Beranda Berita Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam Hadirkan Kreator dan Akademisi Bahas Alquran...

Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam Hadirkan Kreator dan Akademisi Bahas Alquran dengan Seni

99
0
Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam
Unsplash/Kusmayadi Sasmitha

CAFEBERITA.COM, PAREPARERumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam rutin menggelar diksusi virtual via aplikasi zoom.

Kegiatan ini dinamai, Qalam Madrasah. Tema yang diangkat pada Minggu (19/7/2020) tersebut mengenai Alquran dan Kesenian, dengan mengaitkan kondisi pandemi virus corona atau Covid-19.

Guru Tamu yang di undang kali ini adalah dari Komunitas Perut Bumi dan Semesta Al Quran. Yaitu Muhammad Munawir Tipu dan Ahmad Said Rifqi.

Sedangkan yang mengkaji bagian keagamaan, yaitu Muhammad Rafi’i Rahim. Salah seorang Dosen IAIN Palu.

Salah satu narasumber, Muhammad Rafi’i Rahim mengatakan, harus ada perhatian khusus dalam membumikan Alquran. Begitu pula konten yang disajikan oleh Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam ini.

Pasalnya, kegiatan seperti ini adalah salah satu wadah untuk mengembalikan kembali membaca Alquran dan memberikan motivasi berlipat agar Alquran bisa benar-benar bisa dibumikan.

Menurutnya, Alquran itu sendiri adalah seni yang sempurn. Penyampaiannya bisa dengan cara audio visualisasi.

Tak hanya itu, Alquran yang merupakan satu kesenian, adalah lebih pada karya fenomenal dan akan selalu menambah wawasan baru hanya saja harus lebih dimoderenkan agar bisa relevan bagi kaum milenial.

Nur Mubarak, salah satu peserta mengutarakan, pemuda saat ini harus berpikir inovatif dalam mendekatkan diri kepada Alquran.

Dan tema yang diangkat kali ini oleh pengelola komunitas literasi Rumah Baca Parepare dan Kreasi Qalam ini dinilai sangat sesuai kondisi sekarang. Patut diapresiasi.

Menurutnya, temanya sangat sinkron. Ini sangat bagus, karena semua kalangan bisa masuk dan bisa memberi daya semangat untuk teman-teman untuk antusias menyelesaikan proyek ini.

Ia menambahkan, saat ini membutuhkan konten positif di salah satu platform media sosial. Dan inilah yang di tunggu untuk memberi warna kehidupan.

“Jadinya, dibutuhkan ide-ide seperti inilah yang perlu dikembangkan di masa pandemi virus corona dan psbb ini,” ujarnya.

Dan semoga, harapnya, segala kreatifitas yang digarap bisa sesuai dengan perencanaan.

Adapun, berdasarkan peserta yang hadir bukan hanya kalangan pegiat literasi tetapi dari akademisi, masyarakat, dan pemuka agama.

Diharapkan, kegiatan ini tak hanya sampai di sini. Besar harapan bisa melalui kegiatan seperti ini Rumah Baca dan Kreasi Qalam bisa membumikan Alquran. (#)

Penulis : Hus

Tinggalkan Komentar