Tips Dan Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor
Tips Dan Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor

Tips Dan Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor

Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor pada dasarnya sangatlah mudah. Berikut ini cafeberita akan membagikan mengenai Tips Dan Trik. Silakan disimak!

Cari tahu juga mengenai cara menghemat bensin motor matic, apakah kecepatan motor mempengaruhi bensin, cara menghemat bensin motor karburator, cara mengirit bensin motor, cara menghemat bbm motor bebek, cara menghemat bensin motor kopling, cara menghemat bbm motor injeksi, cara menghemat motor listrik

Harga minyak dunia semakin tinggi. Hal ini mempengaruhi harga BBM di Indonesia yang makin naik pula.

Beberapa mengatakan ini trik pemerintah ada pula yang bilang ini karena aturan pasar dunia.

Namun sebagai rakyat biasa, rasanya kita tak bisa berbuat banyak.

Sekarang yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyiasati harga BBM yang makin mahal.

Cara paling ampuh adalah dengan menghemat konsumsi bahan bakar motor kita.

Motor-motor baru selalu menjanjikan motor yang gesit namun tetap irit.

Namun semua itu bisa jadi hanya kata-kata promosi belaka. Mari kita bahas cara menghemat konsumsi bahan bakar motor kita.

Simak Pula 15 Mobil MPV Terbaik 2021 untuk Keluarga

Tips dan Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor

Hal pertama adalah merubah kebiasaan kita berkendara. Lho, apa hubungannya? Jelas ada.

Kebanyakan kita kurang paham sifat atau cara kerja mesin sehingga kadang kebiasaan kita membuat bahan bakar motor terbuang percuma. Mari kita mulai dari sejak motor dirumah.

Kita tentu memanaskan motor kita dipagi hari bukan?

Tapi tahukah anda memanaskan mesin terlalu lama akan membuang percuma BBM kita?

Hal ini terjadi karena mesin langsam yang melakukan pembakaran kurang sempurna sehingga membuang bahan bakar begitu saja.

Idealnya cukup 1 – 2 menit saja. Selain itu mesin yang berpendingin udara juga mudah panas jika terlalu lama dipanaskan.

Saat dijalan upayakan untuk menyelaraskan bukaan gas. Kecepatan stabil dan timming yang tepat saat memindahkan gigi merupakan hal penting untuk diterapkan.

Lihat Juga Ini 5 Kelebihan Mobil SUV dari MPV yang Wajib Anda Ketahui

Kecepatan efisien adalah antara 40 sampai 50 km/jam sedang pemindahan gigi jangan sampai telat dan ini tergantung feeling anda merasakan putaran mesin.

Selanjutnya, jangan melakukan pengereman mendadak dan kurangi penggunaan engine brake.

Jika kita melakukan pengereman mendadak, tenaga akan drop dan harus dinaikkan dari bawah lagi.

Maksud kurangi engine breake adalah menggunakan rem tangan atau kaki daripada membiarkan mesin memakai engine brake untuk menghentikan putaran mesin.

Bagi para wanita(pria juga terkadang melakukannya) jangan mengerem namun tuas gas masih dibuka.

Daya yang dikeluarkan tertahan rem akan membuang BBM percuma. Untuk pria, jangan suka mengeber-geber gas saat lampu merah, mubazir.

Trik hemat bahan bakar motor yang terakhir selalu cek kondisi motor secara rutin.

Nah setelah kebiasaan diatas dipahami dan diterapkan, berikut kami beri tips mengisi bahan bakar supaya hemat.

Pertama, isilah bensin sepagi mungkin jika bisa. Udara dingin akan mengentalkan bensin sehingga bensin yang anda terima akan lebih banyak.

Kedua, isi bensin saat bensin tersisa separuh. Jika tangki kosong, tangki akan berisi banyak udara yang membuat bensin mudah menguap.

Tips menghemat konsumsi bahan bakar motor yang terakhir, jangan isi bensin saat POM Bensin sedang diisi bahan bakar baru.

Hal ini karena bensin akan bercampur kotoran dan menyebabkan karburator kotor dan pembakaran kurang sempurna.

Motor Injeksi baiknya gunakan bahan bakar apa?

Bila ingin yang lebih bagus, dapat memakai Pertalite (oktan 90). Untuk kompresi di range 10:1 sampai 11:1, sebaiknya memakai Pertamax (oktan 92). Lantas, kompresi 11:1 sampai 12:1, seharusnya gunakan Pertamax Plus (oktan 95).

Bahan bakar apa yang dipakai untuk motor bakar tipe bensin?

Pemakaian premium secara umum untuk bahan bakar kendaraan motor dengan mesin bensin, misalnya : mobil, sepeda motor, motor tempel dan lainnya. Bahan bakar ini kerap disebutkan motor gasoline atau petrol.

Apa Pertalite bagus untuk motor?

Pertalite tidak bagus dipakai kesemua tipe kendaraan motor atau mobil. Dianjurkan bahan bakar ini dipakai untuk kendaraan yang mempunyai mesin cc rendah atau di bawah 125 cc, hingga kendaraan dengan mesin cc tinggi seharusnya tidak menggunakan Pertalite supaya perform mesinnya masih tetap bagus.

Kompresi 13 gunakan bahan bakar apa?

Bahan bakar yang terbaik ialah bensin dengan oktan 92. Tipe yang terpopuler ialah Pertamax Turbo. Dalam pada itu pada kendaraan berspesifikasi balap dengan kompresi di ataas 13:1, cocoknya menggunakan bahan bakar dengan oktan 100, seperti Pertamax Racing misalkan.