Tips Membeli Mobil Bekas Malang yang Aman

Tips Membeli Mobil Bekas Malang yang Aman

Tips Membeli Mobil Bekas Malang yang Aman. Tak usah bingun bila ingin membeli mobil bekas. Selama kita tahu tipsnya tak usah khawatir apakah kendaraan yang kita beli itu berkualitas atau tidak.

Memang tak bisa dipungkiri, keresahan itu ada. Jangan sampai mobil yang kita pilih itu besok-besok jadi rusak. Apalagi bila kita orang yang tak berpengalaman.

Baca Juga: Mobil Matic Murah Bekas Dibawah 50 Juta

Ketakutan ini wajar. Olehnya itu, kita perlu tahu apa saja yang kiranya harus kita ketahui sebelum memutuskan membeli mobil bekas.

Tips membeli mobil bekas di Malang dan sekitarnya

Jangan Mudah Tergiur Mobil yang Berharga Miring

Apabila hendak membeli mobil bekas misalnya untuk warga yang tinggal di Malang, yah jangan mudah tergiur dengan harga yang murah atau miring. Harus curiga dan mencoba mencari tahu kenapa mobil tersebut dijual dengan harga di bawah standar.

Kata orang, kualitas itu bergantung harga. Yah, tentunya kualitas tersebut harus sesuai dengan zamannya. Tak bisa dipukul rata.

Baca Juga: Mobil Mewah di Indonesia, Berikut Daftarnya

Olehnya itu, jangan mudah terlalu cepat memutuskan untuk membelinya. Pertimbangkanlah dengan sebaik mungkin.

Sebenarnya, banyak mobil yang dijual murah karena mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Ada juga beberapa di antaranya karena sudah terendam banjir.

Jadi sekali lagi bila ingin membeli mobil bekas, maka sebaiknya minta bantuan kepada orang yang benar-benar paham akan seluk beluk mobil itu sendiri.

Gali Informasi Terkait Mobil

Hal terpenting berikutnya yang juga harus dipahami adalah mengetahui seluk beluk dari mobil tersebut. Caranya, yah kita harus menggali informasi dari mobil yang hendak dijual itu.

Tentunya di zaman sekarang ini, tak susah lagi untuk mencari tahu jenis dan tipe apa yang kita hendak beli tersebut. Baca baik-baik dari review mobil tersebut.

Misalnya, kita sebagai warga Malang dan hendak membeli mobil bekas maka alangkah lebih baiknya cari informasi dulu dibeberapa tempat terkait kendaraan tersebut. Jangan langsung membelinya.

Baca Juga: Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Kalau toh, kita berhasil mendapatkannya maka tentunya hal tersebut bisa menjadi perbandingan untuk memutuskan mobil mana yang kiranya layak untuk kita beli atau miliki.

Atau kalau tak mau repot. Kita bisa bertanya disejumlah grup di facebook atau grup media social lainnya mengenai apa kelemahan dan keungguland dari mobil yang hendak kita beli itu.

Perhatikan Dokumen Mobil

Terpenting lainnya apabila kita hendak membeli mobil bekas seperti di Malang hal yang paling penting harus perhatikan adalah mengenai kelengkapan dari dokumen mobil yang hendak kita beli. Jangan pernah beli bila tak lengkap.

Meski bagus, namun tak lengkap itu sama halnya mencari masalah. Kita tak tahu apakah mobil tersebut adalah mobil curian atau bukan. Ini yang patut dan paling penting harus kita sadari.

Jadi, pastikanlah kelengkapan dari surat-surat yang dimiliki oleh kendaraan bekas tersebut. Utamanya BPKB dan STNKnya.

Tentnya, tak hanya sampai disitu. Perlu memperhatikan pula mengenai kecocok antara nomor rangka dengan nomor mesin kendaraan tersebut.

Dan alangkah lebih baik lagi bila kita menyempatkan waktu mengeceknya secara langsung di Samsat terdekat.

Cek Kondisi Mobil

Sebelum benar-benar memiliki mobil bekas yang kita incar, maka maka alangkah baiknya sebelum membeli mengecek terlebih dahulu secara merata kondisinya.

Cermati segala bagian mobil, mulai dari keadaan sasis, bodi, cat, bagian dalamnya, mesin, transmisi, hingga komponen kelistrikan yang dimiliki.

Bila merasa tidak bisa mengetahui betul kondisinya alangkah baiknya memohon bantuan dari sahabat atau teman kita yang tahu akan kondisi atau seluk beluk mobil.

Baca Juga: Toyota Corolla Cross, Harga, Desain dan Spesifikasi

Atau kalau tak mau merepotkan teman, bisa memakai jasa inspeksi mobil. Dengan memakai layanan inspeksi ini biasanya akan lebih gampang dan cepat dalam prosesnya.

Lakukan Test Drive

Poin terakhir panduan membeli mobil sisa yang nyaman adalah melakukan test drive. Hal ini penting kita lakukan baik itu membelinya di dealer ataupun perorangan.

Dengan mengendarainya sendiri, tentunya kita akan paham bagaimana kenyamanan dari mobil yang hendak kita beli tersebut.

Perhatikan dengan seksama bagaimana kondisi gas saat diinjak, juga mengenai perpindahan transmisinya. Terpenting lainnya yaitu bunyi serta getaran yang ditimbulkan dari mobil bekas tersebut.

Bila merasa kurang sesuai, jangan segan tak membelinya daripada menyesal dikemudian hari. Jadinya cermatlah dalam membeli. Jangan Terburu- buru.

Itulah tips bila hendak membeli mobil bekas. Tentunya tak hanya mobil bekas dari Malang namun juga di tempat lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini harga juga model dari sebuah mobil bekas. Meski begitu, harga tersebut tentunya berbeda-beda disetiap tempat.

 

MODEL           HARGA

Rp 90 Juta       Suzuki Swift

Rp 95 Juta       Suzuki SX4

Rp 173 Juta     Mazda Biante

Rp 105 Juta     Honda Brio