spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Sinar Istimewa Dan Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cembung

Cafeberita.com – Sifat Pemantulan pada Cermin Cembung. Pada peluang sebelumnya , edutafsi sudah membahas sinar-sinar istimewa pada cermin cekung dan bagaimana cara melukis bayangan pada cermin cekung. Pada peluang ini , edutafsi akan membahas sinar-sinar istimewa pada cermin cembung dan bagaimana cara melukis bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung. Pada pembahasan ini , salah satu poin yang perlu diamati merupakan karekateristik cermin cembung biar sanggup membedakannya dengan cermin cekung. Selain itu , pasti perlu diamati bagaimana sinar-sinar istimewanya dan apa arti penggunaan garis putus-putus pada penggambaran sinar-sinar istimewa tersebut. Oleh alasannya merupakan itu , sebelum membahas sinar-sinar istimewa pada cermin cembung lebih jauh , ada baiknya kita menyaksikan apalagi dulu bagaimana karakterstik dan beberapa perumpamaan dalam cermin cembung.

A. Istilah pada Cermin Cembung

Berbeda dengan cermin cekung yang memiliki jarak konsentrasi bertanda faktual , pada cermin cembung jarak fokusnya bertanda negatif sehingga sering juga disebut selaku cermin negatif. Jarak konsentrasi bernilai negatif alasannya merupakan terletak di belakang cermin cembung.

Secara biasa , pada cermin cembung juga terdapat beberapa perumpamaan yang juga didapatkan pada cermin cekung cuma saja terdapat beberapa perbedaan khususnya dalam hal posisi dan tanda. Pada cermin cembung , bab depannya merupakan permukaan yang melengkung ke depan (perhatikan gambar).

Pada gambar di bawah ini , sanggup dilihat bahwa titik konsentrasi (F) dan titik sentra kelengkungan cermin (M) berada di belakang cermin. Jarak antara titik tengah (O) dengan titik konsentrasi disebut selaku jarak konsentrasi (f) sedankan jarak antara titik sentra kelengkungan ke titik tengah disebut jari-jari kelengkungan (R).

Karakteristik cermin cembung

Pada cermin cembung juga terdapat perumpamaan sumbu utama , yakni garis lurus mendatar yang lewat titik di depan cermin , titik tengah , titik konsentrasi , dan titik sentra kelengkungan. Karena titik konsentrasi berada  di belakang cermin cembung , maka titk fokusnya merupakan titik konsentrasi maya.

Jika dilihat menurut bentuk dan sifat pemantulannya , cermin cembung memiliki suatu kelebihan dibanding cermin cekung , yakni memiliki medan atau area pandangan yang lebih luas alasannya merupakan bayangan yang dihasilkan lebih kecil dari bendanya sehingga lebih cocok digunakan untuk beling spion dibanding cermin cekung.

Salah satu karakteristik cermin cembung juga terletak pada sifat bayangan yang dihasilkannya. Tidak seumpama cermin cekung yang sifat bayangannya bergantung pada posisi benda , cermin cembung senantiasa menciptakan bayangan dengan sifat maya , tegak , dan diperkecil untuk setiap benda yang ditaruh di depan cermin cembung.

Telah disebutkan di atas bahwa sifat bayangan pada cermin cekung bergantung pada posisi benda di depan cermin. Lalu , bagaimana cara menyaksikan imbas posisi terhadap sifat bayangannya? Untuk pembahasan mengenai topik tersebut , anda sanggup melihatnya lewat link di bawah ini.

Baca juga : Pengaruh Posisi Benda terhadap Sifat Bayangan.

B. Sinar-sinar spesial Cermin Cembung

Sama seumpama cermin cekung , cermin cekung juga memiliki sinar-sinar istimewa , yakni sinar yang sifat pemantulannya sanggup digambar dengan jelas. Sinar-sinar ini merupakan sinar yang sejajar sumbu utama , yang menuju titik konsentrasi , dan sinar yang menuju sentra kelengkungan. Untuk lebih jelasnya amati kategori di bawah ini.

1). Sinar tiba sejajar sumbu utama , dipantulkan seakan-akan tiba dari titik fokus

Sinar istimewa cermin cembung

Perhatikan tanda panah pada garis sinarnya untuk membedakan sinar tiba dan sinar pantul. Sinar tiba sejajar dengan sumbu utama dan dipantulan seakan-akan berasal dari titik konsentrasi F sehingga garis di belakang cermin dibentuk dengan garis putus-putus.

2). Sinar tiba menuju titik konsentrasi dipantulkan sejajar sumbu utama

Sinar-sinar istimewa cermin cembung

Gambar kedua sepintas terlihat sama dengan gambar pertama , namun coba amati tanda panahnya. Pada sinar kedua , sinar munculnya menuju titik konsentrasi dan dipantulkan lewat sumbu utama. Perhatikan juga garis di belakang cermin yang menuju titik F juga dibentuk putus-putus.

3). Sinar tiba menuju titik sentra kelengkungan dipantulkan kembali seakan-akan berasal dari titik sentra kelengkungan tersebut

Sinar-sinar istimewa pada cermin cembung

Karena menuju dan dipantulkan seakan-akan berasal dari titik kelengkungan , maka sinar ketiga ini terlihat berimpi , tetapi jangan lupa menampilkan tanda panah yang bertentangan arah selaku isyarat sinar tiba dan sinar pantul.

C. Pembentukan Bayangan pada Cermin Cembung

Untuk melukis bayangan yang dihasilkan oleh suatu cermin cembung , kita sanggup mempergunakan sinar-sinar istimewa dari cermin cembung. Biasanya dua sinar istimewa saja sudah cukup untuk mengenali bayangan yang dihasilkan.

Berikut tindakan melukis bayangan pada cermin cembung:
1). Lukis dua buah sinar istimewa dari ujung atas benda
2). Perhatikan bahwa garis di belakang cermin dibentuk putus-putus
3). Perpotongan antara perpanjangan garis (garis putus-putus) itu merupakan posisi bayangan
4). Karena bayangan terletak di belakang cemin , maka bayangan digambar putus-putus.

Pembentukan bayangan pada cermin cembung

Pada gambar di atas , sanggup dilihat penggunaa dua sinar istimewa untuk menyeleksi bayangan benda yang dihasilkan oleh cermin cembung. Perhatikan bahwa bayangan yang dihasilkan berada di belakang cermin sehingga bersifat maya dan diluksi putus-putus.

Selain bersifat maya , pada gambar tersebut juga sanggup kita lihat bahwa bayangan yang dihasilkan bersifat tegak dan lebih kecil dibanding bendanya. Dengan demikian , bayangan yang dihasilkan merupakan maya , tegak , dan diperkecil.

Sampai di sini , kita sudah membahas cara melukis bayangan pada cermin cembung. Selanjutnya akan dipelajari bagaimana cara melukis pembentukan bayangan pada cermin cekung step by step dilengkapi dengan gambar biar lebih gampang dipahami. Untuk menyaksikan pembahasannya silahkan datangi link di bawah ini.

Baca juga : Melukis Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai sinar-sinar istimewa pada cermin cembung dan pembentukan bayangan pada cermin cembung. Jika materi berguru ini berfaedah , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda lewat tombol share di bawah ini.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog perihal materi belajar. Gunakan hidangan atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles