Beranda Wisata Puncak Bolangi Gowa Sungguh Memesona

Puncak Bolangi Gowa Sungguh Memesona

0
Puncak Bolangi Gowa Gowa
Keindahan Puncak Bolangi Gowa di Dusun Bolangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Gowa. (Istagram.com/_aizhyyuliana)

Puncak Bolangi Gowa layak diperhitungkan untuk dikunjungi. Ada pulau-pulau kecil yang bisa kita nikmati dan sangat memanjakan hati.

Letak pulau-pulau ini terletak di tengah Waduk Bili-Bili. Berlokasi di Dusun Bollangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang. Kamu bakal bisa dibuatnya terpanah.

Menariknya, udara masih sangat segar di lokasi ini. Tanpa polusi dan tak kalah dengan objek wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Di Puncak Bolangi Gowa ini pula, ada banyak hutan-hutan tropis yang masih sangat hijau. Tumbuh subur. Menjulang tinggi ke angkasa.

Di objek wisata ini pula, kita bisa menyaksikan matahari terbit. Melihatnya, serasa begitu dekat. Seakan bisa menjangkaunya. Meski itu, mustahil.

BACA JUGA :   Es Pala, Minuman Khas Kota Bogor

Lebih serunya lagi, hamparan air yang ada di danau itu begitu tenang. Sangat tenang. Saking tenangnya, rasa-rasanya tak ingin pulang. Apalagi air di danau itu dikelilingi pegunungan hijau. Semakin menambahkan kesejukan hati yang lagi galau.

Sungguh indah. Benar-benar indah. Seindah mantan. Apalagi, danau ini juga dikelilingi dataran-dataran kecil. Kita bisa menjajalnya. Setapak demi setapak.

Letak Geografis Puncak Bolangi Gowa

Puncak Bolangi, berada di lereng Gunung Bolangi dengan ketinggian sekitar 1000-1500 meter di atas permukaan laut.

Jika berada di ibu kota Kabupaten Gowa, Sungguminasa, jaraknya sekitar 17 kilometer. Untuk tiba di Puncak Bolangi tidak sesulit mencapai Puncak Gunung Bawakaraeng.

BACA JUGA :   Launching 1 Juta Masker, Mendagri Tito Karnavian Bakal Hadir di Gowa

Harus berjalan kaki berjam-jam, bahkan memanjat bebatuan pegunungan. Sebut saja, bertaruh nyawa untuk menikmati keindahan alam.

Akses jalan menuju Puncak Bolangi, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Jalanannya sudah diaspal. Hanya sedikit bagian saja yang berlubang.

Waktu tempuh dari Sungguminasa, hanya sekitar 15 menit. Rumah penduduk sekitar cukup ramai. Nuansa khas Bugis-Makassar masih sangat terasa.

Kata warga sekitar, Desa Bolangi awalnya ditempati warga asal Bone. Tetapi kini juga ditempati warga asli Makassar berkat perkawinan.

Jadi jangan heran jika berinteraksi dengan warga sekitar ada yang menggunakan Bahasa Bugis, dan Makassar. Seperti halnya, Harniati (35), yang sudah sangat fasih dengan kedua bahasa daerah itu.

BACA JUGA :   Pilkada Gowa 2020 KPU Jalin Kerjasama dengan Sekda, Ini Janjinya

“Tempat ini selalu ramai. Sudah banyak mi juga penjual dari luar (bukan warga Desa Bolangi) yang datang,” katanya sambil menunjuk pedagang yang keliling menawarkan minuman kepada pengunjung, beberapa waktu lalu.

Puncak Bolangi yang sudah menjadi tempat wisata di Butta Bersejarah julukan Gowa ini, dikelola oleh masyarakat setempat. Sebab, lahannya milik masyarakat. Bukan milik pemerintah. (*)

Sumber : Koran Harian Fajar

Puncak Bolangi yang berlokasi di Dusun Bolangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Gowa.

Istagram.com/_aizhyyuliana

Tinggalkan Komentar