tangki(jika motor anda tipe sport) jok dan buritan.

Bagian nomor 2 adalah lampu utama dan windshield. Bagian ketiga adalah kedua bodi samping kanan dan kiri.

Bagian 4 adalah ban depan beserta spakbor dan garpu. Bagian 5 adalah ban belakang, spakbor , swing arm serta knalpot. Bagian 6 adalah bawah mesin.

Langkah awal adalah membasahi motor.

Disarankan menggunakan selang air dan bukan kompresor air yang bertekanan tinggi.

Dengan selang air kita bisa leluasa mengalirkan air ketitik yang diperlukan dan mengatur tekanan air dengan ujung ibu jari kita.

Basahilah motor berurutan dari nomor 1 sampai 6.

Baca Juga Tips Merawat Rantai Motor

Cara menyemprotkan air yaitu dari atas kebawah. Hal ini untuk mengalirkan debu-debu dan kotoran ringan mengalir kebawah.

Kita mencuci motor mulai dengan membersihkan bagian nomor 1.

Bagian ini termasuk jarang terkena kotoran secara ekstrim.

Cukup gunakan air untuk melarutkan debu halus.

Beda lagi jika terkena hujan, jika ada bagian yang terkena lumpur bersihkan dengan busa halus yang dibasahi sabun.

Selanjutnya untuk bagian 2, cukup anda basahi dengan air dan jika ada sedikit noda membandel (biasanya di windshield) anda bisa mengunakan kanebo yang dibasahi sabun untuk membersihkannya.

Bagian nomor 3, setelah dibasahi air, ambil busa halus yang sudah dibasahi sabun lalu ratakan dan gosok perlahan sampai seluruh bodi terkena sabun.

Bagian paling kotor dari mesin adalah bagian nomor 4, 5, apalagi 6.

Untuk bagian 4 dan 5, gunakan busa atau sikat yang dilumuri sabun untuk mencuci velg dan jari-jari.

Untuk mencuci motor yang baik gunakan metode cuci-bilas beberapa kali sampai mengkilap.

Bagian nomor 6 cukup anda semprot dengan air yang kencang.

Baru bersihkan area mesin dengan busa. Jika semua sudah dibersihkan, bilas lagi secara berurutan dari atas ke bawah dan keringkan dengan lap besih.

Pindahkan ke teras, kunci stang dan angin-anginkan sebentar. Motor akan tampak bersih mengkilap.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel :

Apa saja yang dibasahi pada motor saat mencuci? Bagian bagian motor

FAQ

Kapan saat yang cocok membersihkan motor?

Saat yang cocok untuk membersihkan motor – Anda direkomendasikan untuk tunggu temperatur mesin turun, lebih kurang sepanjang 20-30 menit. Maka, mesin bermotor Anda tak cepat hancur. Tak jadi masalah Anda pengin membersihkan waktu pada pagi atau malam hari. Walau demikian, baiknya Anda teratur mencucinya, minimal 1 minggu sekali.

Kapankah saat yang cocok untuk bersihkan kendaraan secara periodik?

Bagusnya, service secara periodik dikerjakan memang per 10.000 km sekali atau enam bulan sekali. Yang ini mengandung arti, bila saat sebelum enam bulan Anda udah gapai 10.000 km. Jadi yang menjadi dasarnya yakni 10.000 km.

Apa minyak kayu putih dapat menghancurkan cat?

Bensin atau minyak kayu putih, lanjut Daniel, miliki kandungan lumayan keras. Waktu bersihkan begitu didesak, zat atau cairan yang tak spesial digunakan untuk membaluri body dapat menggerus susunan cat. Hasilnya, cat mobil kelihatan belang.

Kit motor fungsinya buat apa?

Kit Motor Multi guna sebagai cairan pengilap yang diformulasi buat bikin motor Anda kelihatan mengkilat dan bersinar seperti anyar. Kit Motor Multi guna sebagai cairan pengilap yang diformulasi buat bikin motor Anda kelihatan mengkilat dan bersinar seperti anyar.

Apa bensin dapat menghancurkan cat mobil?

Bensin atau minyak tanah – Cairan tipe ini malahan dapat menghancurkan susunan cat yang membuat motor kinclong, maka walaupun bintik lem raib, cat motor dapat lusuh.