Beranda Kesehatan Tips Hidup Sehat di Usia Senja

Tips Hidup Sehat di Usia Senja

0
Usia senja

Hidup yang sehat saat usia senja merupakan impian setiap orang. Saat anda mencapai usia emas, banyak yang merasakan tubuh mereka kurang sehat dengan timbulnya berbagai macam penyakit mulai dari diabetes, hipertensi dan kanker. Banyak pula yang merasakan tubuh terasa sangat lemah dan tak bertenaga.

Untuk menjaga kesehatan badan saat anda memasuki usia senja, terapkanlah gaya hidup yang sehat sehingga anda merasa sehat secara fisik dan mental. Gaya hidup sehat ini bisa mencakup pola tidur yang teratur, pola makan yang sehat serta menjaga kebersihan baik itu dari makanan, pakaian dan tempat tinggal. Berikut ini kami sajikan tips hidup sehat sederhana saat usai tidak lagi muda:

Konsumsi cukup zat besi
Zat besi penting bagi tubuh terutama jika anda perempuan yang telah melewati masa post-menopause. Dengan konsumsi zat besi yang cukup, anda bisa mengganti kehilangan darah. Jumlah asupan zat besi yang tepat untuk tubuh berkisar antara 28-30 miligram per hari.

BACA JUGA :   4 Tips Kecantikan ala SehatQ.com

Konsumsi cukup protein
Protein merupakan zat pembangun sehingga sel-sel yang rusak dalam tubuh bisa diganti dengan yang baru. Anda tidak perlu mengurangi ataupun menambah asupan protein untuk tubuh. Anda hanya perlu mengkonsumsi 1 gram protein per kilogram berat badan.

Konsumsi cukup kalsium
Kalsium sangat penting bagi mereka yang ingin menjalankan hidup yang sehat dikala usia sudah senja. Perempuan yang telah mengalami post menopause memerlukan asupan kalsium yang cukup tinggi sebab perubahan hormon saat menopause menyebabkan anda kehilangan banyak sekali kalsium yang akan berlangsung terus menerus. Tidak hanya itu, tubuh akan lebih cepat menghancurkan mineral dari pada membentuk tulang yang baru. Berikan asupan kalsium yang cukup untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah terjadinya keretakan dan kerapuhan tulang.

BACA JUGA :   Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Hindari makanan yang tak sehat
Sekarang ini kita hidup di zaman modern dimana makanan yang banyak disajikan oleh penjaja makanan sangat lezat namun tidak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh. Jauhi makanan yang banyak mengandung garam, gula, tepung, dan makanan yang digoreng. Perbanyak konsumsi hidangan yang sehat seperti susu rendah lemak, buah, dan sayur.

Pilih hidangan yang membangkitkan selera
Seiring bertambahnya usia , biasanya anda akan mengalami penurunan nafsu makan. Untuk menghindari nafsu makan yang menurun, sajikan makanan yang menggugah selera. Pilih makanan yang terlihat segar, lezat, dan menarik. Pastikan makanan tersebut sehat untuk tubuh.

BACA JUGA :   Merencanakan Kehamilan agar Berjalan Lancar

Olahraga teratur
Olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika tubuh anda belum terbiasa untuk melakukan latihan fisik, anda bisa memulainya dengan melakukan jalan pagi selama 15 menit satu kali seminggu. Anda tak perlu melakukan olahraga berat yang membuat badan kelelahan. Jalan-jalan pagi dirasa sangat tepat sebab anda juga akan mendapatkan sedikit paparan sinar matahari hangat yang mengandung vitamin D. Dengan begitu anda bisa hidup yang sehat dan nyaman sepanjang waktu walaupaun usia sudah tidak lagi muda.

Tinggalkan Komentar