Soal Dan Respon Mengenai Sifat Bayangan Cermin Cekung

Gambar Gravatar
kumpulan soal latihan tentang sifat bayangan cermin cekung image
Cafeberita.com – Quiz Pemantulan Cahaya. Latihan soal wacana sifat bayangan pada cermin cekung dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal latihan ini disusun untuk menolong murid mengecek pemahamannya mengenai desain sifat bayangan pada cermin cekung. Latihan ini berisikan 10 soal pilihan berganda wacana huruf bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan masing-masing soal memiliki skor 10%.  Untuk menjawab soal , pilih salah satu pilihan respon yang menurut anda paling tepat. Jika semua soal telah dijawab , klik tombol submit untuk menyidik respon dan menyaksikan skor yang anda peroleh. Waktu yang ditawarkan untuk mejawab soal yakni 20 menit. Untuk menyaksikan soal latihan yang lain , datangi suguhan Quiz.

Catatan : Jika anda membuka halaman ini lewat ponsel pandai , maka tetapkan anda menyaksikan halaman orisinil (bukan halaman lite yang dioptimalkan) mudah-mudahan script soal berfungsi dengan baik. Saat koneksi internet anda lambat , script soal mungkin saja tidak sukses dimuat.

Bacaan Lainnya

Soal 1
Sifat Bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung , bergantung pada posisi benda di depan cermin. Jika s yakni jarak benda dan f yakni jarak konsentrasi cermin , mudah-mudahan dihasilkan bayangan yang faktual dan diperkecil , maka benda mesti ditaruh pada jarak ….

A. s < 2f
B. s = 2f
C. s > 2f
D. f < s < 2f
E. s < f
Menentukan posisi benda mudah-mudahan dihasilan sifat bayangan yang diinginkan.

Soal 2

Sebuah benda ditaruh di depan cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 20 cm. Jika jarak benda tersebut dari cermin yakni 25 cm , maka sifat bayangan yang dihasilkan yakni ….

A. Maya , tegak , dan diperbesar
B. Maya , tegak , dan diperkecil
C. Nyata , terbalik , dan diperbesar
D. Nyata , tegak , dan diperkecil
E. Nyata , terbalik , dan diperkecil
Menentukan sifat bayangan yang dihasilkan menurut posisi benda.

Kumpulan soal dan pembahasan wacana sifat bayangan cermin cekung

Soal 3

Sebuah cemin cekung dibentuk dari bola transparan berdiameter 16 cm. Agar ukuran bayangan yang dihasilkan sama besar dengan bendanya , maka benda mesti ditaruh di depan cermin cekung pada jarak ….

A. s = 16 cm
B. s = 12 cm
C. s = 10 cm
D. s = 8 cm
E. s = 4 cm
Menentukan letak benda mudah-mudahan ukuran bayangan sama dengan ukuran benda.

Soal 4

Jika jarak bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung bermanfaat negatif , maka jenis dan orientasi bayangan yang terbentuk yakni ….

A. Nyata dan tegak
B. Nyata dan terbalik
C. Maya dan tegak
D. Maya dan terbalik
E. Nyata dan terlentang
Menentukan Jenis dan Orientasi Bayangan

Soal 5

Sebuah cermin cekung memiliki jari-jari kelengkungan sebesar 24 cm. Jika suatu benda ditaruh di depan cermin pada jarak 18 cm , maka sifat bayangan yang dihasilkan yakni ….

A. Nyata , terbalik , dan diperkecil
B. Nyata , terbalik , dan diperbesar
C. Nyata , terbalik , dan sama besar dengan benda
D. Maya , tegak , dan diperbesar
E. Maya , tegak , dan diperkecil
Pengaruh posisi kepada sifat bayangan pada cermin cekung.

Soal 6

Sebuah benda ditaruh di depan suatu cermin cekung yang memiliki jari-jari kelengkungan 16 cm. Jika jarak benda tersebut ke titik tengah cermin yakni 20 cm , maka perbesaran bayangan yang dihasilkan yakni ….

A. M = 4
B. M = 2
C. M = 1
D. M = 1/2
E. M = 2/3
Menentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan.

Soal 7

Sebuah benda ditaruh di depan suatu cermin cekung pada jarak 8 cm. Jika jarak konsentrasi cermin yakni 6 cm dan dihasilkan tinggi bayangan sebesar 12 cm , maka tinggi benda serempak yakni ….

A. h = 4 cm
B. h = 6 cm
C. h = 10 cm
D. h = 12 cm
E. h = 16 cm
Menentukan tinggi benda serempak kalau tinggi bayangan diketahui.

Soal 8

Sebuah cermin cekung memiliki jari-jari kelengkungan sebesar R. Agar dihasilkan bayangan yang bersifat maya , tegak , dan diperbesar , maka benda mesti ditaruh pada jarak ….

A. s > R
B. s = R
C. s < ½R
D. ½R < s < R
E. s = 2R
Menentukan jarak benda mudah-mudahan bayangan bersifat maya dan diperbesar.

Soal 9

Sebuah benda yang tingginya 3 cm ditaruh di depan suatu cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika jarak konsentrasi cermin cekung tersebut yakni 8 cm , maka tinggi bayangan yang terbentuk yakni ….

A. h’ = 2 cm
B. h’ = 3 cm
C. h’ = 4 cm
D. h’ = 5 cm
E. h’ = 6 cm
Menentukan tinggi bayangan yang terbentuk pada cermin cekung.

Soal 10

Sebuah cermin cekung memiliki jarak konsentrasi 9 cm. Agar dihasilkan banyangan dengan sifat faktual dan diperbesar 3 kali dari ukuran bendanya , maka benda mesti ditaruh di depan cermin pada jarak ….

A. s = 4 cm
B. s = 8 cm
C. s = 10 cm
D. s = 12 cm
E. s = 19 cm
Hubungan jarak benda dan perbesaran bayangan

 

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.
Temukan Kursus Bahasa Inggris di Bekasi untuk Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat 1

Salah seorang pakar dan konsultan pendidikan yang kini mengabdikan hidup menjadi guru di pedalaman nun jauh di pelosok Indonesia.

Pos terkait