Beranda Berita Rutan Pinrang Kini Punya Galeri, Rutan Lain?

Rutan Pinrang Kini Punya Galeri, Rutan Lain?

0
Rutan Pinrang Kini Punya Galeri
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang

CAFEBERITA.COM, PINRANG – Rutan Pinrang kini punya ciri khas. Ciri ini jauh berbeda dengan Rutan lainnya yang ada di Ajatappareng, Sulawesi Selatan.

Ciri khas tersebut yaitu hadirnya sebuah Galeri dan ini diharapkan bisa mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang kini sudah meresmikan Galeri Rutan Pinrang (G-RUANG) dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan, Jumat (24/7/2020).

Peresmian G-RUANG secara simbolis dilakukan pengguntingan pita yang dilakukan lansung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto.

BACA JUGA :   Polres Pinrang Bhayangkari Salurkan Peduli Masamba
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang
Galeri Rutan Pinrang (G-RUANG)

Dia didampingi Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Pinrang, Ali Imran beserta para pejabat disaksikan oleh seluruh Pegawai Rutan Pinrang.

Menurut Kakanwil, Warga Binaan memang harus dibuat produktif agar waktu yang dihabiskan bermanfaat selama menjalani pidana.

Menurutnya, Galeri Ruang ini merupakan wadah produktif bagi Warga Binaan agar selalu kreatif dan inovatif, itulah sebenarnya tujuan Pemasyarakatan, kata Mantan Kakanwil Kemenkumham Sulbar ini.

Sementara itu, Karutan Pinrang juga mengungkapkan bahwa hadirnya G-RUANG merupakan inisiasi dari teman-teman Pegawai.

Ini agar tempat tersebut bisa menjadi ajang promosi karya-karya Warga Binaan di Rutan Pinrang.

BACA JUGA :   BAIN HAM RI Dukung Ranperda Wajib Masker

Dan sebagai tahap awal G-RUANG akan memamerkan karya-karya WBP dan selanjutnya akan dirancang memamerkan karya seni lainnya.

Rutan Pinrang Kini Punya Galeri
Galeri Rutan Pinrang (G-RUANG)

Diharapkan untuk ke depannya Rutan Pinrang bisa menjalin komunikasi dengan Pemda Pinrang untuk melakukan kerjasama khususnya terkait pemasaran.

Sebab, karya yang dihasilkan tak kalah berkualitasnya dengan karya seni pada umumnya dan memiliki nilai ekonomis.

Olehnya itu, Ali Imran berharap, kedepannya Galeri ini bisa semakin dikembangkan. Memamerkan hasil karya sejumlah tahanan yang memang punya jiwa seni.

Sebab, sejumlah tahanan yang ada saat ini memang diberikan pembinaan bagaimana supaya mereka skill yang bermanfaat jika sudah benar-benar bebas.

BACA JUGA :   Pembangunan Kotaku di Pallangga Libatkan Warga

Sejauh ini berbagai inovasi memang telah diciptakan agar semua warga binaan bisa terus dibersadayakan. Ini agar kelak dikemudian hari bisa kian mandiri.

Terlebih bila sudah bebas dari Rutan tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin bisa menjadi salah satu sosok inspiratif bagi masyarakat yang ada di sekitarnya dikemudian hari. (*)

Tinggalkan Komentar