Beranda Berita Rutan Pinrang Kembali Bikin Aplikasi, Begini Modelnya

Rutan Pinrang Kembali Bikin Aplikasi, Begini Modelnya

79
0
Aplikasi Rutan Pinrang
Aplikasi Rutan Pinrang

Aplikasi di Rutan atau Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, kini telah hadir tahun ini. Berbagai inovasi dilakukan demi menciptakan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Salah satu modelnya yakni dengan menghadirkan Aplikasi One Touch Click Rutan Pinrang atau yang juga disebut OTC RUANG, pada 2020 ini.

Menurut Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran, tahun ini sebenarnya untuk mencapai WBBM terbilang sulit. Pasalnya penilaian WBK tahun ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Sekarang orientasi penilaian WBBM lebih menekankan seperti apa kualitas layanan yang diberikan,” ujarnya, Rabu (24/6/2020).

Layanan ini, kata Ali Imran, apakah memang memiliki dampak bagi masyarakat atau hanya sekadar slogan atau pencitraan saja.

Lulusan Akademi Pemasyarakatan ini, mengatakan Aplikasi One Touch Click Rutan Pinrang (OTC RUANG) ini sebenarnya sangat mudah diaplikasikan. Hebatnya, sudah berbasis android.

“Jadi, aplikasi ini terintegrasi dengan layanan nomor antrian dan layanan Yankomas,” bebernya.

Tak hanya itu, kata Ali Imran, di dalam aplikasi ini sudah disiapkan layanan konseling dan layanan kotak saran. Serta ada juga layanan survei IKM dan IPK serta layanan informasi seputar kegiatan di Rutan Pinrang.

“Kami juga sudah siapkan layanan I Care You (ICU). Ini hal baru di Rutan Pinrang,” terangnya.

Lebih jauh, pria segudang ide ini membeberkan, munculnya aplikasi ini dilatar belakangi banyaknya aduan dari Warga Binaan secara lisan. Aduan tersebut, diantaranya karena adanya hubungan yang kurang harmonis dalam keluarga dan tak sedikit diantaranya malu untuk mengungkapkannya.

“Karena ada layanan konseling bagi warga binaan tentunya aplikasi ini bisa kita pakai untuk pihak keluarga yang difasilitasi oleh Rutan Pinrang,” bebernya.

Aplikasi Lainnya di Rutan Pinrang

Sejauh ini selain hadirnya inovasi ini, ada pula pelayanan yang saat ini cukup populer di Rutan Pinrang. Layanan tersebut yakni pelayanan Kesehatan Satu Jam ( Lakesjam) dan layanan bantuan hukum (Situlung).

Tak hanya itu, ada juga layanan Ruang TV, Galeri Rutan Pinrang (G-RUANG), kunjungan online (Siruntuki) dan Call Center 24 Jam (Halo Ruang).

“Tentunya hadirnya semua inovasi ini, Rutan Pinrang bisa semakin baik kedepannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan khususnya warga binaan,” harap lelaki kelahiran Sinjai ini. (bnd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here