Sekolah Inklusi Cukup Penting untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Sekolah Inklusi Cukup Penting untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Sekolah Inklusi Cukup Penting untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Diposting pada 18 views

Sekolah Inklusi – Pendidikan inklusi adalah salah satu tujuan pendidikan di masa depan yang ingin dicapai Indonesia dalam upaya menciptakan masyarakat Indonesia yang inklusif. Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Husnul Chotitimah mengatakan bahwa pendidikan inklusif adalah upaya bersama untuk memenuhi kebutuhan dan pengembangan potensi setiap anak termasuk anak -anak dengan kebutuhan khusus.

Pendidik yang akrab bernama Nuli ini mengatakan bahwa dasar prinsip inklusif yang diterapkan oleh sekolah inklusi di Indonesia adalah bahwa semua anak terlibat dalam proses pembelajaran, terlepas dari keragaman yang ada karena semua anak unik, termasuk anak -anak dengan kebutuhan khusus.

Baca Juga: Mothercare Penuhi Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir

“Program di sekolah inklusi bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan pengembangan dan mempersiapkan anak -anak dengan kebutuhan khusus untuk tumbuh terampil dalam hidup sebagai bagian dari masyarakat,” kata Nuli.

Manfaat Sekolah Inklusi Untuk Anak Dengan Kebutuhan Khusus, Nuli mengatakan bahwa dengan esensi dari setiap anak yang lahir unik, termasuk anak -anak dengan kebutuhan khusus, setiap proses pembelajaran dan pendidikan di sekolah juga mensyaratkan keberadaan implementasi pengamatan dan analisis perkembangan anak -anak dengan strategi sesuai dengan profil mereka.

“Setiap anak unik termasuk anak -anak dengan kebutuhan khusus sehingga dalam proses pembelajaran dan pendidikan membutuhkan program yang tepat sehingga pengembangan potensi dapat dimaksimalkan. Di sekolah Cikal, misalnya, adanya pendidikan inklusi memobilisasi proses pengamatan dan Analisis perkembangan anak yang dilakukan untuk menentukan dukungan dan strategi yang sesuai dengan profil anak, “jelas Nuli.

Dalam praktik keseharian mereka, sekolah inklusi memiliki dua manfaat besar yang sangat berpengaruh untuk pengembangan diri setiap anak, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam hidup mereka, diantaranya:

1. Belajar akomodasi dan modifikasi kurikulum

Pertama, menyediakan akomodasi pembelajaran dan modifikasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak -anak dalam mengoptimalkan potensi anak -anak.

“Di Sekolah Cikal, pendidikan memprioritaskan prinsip -prinsip personalisasi dan kompetensi sehingga kurikulum dan cara pembelajaran disesuaikan dengan mengakomodasi dan memodifikasi untuk memenuhi kebutuhan setiap anak dalam memaksimalkan potensi mereka. Semua aspek di sekolah telah disiapkan sehingga sebagai seperti itu sebagai sebagai sebagai hal yang disiapkan agar sesuai dengan itu sehingga sebagai sebagai seperti sebagai sebagai sebagai seperti yang disiapkan sebagai seperti sebagai sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti sebagai seperti seperti Untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak -anak dengan kebutuhan khusus, “kata Nuli.

2. Memberikan pengembangan diri (non-akademik)

Di luar sisi akademik, menurut Nuli, kehadiran sekolah inklusi juga membantu membangun keterampilan hidup, membangun kemandirian, dapat membuat keputusan untuknya, dapat mengenali dirinya sendiri, mengetahui emosinya dan keinginan, dan mengatur emosinya dengan berbagai program pengembangan pribadi.

Dalam pendidikan inklusi cikal misalnya, kami menyiapkan program kejuruan yang lebih beragam untuk mempersiapkan anak -anak dalam mengasah potensi/bakat mereka, keinginan yang semakin dalam. Kemudian persiapkan dan berikan gambaran tentang potensi mereka /Bakat dengan dunia industri di masa depan, “pungkasnya.

Baca Juga: Wisata Edukasi Surabaya Menjadi Rekomendasi yang Baik untuk

Perbedaan Sekolah Inklusi dan SLB

Pendidikan adalah hak untuk setiap anak, meskipun mereka memiliki kebutuhan atau cacat khusus. Mereka masih bisa mendapatkan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sehingga jenis sekolah dapat bervariasi.

Namun, apakah ibu tahu perbedaan antara inklusi dan sekolah SLB yang ditujukan untuk anak -anak penyandang cacat?

Selama ini, SLB adalah pilihan bagi anak -anak yang memiliki kebutuhan khusus dan mereka dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kondisi anak.

Namun, apakah Anda tahu bahwa sejak tahun 2003, pemerintah memelopori peluang untuk anak -anak penyandang cacat sehingga mereka dapat belajar di sekolah reguler dengan anak -anak normal lainnya?

Nah, sistem ini disebut sekolah pendidikan inklusi atau sekolah inklusi. Sekolah inklusi ini adalah sekolah reguler yang juga menerima anak -anak penyandang cacat sebagai siswa. Dalam hal ini, pemerintah akan menunjuk sekolah reguler mana yang cocok sebagai sekolah inklusi.

Jadi, perbedaan antara inklusi dan sekolah SLB? Ayo, lihat ulasannya di sini!

Hal -hal mendasar tentang sekolah inklusif dan SLB. Berikut adalah hal -hal mendasar tentang perbedaan antara sekolah inklusi dan SLB:

1. Sekolah Inklusi

Sekolah Inklusi adalah jenis sekolah baru di Indonesia. Sekolah ini adalah sekolah umum. Artinya, anak -anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus dan anak -anak dengan kebutuhan khusus seperti buta, tuli, cacat, autisme, atau spesialisasi lainnya, dapat belajar dalam satu kelas.

Baca Juga: Kode Etik

Secara umum, di sekolah -sekolah inklusif akan ada guru umum dan pengawas khusus yang memiliki latar belakang Pendidikan Luar Biasa.

Guru khusus ini akan fokus pada anak -anak dengan kebutuhan khusus untuk dapat berpartisipasi dalam belajar dengan baik.

Mata pelajaran yang diajarkan akan mengikuti kurikulum umum. Sayangnya, tidak semua anak dengan kebutuhan khusus dapat memasuki sekolah inklusi.

Kriteria untuk sekolah inklusi

Bagi mereka yang memenuhi kriteria, maka dia bisa masuk, tetapi jika tidak mungkin, siswa akan lebih baik saat memasuki sekolah luar biasa (SLB).

Jika anak -anak dengan kebutuhan khusus tidak dapat mengikuti pembelajaran sebagaimana mestinya, ini akan mengganggu anak -anak lain.

Dikhawatirkan bahwa anak -anak dengan kebutuhan khusus merasa dikucilkan atau bahkan menerima perawatan yang tidak adil.

Untuk menjadi siswa di sekolah umum, peserta dengan kebutuhan khusus harus melalui proses atau tahap seleksi yang ketat melalui PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) jalur inklusi.

Pada seleksi memasuki sekolah inklusi para peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan yang diminta. Nah, beberapa dari mereka harus memenuhi batas usia di tingkat yang dipilih, kartu laporan yang memenuhi standar minimum.

Selain itu, ada kebutuhan untuk sertifikat dari psikolog atau dokter yang menyatakan jika peserta dapat mengikuti pendidikan inklusi. Hal -hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu mampu menjalani pembelajaran di sekolah umum.

2. Sekolah Luar Biasa

Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sekolah yang menganut sistem pemisahan antara anak -anak yang memiliki pelayanan khusus dengan anak -anak pada umumnya dalam memperoleh layanan pendidikan.

Jenis sekolah ini menekankan keterampilan hidup bagi anak -anak kebutuhan khusus sebagai ketentuan mereka untuk dapat mandiri. Oleh karena itu, materi yang untuk layanan tersebut hanya diajarkan di SLB.

Baca Juga: Stabilitas Nilai Tukar Mata Uang Dapat Dijaga dengan Mengatur

Konten kurikulum dalam SLB juga akan fokus pada keterampilan kejuruan. Program Keterampilan Kejuruan fokusnya menanamkan keteranpilan wirasusaha sehingga peserta didik memiliki jiwa pengusaha agar naninya mereka dapat mandiri dalam bermasyarakat.

Jenis keterampilan yang akan dikembangkan juga akan diserahkan ke unit pendidikan sesuai dengan minat, potensi, kemampuan, dan kebutuhan siswa dan kebutuhan pekerjaan di daerah masing -masing. Secara umum, tingkat pendidikan untuk anak -anak dengan kebutuhan khusus di SLB juga akan diintegrasikan.

Bangunan Sekolah SLB

Ini berarti bahwa gedung sekolah SLB, akan ada sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah dengan satu kepala sekolah. Selain itu, implementasi pendidikan di SLB juga biasanya diintegrasikan antar jenis gangguan.

Artinya, dalam satu SLB dapat menyediakan layanan untuk berbagai jenis gangguan. Nah, keuntungan dari model integrasi antara tingkat pendidikan dan antara jenis di SLB adalah bahwa perkembangan anak akan dengan mudah dipantau.

Umumnya anak -anak dengan kebutuhan khusus di SDLB akan berlanjut ke tingkat SMPLB di sekolah yang sama dan seterusnya ke SMALB.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan perbedaan mendasar antara SLB dengan Sekolah Inklusi, yaitu:

Sekolah inklusi baik untuk anak -anak dengan kebutuhan khusus yang memiliki kemampuan kognitif yang cukup baik. Tetapi jika kemampuannya di bawah rata -rata, lebih baik menempu pendidikan di SLB.

Sekolah inklusi memperlakukan anak -anak dengan kebutuhan khusus sebagai anak biasa dengan pembelajaran dan lingkungan yang sama. Sementara itu, SLB diatur sedemikian rupa karena anak -anak dengan kebutuhan khusus yang berbeda.

Baca Juga: Contoh Usaha Kecil Kecilan Untuk Pelajar

Mulai dari guru yang mengajar, membangun konstruksi, atau cara berkomunikasi. Jika ada anak -anak dengan kebutuhan khusus yang termasuk dalam sekolah inklusi harus kuat secara kognitif, karena jika tidak dapat mengkompensasi, ini dapat menyebabkan depresi.

Sekolah inklusi juga sebenarnya telah diterapkan di negara -negara lain seperti Jepang, Amerika dan Eropa. Selain itu, disarankan agar semua guru inklusif mengambil pelatihan khusus untuk hasil yang lebih baik. Jika Anda termasuk orang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat ketika Anda ingin memilih sekolah.

Pastikan di sekolah nanti, anak -anak mendapatkan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk bisa menjalani kehidupan di masa depan. Itulah perbedaan antara inklusi dan sekolah SLB yang harus diketahui.

Jadi, sekarang saya tahu lebih banyak tentang sekolah seperti apa yang lebih tepat untuk anak -anak dengan kebutuhan khusus.

syarat masuk sekolah inklusi,sekolah inklusi pdf,biaya sekolah inklusi,sekolah inklusi terdekat,sekolah inklusif di indonesia,sekolah inklusi gratis,sekolah inklusi di surabaya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *