Tips Membeli Mobil Bekas Malang yang Aman

Tips Mem­be­li Mobil Bekas Malang yang Aman. Tak usah bin­gun bila ingin mem­be­li mobil bekas. Sela­ma kita tahu tip­snya tak usah khawatir apakah kendaraan yang kita beli itu berkual­i­tas atau tidak.

Memang tak bisa dipungkiri, kere­sa­han itu ada. Jan­gan sam­pai mobil yang kita pil­ih itu besok-besok jadi rusak. Apala­gi bila kita orang yang tak berpen­gala­man.

Baca Juga: Mobil Mat­ic Murah Bekas Dibawah 50 Juta

Ketaku­tan ini wajar. Olehnya itu, kita per­lu tahu apa saja yang kiranya harus kita ketahui sebelum memu­tuskan mem­be­li mobil bekas.

Tips membeli mobil bekas di Malang dan sekitarnya

Jangan Mudah Tergiur Mobil yang Berharga Miring

Apa­bi­la hen­dak mem­be­li mobil bekas mis­al­nya untuk war­ga yang ting­gal di Malang, yah jan­gan mudah tergiur den­gan har­ga yang murah atau mir­ing. Harus curi­ga dan men­co­ba men­cari tahu kena­pa mobil terse­but dijual den­gan har­ga di bawah stan­dar.

Kata orang, kual­i­tas itu bergan­tung har­ga. Yah, ten­tun­ya kual­i­tas terse­but harus sesuai den­gan zaman­nya. Tak bisa dipukul rata.

Baca Juga: Mobil Mewah di Indone­sia, Berikut Daf­tarnya

Olehnya itu, jan­gan mudah ter­lalu cepat memu­tuskan untuk mem­be­linya. Per­tim­bangkan­lah den­gan sebaik mungkin.

Sebe­narnya, banyak mobil yang dijual murah kare­na mobil terse­but per­nah men­gala­mi kece­lakaan. Ada juga beber­a­pa di antaranya kare­na sudah teren­dam ban­jir.

Jadi sekali lagi bila ingin mem­be­li mobil bekas, maka sebaiknya minta ban­tu­an kepa­da orang yang benar-benar paham akan seluk beluk mobil itu sendiri.

Gali Informasi Terkait Mobil

Hal ter­pent­ing berikut­nya yang juga harus dipa­ha­mi adalah menge­tahui seluk beluk dari mobil terse­but. Caranya, yah kita harus meng­gali infor­masi dari mobil yang hen­dak dijual itu.

Ten­tun­ya di zaman sekarang ini, tak susah lagi untuk men­cari tahu jenis dan tipe apa yang kita hen­dak beli terse­but. Baca baik-baik dari review mobil terse­but.

Mis­al­nya, kita seba­gai war­ga Malang dan hen­dak mem­be­li mobil bekas maka alangkah lebih baiknya cari infor­masi dulu dibeber­a­pa tem­pat terkait kendaraan terse­but. Jan­gan lang­sung mem­be­linya.

Baca Juga: Cara Men­gen­darai Mobil Mat­ic Xtrail

Kalau toh, kita berhasil men­da­p­atkan­nya maka ten­tun­ya hal terse­but bisa men­ja­di per­bandin­gan untuk memu­tuskan mobil mana yang kiranya layak untuk kita beli atau mili­ki.

Atau kalau tak mau repot. Kita bisa bertanya dis­e­jum­lah grup di face­book atau grup media social lain­nya men­ge­nai apa kelema­han dan keung­gu­land dari mobil yang hen­dak kita beli itu.

Perhatikan Dokumen Mobil

Ter­pent­ing lain­nya apa­bi­la kita hen­dak mem­be­li mobil bekas seper­ti di Malang hal yang pal­ing pent­ing harus per­hatikan adalah men­ge­nai kelengka­pan dari doku­men mobil yang hen­dak kita beli. Jan­gan per­nah beli bila tak lengkap.

Mes­ki bagus, namun tak lengkap itu sama hal­nya men­cari masalah. Kita tak tahu apakah mobil terse­but adalah mobil curi­an atau bukan. Ini yang patut dan pal­ing pent­ing harus kita sadari.

Jadi, pastikan­lah kelengka­pan dari surat-surat yang dim­i­li­ki oleh kendaraan bekas terse­but. Uta­manya BPKB dan STNKnya.

Tent­nya, tak hanya sam­pai dis­i­tu. Per­lu mem­per­hatikan pula men­ge­nai keco­cok antara nomor rang­ka den­gan nomor mesin kendaraan terse­but.

Dan alangkah lebih baik lagi bila kita menyem­patkan wak­tu menge­ceknya secara lang­sung di Sam­sat ter­dekat.

Cek Kondisi Mobil

Sebelum benar-benar memi­li­ki mobil bekas yang kita incar, maka maka alangkah baiknya sebelum mem­be­li menge­cek ter­lebih dahu­lu secara mer­a­ta kon­disinya.

Cer­mati segala bagian mobil, mulai dari keadaan sasis, bodi, cat, bagian dalam­nya, mesin, trans­misi, hing­ga kom­po­nen kelistrikan yang dim­i­li­ki.

Bila merasa tidak bisa menge­tahui betul kon­disinya alangkah baiknya mem­o­hon ban­tu­an dari saha­bat atau teman kita yang tahu akan kon­disi atau seluk beluk mobil.

Baca Juga: Toy­ota Corol­la Cross, Har­ga, Desain dan Spe­si­fikasi

Atau kalau tak mau mere­potkan teman, bisa memakai jasa inspeksi mobil. Den­gan memakai layanan inspeksi ini biasanya akan lebih gam­pang dan cepat dalam pros­es­nya.

Lakukan Test Drive

Poin ter­akhir pan­d­u­an mem­be­li mobil sisa yang nya­man adalah melakukan test dri­ve. Hal ini pent­ing kita lakukan baik itu mem­be­linya di deal­er ataupun per­oran­gan.

Den­gan men­gen­darainya sendiri, ten­tun­ya kita akan paham bagaimana kenya­manan dari mobil yang hen­dak kita beli terse­but.

Per­hatikan den­gan sek­sama bagaimana kon­disi gas saat diin­jak, juga men­ge­nai per­pin­da­han trans­misinya. Ter­pent­ing lain­nya yaitu bun­yi ser­ta getaran yang ditim­bulkan dari mobil bekas terse­but.

Bila merasa kurang sesuai, jan­gan segan tak mem­be­linya dari­pa­da menye­sal dike­mu­di­an hari. Jadinya cer­mat­lah dalam mem­be­li. Jan­gan Ter­bu­ru- buru.

Itu­lah tips bila hen­dak mem­be­li mobil bekas. Ten­tun­ya tak hanya mobil bekas dari Malang namun juga di tem­pat lain­nya.

Seba­gai bahan per­tim­ban­gan, di bawah ini har­ga juga mod­el dari sebuah mobil bekas. Mes­ki begi­tu, har­ga terse­but ten­tun­ya berbe­da-beda dis­e­ti­ap tem­pat.

 

MODEL           HARGA

Rp 90 Juta       Suzu­ki Swift

Rp 95 Juta       Suzu­ki SX4

Rp 173 Juta     Maz­da Biante

Rp 105 Juta     Hon­da Brio

 

Pos terkait