spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Soal Dan Pembahasan Aturan I Newton Ihwal Gerak

Hukum I Newton

  1. Tentukan besar gaya wajar yang dilaksanakan lantai pada benda seumpama gambar kalau massa benda 10 kg.
    contoh soal hukum newton.image
    Pembahasan :
    Untuk membahas soal wacana gerak , senantiasa analisis arah gerak dan komponen gaya yang melakukan pekerjaan pada benda. Pada gambar , benda tidak bergerak baik pada arah horizontal (sumbu x) maupun arah vertikal (sumbu y).

    Oleh alasannya yaitu itu , berlaku aturan I Newton. Untuk menolong menganalisis soal , gambarkan gaya-gaya yang melakukan pekerjaan pada benda tersebut seumpama berikut :

    contoh soal hukum newton i.image

    Karena gaya wajar N ialah gaya yang melakukan pekerjaan pada sumbu y , maka tinjau gerak vertikal saja. Dari gambar terang terlihat bahwa gaya wajar N dan gaya berat W memiliki arah yang bertentangan , sehingga :

    hukum I newton.image

    N – W = 0
    N = W
    N = m g = 10 (10) = 100 N.

  2. Tentukan besar gaya wajar yang dilaksanakan lantai pada benda seumpama gambar dengan massa benda 5 kg.
    contoh soal hukum newton 1.image
    Pembahasan :
    Pada soal , benda tidak mengalami gerak baik pada sumbu x maupun sumbu y. Oleh alasannya yaitu itu juga berlaku aturan I Newton.

    contoh soal hukum newton 4.image
    Dari gambar di atas diterangkan bahwa gaya 10 N yang melakukan pekerjaan dengan sudut 53 derajat apalagi dulu diuraikan menjadi Fx dan Fy. Karena kita hendak menhitung gaya wajar N , maka yang kita tinjau yaitu gaya-gaya yang melakukan pekerjaan pada sumbu y. Dengan begitu Fx tidak perlu dihitung. Maka gambarnya akan menjadi seumpama ini :

    contoh soal hukum newton i 1.image

    contoh soal hukum newton gerak.image

  3. Pada gambar dikenali massa benda 2 kg. Hitunglah gaya wajar yang dilakukan dinding pada benda.
    contoh soal hukum newton 2.image
    Pembahasan :
    Benda tidak bergerak maka berlaku aturan I Newton. Sama seumpama soal 1 dan 2 , apalagi dulu gambar gaya-gaya yang melakukan pekerjaan pada benda kemudian uraikan gaya 15 N menjadi Fx dan Fy seumpama gambar berikut :

    contoh soal hukum newton tentang gerak.image


    Karena gaya wajar N yang dilakukan dinding dalam arah mendatar (sumbu x) , maka yang kita tinjau yaitu gaya-gaya pada sumbu x , sehingga sanggup disederhanakan menjadi seumpama ini :

    contoh soal hukum newton tentang gerak 1.image
    contoh soal hukum newton tentang gerak 3.image

more>>

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yaitu blog wacana materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles