spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Teknik Menggambar Dengan Pensil Untuk Pemula

Apakah anda seorang pelajar yang mesti terlibat kelas seni? Jika ya , maka biasanya anda akan mengikuti beberapa sesi kelas menggambar. Di beberapa sekolah bahkan dibentuk jadwal pemanis berupa acara ekstrakulikuler bagi murid yang berhasrat menggambar. Selain menggunakan cat lukis , sebagian orang lebih senang menggambar menggunakan pensil. Selain sebab terlihat lebih klasik , sebagian orang juga menilai bahwa gambar pensil memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan didapatkan pada lukisan yang menggunakan cat.

Anda mungkin bukan salah satu dari mereka namun mau tidak mau anda mesti menciptakan karya menggunakan pensil bila guru anda memberi kiprah demikian. Oleh sebab itu , selaku pemula tidak ada salahnya anda menjajal beberapa kiat di bawah ini. 

Teknik Menggambar Dengan Pensil

Langkah awal

Sebagai langkah pertama dalam menggambar pasti anda mesti menyiapkan alat dan medium yang hendak anda gunakan. Hal pertama yang mesti anda laksanakan merupakan memilih jenis pensil yang tepat untuk bikin gambar anda.

Seringkali , untuk menciptakan suatu gambar yang bernilai seni tinggi , seniman menggunakan beberapa pensil dari satu atau dua jenis dengan abjad yang berlawanan sesuai dengan tujuannya.

Karena setiap merek memiliki standarnya masing-masing , maka akan lebih baik jikalau anda menegaskan satu merek untuk semua abjad pensil yang anda perlukan sehingga mereka memiliki persyaratan mutu yang serupa pula.

Hal selanjutnya yang mesti anda laksanakan merupakan menegaskan medium atau kertas yang cocok untuk menggambar. Sama halnya dengan pensil , terlalu banyak jenis kertas yang tersedia di pasaran dengan persyaratan mutu masing-masing.

Akan tetapi , selaku patokan anda sanggup menggunakan jenis kertas yang lembut tetapi tidak gampang terurai atau terkelupas di saat dihapus mudah-mudahan proses shading sanggup berlangsung dengan baik. Kertas yang cocok untuk menggambar merupakan jenis kertas yang dapat mengikat warna dan memperlihatkan warna dengan jelas.

Anda mungkin akan menemui beberapa kertas yang di saat dihapus memicu partikel-partikel kertasnya terkelupas dan gambar menjadi rusak. Anda juga mungkin akan menerima kertas yang tidak terlampau baik dalam menyerap warna sehingga hasil yang anda temukan kurang maksimal.

Biasanya buku denah (sketchbook) yang dijual di swalayan condong memiliki mutu yang bagus , akan tetapi anda juga mesti waspada dengan merek palsu.

Teknik outline

Untuk menciptakan gambar menggunakan pensil , awali acara anda dengan bikin suatu outline atau garis rancangan perihal objek yang hendak anda gambar. Gunakanlah pensil yang lebih keras untuk bikin garis ringan.

Umumnya , suatu gambar objek memiliki dua lapisan garis yakni garis cahaya yang digunakan selaku aliran untuk bikin bentuk dasar objek dan yang kedua merupakan garis yang lebih tebal selaku penanda tepi objek.

Teknik untuk bikin garis cahaya merupakan dengan menggunakan gerakan halus untuk menciptakan sedikit tekanan dan tarikan. Garis cahaya biasanya tidak terlihat begitu terang dan biasanya sering kali dihilangkan pada di saat finishing atau shading.

Setelah bikin garis cahaya , maka selanjutnya merupakan bikin garis yang lebih berat untuk menegaskan tepi elemen objek. Mulailah dengan menapak garis orisinil dengan gerakan dan tekanan yang bertahap. Mulailah dengan halus dan kemudian tambah tekanan sehingga garis yang tebentuk terlihat lebih jelas.

Akan tetapi pada aksentuasi juga mesti waspada mudah-mudahan garis masih sanggup dihapus jikalau dikehendaki dan tidak meninggalkan bekas pada kertas. Pada tahap ini garis yang anda buat masih dalam tahap kemajuan sehingga masih ada kemungkinan salah dan mesti dihapus.

Selain gerakan dan tekanan , pada tahap ini anda juga mesti memperhatikan abjad dari pensil yang anda gunakan. Anda mesti mengetahui abjad bagaimana yang cocok untuk bikin aneka macam tingkat ketebalan.

