Beranda Pendidikan Rangkuman Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Rangkuman Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

12
0
Rangkuman Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Rangkuman Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Bukan hal mudah untuk meraih kemerdekaan suatu bangsa. Butuh pengorbanan jiwa dan raga. Olehnya itu, sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia harus selalu dikenang.

Khususnya oleh para generasi muda. Sejarah bangsa tercinta ini harus selalu diajarkan atau dibeberkan kepada mereka.

Bila tidak, maka sejarah panjang negara Indonesia dalam meraih kemerdekaan akan terlupakan begitu saja.

Lebih parahnya lagi, apabila para pejuang kemerdekaan ini tak diketahui sama sekali. Karena itu, perlu kiranya kita untuk selalu memberikan edukasi kepada generasi muda sang pelanjut bangsa ini.

Tentunya, agar mereka mengetahui siapa saja pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga mereka hanya untuk membawa Indonesia meraih kemerdekaan. Begitupula mereka, rela mati demi mengusir para penjajah.

Seperti di bawah ini. Ada sejumlah pahlawan yang rela melawan penjajah dari Indonesia. Begitupula dengan sejumlah pahlawan yang bergerak masif dalam merintis pergerakan di Indonesia.

Pergolakan Melawan Penjajah

1. Bandung lautan api, terjadi di Bandung tanggal 23 Maret 1945. Tentara Keamanan Rakyat (TKR) melawan Sekutu diboncengi Belanda. Dalam peristiwa ini Sekutu membakar kota Bandung.

2. Peristiwa Bojong Kokosan di Sukabumi, tahun 1945. Tentara Rakyat Indonesia (TKR) melawan Sekutu.

3. Insiden Bendera, di Hotel Yamato Surabaya tanggal l9 September 1945. Pemuda-pemuda Indonesia menurunkan bendera Belanda diganti dengan bendera Sang Merah Putih.

4. Pertempuran Lima Hari di Semarang, tanggal 20 Oktober 1945. TKR melawan Jepang. Dr. Kariadi gugur dalam peristiwa ini.

5. Pertempuran 10 November di Surabaya, tanggal 10 November 1945. TKR dibawah pimpinan Bung Tomo melawan Sekutu yang datang dengan membawa Belanda. Dalam peristiwa ini pimpinan Jendral Mallaby dinyatakan hilang.

6. Pertempuran Medan Area di Medan, tanggal 10 Desember1945. Dibawah pimpinan Achmad Tahir TKR melawan Sekutu.

7. Pertempuran Ambarawa, terjadi di Ambarawa tanggal 12 Desember 1945. Di bawah pimpinan Kolonel Sudirman TKR melawan Sekutu.

8. Puputan Margarana di Denpasar (Bali), tanggal 18 November 1946. Di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai TRI melawan Belanda, beliau gugur dalam peristiwa ini.

9. Peristiwa Westerling terjadi di Sulawesi Selatan. Dibawah pimpinan Wolter Monginsidi melawan NICA. Dalam peristiwa ini terjadi pembunuhan massal sekitar 40.000 penduduk oleh Westerling.

10. Pertempuran Laut di Teluk Cirebon, tanggal 5 Januari 1947.

11. Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda. Dalam peristiwa ini Letnan Samadilcun gugur dan KRI Gajah Mada tenggelam.

12. Serangan Umum di Yogyakarta, tanggal l Maret 1947. Dibawah pimpinan Kolonel Suharto (sekarang mantan Presiden RI ke II) melawan Belanda.

Perintis-perintis Pergerakan di Indonesia

1. RA. Kartini, pelopor gerakan emansipasi wanita Indonesia. Bukunya yang terkenal berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

2. Dr Wahidin Sudiro Husodo, penganjur berdirinya Budi Utomo. Budi Utomo (BU) sendiri didirikan oleh dr. Sutomo.

3. H. Samanhudi, pendiri dan penggerak Serikat Dagang Islam, disingkat SDI.

4. “Tiga Serangkai” yang terdiri dari Dr. Douwes Dekker, Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantoro, pendiri Indische Party.

5. Ki Hajar Dewantoro, tokoh Pendidikan Nasional, mendirikan Perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 di Yogyakarta.

6. Kyai Haji Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah tahun 1912.

7. Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto dan H. Agus Salim mendirikan Serikat Islam disingkat SI, pada tahun 1912.

8. Ir. Soekarno, pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun1927.

9. Drs. Mohammad Hatta, pendiri Pendidikan Nasional dan pimpinan Perhimpunan Indonesia di Negeri Belanda.

10. K.H. Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU). pada tanggal 31 Januari 1926.

Itulah sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang di dalamnya ada para pahlawan bangsa yang patut kita kenang dan pelajari. Mereka rela berjuang demi membawa bangsa Indonesia meraih kemenangan.

Semoga arwah mereka selalu tenang di alam sana dan mendapatkan nikmat dari Tuhan  YME. Begitupula semoga amal ibadah mereka dan ketulusan mereka berjuang demi kemerdekaan Indonesia dirahmati oleh Allah SWT. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here