Tips Mencuci Motor agar Mengkilap

Tips men­cu­ci motor agar mengk­i­lap — Memi­li­ki motor yang bersih dan mengk­i­lap adalah dambaan seti­ap rid­ers. Namun, kesi­bukan dan akti­fi­tas ting­gi terkadang mem­bu­at kita luput mem­ber­sihkan motor kita. Apala­gi jika sudah musim penghu­jan.

Cari tahu juga cara mengk­i­lap­kan body motor mat­ic yang kusam, cara mengk­i­lap­kan body motor per­ma­nen, cara mengk­i­lap­kan body motor mat­ic den­gan bahan ala­mi, bahan untuk mengk­i­lap­kan motor, cara mengk­i­lap­kan body motor war­na hitam, sabun untuk men­cu­ci motor agar mengk­i­lap, kit mengk­i­lap­kan body motor, cara mengk­i­lap­kan motor den­gan minyak goreng dan sun­light

Bacaan Lain­nya

Tips Mencuci Motor agar Mengkilap

Sete­lah kin­c­long paginya, kotor lagi sorenya kare­na hujan. Sekarang sudah ber­ja­mu­ran jasa men­cu­ci motor murah. Cukup Rp. 5.000 sudah bersih.

Tapi, apakah anda yakin mere­ka tahu bagian apa saja yang harus diber­sihkan?

Lebih baik menge­tahui bagian-bagian yang harus diber­sihkan dan mem­ber­sihkan­nya sendiri min­i­mal satu ming­gu sekali.

Sebelum men­cu­ci motor kita per­si­ap­kan ter­lebih dahu­lu. Yang jelas adalah air bersih, bisa dalam ember maupun lewat selang dari kran lang­sung.

Selan­jut­nya adalah sabun motor, sikat, busa / spons pir­ing, kanebo dan lap ker­ing.

Simak Juga Ini 5 Kelebi­han Mobil SUV dari MPV yang Wajib Anda Ketahui

Sete­lah semua siap, kelu­arkan motor ketem­pat ter­bu­ka namun tidak terke­na mata­hari lang­sung. Pasang stan­dar ten­gah dan motor siap diber­sihkan.

Sebelum mem­u­lai, bag­i­lah motor men­ja­di 6 bagian.

Bagian per­ta­ma adalah dash­board, tangki(jika motor anda tipe sport) jok dan buri­tan.

Bagian nomor 2 adalah lam­pu uta­ma dan wind­shield. Bagian keti­ga adalah ked­ua bodi samp­ing kanan dan kiri.

Bagian 4 adalah ban depan beser­ta spak­bor dan garpu. Bagian 5 adalah ban belakang, spak­bor , swing arm ser­ta knalpot. Bagian 6 adalah bawah mesin.

Langkah awal adalah mem­basahi motor.

Dis­arankan meng­gu­nakan selang air dan bukan kom­pre­sor air yang bertekanan ting­gi.

Den­gan selang air kita bisa lelu­asa men­galirkan air keti­tik yang diper­lukan dan men­gatur tekanan air den­gan ujung ibu jari kita.

Basahi­lah motor beru­ru­tan dari nomor 1 sam­pai 6.

Baca Juga Tips Mer­awat Rantai Motor

Cara menyem­pro­tkan air yaitu dari atas kebawah. Hal ini untuk men­galirkan debu-debu dan kotoran ringan men­galir kebawah.

Kita men­cu­ci motor mulai den­gan mem­ber­sihkan bagian nomor 1.

Bagian ini ter­ma­suk jarang terke­na kotoran secara ekstrim.

Cukup gunakan air untuk melarutkan debu halus.

Beda lagi jika terke­na hujan, jika ada bagian yang terke­na lumpur bersihkan den­gan busa halus yang dibasahi sabun.

Selan­jut­nya untuk bagian 2, cukup anda basahi den­gan air dan jika ada sedik­it noda mem­ban­del (biasanya di wind­shield) anda bisa men­gu­nakan kanebo yang dibasahi sabun untuk mem­ber­sihkan­nya.

Bagian nomor 3, sete­lah dibasahi air, ambil busa halus yang sudah dibasahi sabun lalu ratakan dan gosok per­la­han sam­pai selu­ruh bodi terke­na sabun.

Bagian pal­ing kotor dari mesin adalah bagian nomor 4, 5, apala­gi 6.

Untuk bagian 4 dan 5, gunakan busa atau sikat yang dilu­muri sabun untuk men­cu­ci velg dan jari-jari.

Untuk men­cu­ci motor yang baik gunakan metode cuci-bilas beber­a­pa kali sam­pai mengk­i­lap.

Bagian nomor 6 cukup anda sem­prot den­gan air yang ken­cang.

Baru bersihkan area mesin den­gan busa. Jika semua sudah diber­sihkan, bilas lagi secara beru­ru­tan dari atas ke bawah dan ker­ingkan den­gan lap besih.

Pin­dahkan ke teras, kun­ci stang dan angin-anginkan seben­tar. Motor akan tam­pak bersih mengk­i­lap.

Kali­mat Yang Berkai­tan Den­gan Artikel :

Apa saja yang dibasahi pada motor saat men­cu­ci? Bagian bagian motor

FAQ

Kapan saat yang cocok membersihkan motor?

Saat yang cocok untuk mem­ber­sihkan motor — Anda direkomen­dasikan untuk tung­gu tem­per­atur mesin turun, lebih kurang sep­a­n­jang 20–30 menit. Maka, mesin bermo­tor Anda tak cepat han­cur. Tak jadi masalah Anda pen­gin mem­ber­sihkan wak­tu pada pagi atau malam hari. Walau demikian, baiknya Anda ter­atur men­cucinya, min­i­mal 1 ming­gu sekali.

Kapankah saat yang cocok untuk bersihkan kendaraan secara periodik?

Bagus­nya, ser­vice secara peri­odik dik­er­jakan memang per 10.000 km sekali atau enam bulan sekali. Yang ini men­gan­dung arti, bila saat sebelum enam bulan Anda udah gapai 10.000 km. Jadi yang men­ja­di dasarnya yakni 10.000 km.

Apa minyak kayu putih dapat menghancurkan cat?

Bensin atau minyak kayu putih, lan­jut Daniel, mili­ki kan­dun­gan lumayan keras. Wak­tu bersihkan begi­tu didesak, zat atau cairan yang tak spe­sial digu­nakan untuk mem­baluri body dap­at meng­gerus susunan cat. Hasil­nya, cat mobil keli­hatan belang.

Kit motor fungsinya buat apa?

Kit Motor Mul­ti guna seba­gai cairan pengi­lap yang difor­mu­lasi buat bikin motor Anda keli­hatan mengk­i­lat dan bersi­nar seper­ti anyar. Kit Motor Mul­ti guna seba­gai cairan pengi­lap yang difor­mu­lasi buat bikin motor Anda keli­hatan mengk­i­lat dan bersi­nar seper­ti anyar.

Apa bensin dapat menghancurkan cat mobil?

Bensin atau minyak tanah — Cairan tipe ini mala­han dap­at meng­han­curkan susunan cat yang mem­bu­at motor kin­c­long, maka walaupun bin­tik lem raib, cat motor dap­at lusuh.

Pos terkait