Anda sanggup menggunakan segi pensil untuk bikin garis tebal. Hal ini lebih baik ketimbang menggunakan titik pensil. Teknik penyeleksian abjad pensil sungguh penting dalam pengerjaan outline dan bayanga objek. Memahami prinsip garis master akan memungkinkan anda untuk bikin gambar yang lebih baik

Teknik Crosshatching

Teknik crosshatching atau penggarisan silang ditangani dengan menggunakan garis-garis kecil yang ditarik berdekatan. Teknik ini digunakan untuk tahap permulaan pengerjaan dampak bayangan objek. Anda sanggup menawan garis dalam satu arah (hatching) mengikuti bentuk objek sehingga objek sanggup dipahami lebih baik.

Anda juga sanggup menggunakan teknik penggarisan silang untuk bikin performa yang lebih realistis. Hal ini akan memamerkan nilai lebih dan mendalam pada gambar anda.

Teknik ini sanggup ditangani dengan cara menawan garis dalam satu arah kemudian menawan garis lain yang melintasi garis sebelumnya sehingga garis-garis itu saling menyilang. Semakin banyak dan akrab garis , maka akan kian kongkret kesan yang ditampilkan.

Teknik melingkar

Circular technique merupakan teknik bikin tekstur yang kontras dengan bikin bulat dan coretan-coretan besar. Anda sanggup bikin suatu bulat kecil dengan menggerakkan pensil anda dengan gerakan berputar-putar.

Teknik ini umunya ditangani selaras dengan teknik shading. Perpaduan antara lingkaran-lingkaran kecil yang anda buat dengan shading yang selaras akan bikin dampak gelap terang yang lebih nyata. Teknik ini lazim digunakan untuk bikin tekstur kulit.

Jika anda bikin bayangan pada objek potret , maka anda sanggup menggunakan bulat kecil yang padat dengan nilai yang bervariasi. Jika perpaduan tersebut betul-betul harmonis , maka di saat seseorang menyaksikan karya anda , mata mereka akan berbaur dengan lingkaran-lingkaran tersebut.

lukisan pensil woman light.image
Source : dokumen pribadi.

Teknik Shading

Teknik shading merupakan teknik bikin dampak bayangan pada objek. Shading biasanya dihasilkan lewat interaksi gelap terang yang terlihat dari arsiran yang anda hasilkan. Umumnya dampak bayangan yang halus memamerkan nilai estetika yang lebih ketinbang dampak bayangan yang lebih kasar.

Ada beberapa cara untuk bikin shading halus yakni menggunakan segi pensil pensil untuk bikin sambaran halus yang berdekatan , mengendalikan penggarisan silang sedemikian rupa untuk menibulkan dampak bayangan halus.

Anda juga sanggup menggunakan alat bantu untuk menghaluskan arsiran sehingga didapat dampak bayangan yang halus. Sebagian orang menggunakan kapas selaku alat bantu , sebagian lagi menggunakan penghapus bahkan jari untuk mengendalikan gradasi warna.

Untuk bikin shading halus , mulailah dengan garis cahaya dengan titik permulaan yang beragam kemudian lanjtukan dengan menggelapkan nilai-nilai (value) dengan menekan sedikit lebih keras menggunakan pensil yang lebih lembut.

lukisan pensil bayi berdasi.image
Source : dokumen pribadi.

Jangan paksakan untuk menggunakan satu jenis pensil untuk bikin value sebab tiap-tiap pensil memiliki abjad dan fungsi masing-masing. Oleh sebab itu , anda mesti betul-betul mengetahui jenis-jenis yang sesuai untuk pengerjaan dampak bayangan. Anda sanggup menggunakan alat shading untuk memicu kesan yang lebih halus.

Finishing
Langkah terakhir dalam teknik menggambar merupakan finishing. Dalam tahap ini , anda sanggup mengusut kembali karya anda secara lebih rincian sebelum membuatnya selaku hasil akhir. Mulailah melatih kepekaan anda terhadap kelemahan sekecil apapun yang sanggup meminimalisir nilai estetika karya anda.

Anda sanggup menyempurnakan outline atau shading yang masih kurang sempurna. Pada tahap ini anda juga perlu memperhatikan kebersihan karya anda. Jangan biarkan kesalahn kecil memicu perjuangan anda kurang maksimal. Dengan ketekunan dan ketekunan , bukanlah hal tidak mungkin anda sanggup menciptakan suatu karya bernilai tinggi.

Demikianlah teknik menggambar menggunakan pensil bagi pemula , mudah-mudahan bermanfaat. Jika postingan ini berfaedah untuk anda , kami harap partisipasinya untuk menyebarkan terhadap teman-teman anda di social media. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog wacana materi belajar. Gunakan sajian atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles