Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam Hadirkan Kreator dan Akademisi Bahas Alquran dengan Seni

CAFEBERITA.COM, PAREPARE — Rumah Baca Pare­pare dan Kreasi Qalam rutin mengge­lar dik­susi vir­tu­al via aplikasi zoom.

Kegiatan ini dina­mai, Qalam Madrasah. Tema yang diangkat pada Ming­gu (19/7/2020) terse­but men­ge­nai Alquran dan Kesen­ian, den­gan men­gaitkan kon­disi pan­de­mi virus coro­na atau Covid-19.

Bacaan Lain­nya

Guru Tamu yang di undang kali ini adalah dari Komu­ni­tas Perut Bumi dan Semes­ta Al Quran. Yaitu Muham­mad Munawir Tipu dan Ahmad Said Rifqi.

Sedan­gkan yang mengka­ji bagian keaga­maan, yaitu Muham­mad Rafi’i Rahim. Salah seo­rang Dosen IAIN Palu.

Salah satu nara­sum­ber, Muham­mad Rafi’i Rahim men­gatakan, harus ada per­ha­t­ian khusus dalam mem­bu­mikan Alquran. Begi­tu pula kon­ten yang dis­ajikan oleh Rumah Baca Pare­pare dan Kreasi Qalam ini.

Pasal­nya, kegiatan seper­ti ini adalah salah satu wadah untuk mengem­ba­likan kem­bali mem­ba­ca Alquran dan mem­berikan moti­vasi berli­pat agar Alquran bisa benar-benar bisa dibu­mikan.

Menu­rut­nya, Alquran itu sendiri adalah seni yang sem­purn. Penyam­pa­ian­nya bisa den­gan cara audio visu­al­isasi.

Tak hanya itu, Alquran yang meru­pakan satu kesen­ian, adalah lebih pada karya fenom­e­nal dan akan selalu menam­bah wawasan baru hanya saja harus lebih dimod­erenkan agar bisa rel­e­van bagi kaum mile­nial.

Nur Mubarak, salah satu peser­ta mengutarakan, pemu­da saat ini harus berpikir ino­vatif dalam mendekatkan diri kepa­da Alquran.

Dan tema yang diangkat kali ini oleh pen­gelo­la komu­ni­tas lit­erasi Rumah Baca Pare­pare dan Kreasi Qalam ini dini­lai san­gat sesuai kon­disi sekarang. Patut diapre­si­asi.

Menu­rut­nya, temanya san­gat sinkron. Ini san­gat bagus, kare­na semua kalan­gan bisa masuk dan bisa mem­beri daya seman­gat untuk teman-teman untuk antu­sias menye­le­saikan proyek ini.

Ia menam­bahkan, saat ini mem­bu­tuhkan kon­ten posi­tif di salah satu plat­form media sosial. Dan ini­lah yang di tung­gu untuk mem­beri war­na kehidu­pan.

“Jadinya, dibu­tuhkan ide-ide seper­ti ini­lah yang per­lu dikem­bangkan di masa pan­de­mi virus coro­na dan psbb ini,” ujarnya.

Dan semoga, hara­p­nya, segala kre­at­i­fi­tas yang digarap bisa sesuai den­gan peren­canaan.

Ada­pun, berdasarkan peser­ta yang hadir bukan hanya kalan­gan pegiat lit­erasi tetapi dari akademisi, masyarakat, dan pemu­ka aga­ma.

Dihara­p­kan, kegiatan ini tak hanya sam­pai di sini. Besar hara­pan bisa melalui kegiatan seper­ti ini Rumah Baca dan Kreasi Qalam bisa mem­bu­mikan Alquran. (#)

Penulis : Hus

Orig­i­nal­ly post­ed 2020-07-20 06:49:52.

Pos terkait