Beranda Berita Puspaga Peduli Ta Dilaunching, Pemkot Parepare Siapkan Layanan Konseling Keluarga dengan Psikolog

Puspaga Peduli Ta Dilaunching, Pemkot Parepare Siapkan Layanan Konseling Keluarga dengan Psikolog

0
Puspaga Peduli Ta Dilaunching, Pemkot Parepare Siapkan Layanan Konseling Keluarga dengan Psikolog
Ketua PKK Parepare Launching Puspaga PeduliTa.

Hadirkan Puspaga Peduli Ta, Pemkot Parepare Siapkan Layanan Konseling Keluarga dengan Psikolog.

Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare kini telah menyediakan layanan konseling keluarga.

Dengan menyediakan ruang untuk berkonsultasi dengan Psikolog. Ruang tersebut disebut ruang Puspaga Peduli Ta’, di Gedung Balai Ainun, Kamis, (23/7/2020).

Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare, Sriyanti Ambar selaku pembina edukator Puspaga Peduli Ta’ mengatakan.

Peran Psikolog dalam layanan ini dapat membantu pemulihan psikis anggota keluarga termasuk anak-anak yang mengalami masalah.

Sehingga dapat mengganggu kesehatan mental atau depresi.Sementara, Konselor Psikolog Puspaga Peduli Ta’ Emilia Mustary menguraikan.

BACA JUGA :   Sahabat HBK Siap Berjuang Menangkan Irman - Zunnun di Pilwalkot Makassar

Peran Puspaga tidak hanya dalam devisi keagamaan dan kesehatan saja, namun sangat penting dalam layanan psikologis.

Kalau saya liat, memang tujuannya Puspaga ini lebih banyak di permasalahan psikologis.

Jadi harus ada konselor atau tenaga psikolog di Puspaga ini. Karena secara tidak langsung kondisi-kondisi keluarga banyak kaitannya dengan akibat dari kondisi psikologis.

Tidak nyaman antara yang satu dengan yang lainnya diantara keluarga, jelas Emiliah.

Puspaga Peduli adalah Wadah

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan berharap, hadirnya Puspaga menjadi salah satu wadah untuk mewujudkan ketahanan keluarga di kota Parepare.

BACA JUGA :   BJ Habibie Nilai Erna Rasyid Taufan Pendakwah yang Konsisten

Jadi diharapkan dengan sosialisasi yang massif, masyarakat Parepare bisa memanfaatkan Puspaga ini untuk sekedar konsultasi dan konseling, serta mencari dan belajar tentang bagaimana berkeluarga yang baik,”tandasnya.

Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Parepare, Sriyanti Ambar menjelaskan, Puspaga Peduli Ta’ hadir sebagai promotif preventif.

Ini untuk peningkatan kualitas ketahanan keluarga khususnya di Parepare dengan menyediakan beberapa devisi layanan untuk keluarga agar bisa diberdayakan.

Di program ini disiapkan beberapa layanan konseling untuk keluarga. Layanan yang dimaksud yaitu terkait devisi pembinaan agama.

Meski begitu harus ada kolaborasi yang nantinya dengan Kemenag serta penyuluh-penyuluh agama yang ada di Kota Parepare agar berjalan sesuai rencana.

BACA JUGA :   BAIN HAM RI Kasus Korupsi dan Pencemaran Lingkungan Jadi Prioritas

Nantinya pula, dalam program ini akan ada devisi pembinaan sosial budaya dan ekonomi lanjut dia, dengan melibatkan PKK dengan organisasi lain, seperti Dinas Sosial dan lain-lain.

Devisi Bidang Kesehatan kita juga akan bekerjasama dengan layanan kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas begitu pun dari PKK.

Selain itu, juga akan bekerjasama dengan Devisi penegakan hukum dan pengamanan, kita libatkan dari Polres dan Satpol PP.

Berikutnya akan ada devisi pemberdayaan masyarakat, nah ini kami melibatkan kader-kader kesehatan, forum kota sehat, dan beberapa masyarakat dan tokoh agama.

Tinggalkan Komentar