Tips Memahami Dan Merawat Rem Mobil
Tips Memahami Dan Merawat Rem Mobil

Tips Memahami Dan Merawat Rem Mobil

Merawat Rem Mobil atau brake sangatlah penting. Pasalnya ini adalah piranti yang digunakan pada mobil dan motor untuk menurunkan kecepatan saat berkendara.

Cari tahu juga perawatan rem cakram mobil, perawatan rem hidrolik sepeda motor, cara perawatan rem tromol mobil, perawatan dan perbaikan sistem rem pada mobil, cara perawatan sistem rem konvensional mobil, cara perawatan rem hidrolik, cara merawat rem motor, perawatan berkala sistem rem mobil

Baca Juga Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir

Tips Memahami Dan Merawat Rem Mobil

Sebagai komponen pertama yang menjamin keselamatan pengendara dan penumpang, kita perlu memberi perhatian khusus dan Merawat Rem Mobil ini.

Apalagi menjelang musim hujan, peran alat ini semakin penting. Untungnya di Indonesia hanya ada 2 musim, tidak ada musim salju.

Beberapa berita mengisahkan betapa tidak berdayanya rem saat jalanan ditutupi salju. Lalu apakah anda sudah memahami alat ini?

Banyak kecelakaan karena pengendara tidak paham cara kerja rem dan perawatannya. Mari kita bahas secara lebih dalam.

Memahami dan Merawat Rem Mobil

Presepsi salah yang telah terlanjur tertanam pada benak orang awam adalah rem mobil ialah sebuah alat ajaib yang bisa menghentikan mobil/motor secara cepat.

Presepsi ini membuat beberapa pengendara melakukan “panic brake” pada saat yang tidak tepat akibat kurang memahami sistem kerja dari rem mobil.

Simak Pula Tips Memilih Oli Motor – Pelumas Mesin Motor Terbaik

Jika teknologi rem anda sudah maju (seperti penggunaan Antilock Breaking System/ABS) hal diatas mungkin bisa dipahami, namun jika rem anda masih konvensional, panic brake justru bisa berbahaya.

Dengan pengereman mendadak maka akan membuat roda atau ban anda menjadi terkunci sempurna sehingga mengakibatkan kendaraan selip.

Hal ini terjadi karena momentum gerak yang kacau akibat pengereman mendadak tersebut.

Untuk rem-rem yang belum memiliki terknologi ABS, cara melakukan pengereman yang benar adalah rem-lepas-rem-lepas.

Pada sistem ABS pengereman justru harus dilakukan secara maksimal. Dengan pengereman maksimal, sensor akan mendeteksi keadaan ini dan melakukan pengereman tersistem yang aman.

Rem mobil dengan ABS, sedalam apapun kita menginjak rem, ban tidak akan terkunci tapi tetap bias menghentikan kendaraan dengan baik.

Banyak pemilik mobil yang menerapkan pengereman rem-lepas-rem-lepas pada mobil ber-ABS. Hal ini tidak akan menyalakan sensor sehingga sistem ABS sia-sia.

Gejala rem blong pada mobil bisa dirasakan. Misal ada bau hangus dan saat rem diinjak ada getaran kecil dalam proses pengereman. Sedang pada mobil ber-ABS, lampu indikator akan menyala, menunjukan ada yang salah dengan rem mobil anda.

Tips merawat rem mobil yang pertama adalah cek kondisi minyak rem secar teratur, apalagi sudah merasakan gejala diatas.

Jika setelah diisi tetap mudah habis, cek kembali kemungkinan kebocoran. Selanjutnya adalah cek ketebalan kampas rem. Saat kondisi dingin, masukan jari ke disela rem untuk memeriksa apakah kampas rem masih tebal atau sudah tipis.

Untuk rem tromol, cek sepatu rem anda. Lalu jangan lupa memeriksa konektivitas rem dengan lampu rem, jika lampu indikator rem tidak menyala ada yang salah dengan kabel indikator dan harus segera diperbaiki.

Terakhir, selalu belillah spare part asli dan pasanglah pada bengkel resmi yang anda percaya untuk kenyamanan dan ketenangan anda dalam berkendara.

FAQ

Rem mobil ada dimana?

Bagaimana mekanisme kerjanya? Rem parkir mobil sebagai model rem mobil yang biasanya berada di bagian roda belakang kendaraan yang mempunyai pekerjaan untuk menutup roda kendaraan supaya mobil tidak bergerak sewaktu mobil sedang terparkir.

Apa yang menimbulkan rem depan mobil bunyi?

Pemilik kendaraan butuh mengenal jika yang menimbulkan bunyi rem mobil berdecit bisa-bisa karena ada timbunan kerak kotoran seperti debu atau endapan oli di cakram serta tromol. “Kotoran berbentuk debu ini dapat terjepit di antara disc dengan kampas, maka dari itu memunculkan bunyi,” kata Anjar.

Apa Kefaedahan rem mobil?

Rem akan hentikan kecepatan kendaraan agar aman dikemudikan. Ada dua model rem yang disajikan yakni rem tangan mobil serta rem kaki. Semasing rem itu mempunyai guna tidak serupa yang mesti didapati oleh pengendara. Ada yang berperan untuk menolong parkir, ada pula yang hentikan kecepatan kendaraan.

Cara kerja rem mobil?

Konsep kerja rem mobil sendiri ialah mengganti energi gerak/kinetik jadi energi panas. Proses perubahan energi itu terjadi karena gesekan di antara cakram serta brake pads. Atau, di antara cakram serta brake shoes. Energi panas yang dibuat sendiri harus ditambahkan pendinginan yang cukup.

Apa bedanya rem cakram serta rem tromol?

Isi pada kaliper yakni berisi piston dan kampas. Tidak serupa dengan rem tromol, mekanisme kerja rem cakram ini mempercayakan pencapitan piringan cakram di sisi roda mobil…. Maka dari itu kampas akan menjepit cakram. Ada mekanisme kerja itu, roda kendaraan akan melamban sampai selanjutnya stop.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel : Cara menanggulangi kampas rem hangus, kampas rem bau gosong, lampu indikator abs hidup pada mobil avanza