Perbedaan Larutan Elektrolit Mempunyai Pengaruh Dan Elektrolit Lemah

Gambar Gravatar
perbedaan larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah.image
Cafeberita.com – Larutan Elektrolit Kuat dan Elektolit Lemah. Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai daya hantar listrik yang dimiliki oleh larutan elektrolit. Dari tanda-tanda yang ditimbulkan pada pengujian daya hantar listrik , larutan elektrolit kemudian dibedakan menjadi dua kalangan , yakni larutan elektrolit kokoh dan larutan elektrolit lemah. Kedua jenis larutan elektrolit tersebut memiliki beberapa perbedaan fundamental yang sanggup diperhatikan lewat percobaan. Pada peluang ini , Edutafsi akan membahas beberapa perbedaan antara larutan elektrolit kokoh dan larutan elektrolit lemah.

A. Uji Hantaran Listrik

Uji hantaran listrik pada larutan berniat untuk mengenali daya hantar listrik dari beberapa larutan. Dari pengujian tersebut kita sanggup mengenali larutan apa saja yang sanggup menghantarkan listrik atau larutan apa yang tidak sanggup menghantarkan listrik.

Bacaan Lainnya

Melalui pengujian daya hantar listrik pada larutan , kita juga sanggup mengenali larutan apa yang memiliki daya hantar listrik paling elok di antara beberapa larutan. Hal itu sanggup dikenali lewat tanda-tanda yang ditimbulkan oleh masing-masing larutan yang diuji.

Secara garis besar , terdapat dua tanda-tanda yang mengambarkan adanya kesanggupan menghantarkan listrik pada sebuah larutan , yaitu:
1). Timbulnya gelembung gas di dalam larutan
2). Menyalanya lampu indikator.

SUBTOPIK

  • Dapatkah Senyawa Ion dan Kovalen Polar Menghantarkan Arus Listrik?
  • Mengidentifikasi Beberapa Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit
  • Mengidentifikasi Beberapa Sifat Koligatif Larutan
  • Perbedaan Antara Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah
  • Mengidentifikasi Larutan Elektrolit Kuat , Elektrolit Lemah , dan Nonelektrolit

Kedua tanda-tanda di atas ialah tanda-tanda yang ditunjukkan oleh larutan elektrolit , yakni larutan yang sanggup menghantarkan arus listrik. Sedangkan larutan nonelektrolit tidak menyediakan tanda-tanda timbulnya gelembung gas ataupun menyalanya lampu indikator.

Setiap larutan elektrolit juga menyediakan tanda-tanda yang berbeda-beda baik dari sisi jumlah gelembung gas ataupun nyala lampu indikator. Ada larutan elekrolit yang menciptakan banyak gelembung gas dan nyala lampu terperinci ada pula yang menciptakan sedikit gelembung gas dengan nyala lampu redup.

Kedua perbedaan yang sanggup diperhatikan secara eksklusif di dalam percobaan tersebutlah yang menjadi perbedaan fundamental antara larutan elektrolit kokoh dan larutan elektrolit lemah.

B. Perbandingan Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah

Larutan elektrolit yakni larutan yang berisikan zat terlarut berupa zat elektrolit dan zat pelarut lazimnya air. Larutan elektrolit kokoh yakni larutan elektrolit yang sanggup menghantarkan listrik dengan baik walaupun dengan fokus yang relatif kecil.

Sedangkan larutan elektrolit lemah yakni larutan elektrolit yang memiliki daya hantar listrik condong jelek walaupun dengan fokus yang relatif besar. Pada fokus yang serupa , larutan elektrolit kokoh memiliki daya hantar yang lebih baik dibanding elektrolit lemah.

Larutan elektrolit kokoh ialah larutan yang terbentuk dari terlarutnya senyawa elektrolit kokoh dalam pelarut air. Saat dilautkan , senyawa elektrolit kokoh akan terurai tepat membentuk ion konkret (kation) dan ion negatif (anion).

Larutan elektrolit lemah ialah larutan yang terbentuk dari terlarutnya senyawa elektrolit lemah dalam pelarut air. Saat dilarutkan , senyawa elektrolit lemah cuma terurai sebagian sehingga jumlah ion yang dihasilkan tidak sebanyak larutan elektrolit kuat.

Dari ulasan di atas , maka sanggup ditarik beberapa poin yang membedakan larutan elektrolit kokoh dan larutan elektrolit lemah. Perbedaan tersebut sanggup dilihat dari sisi daya hantar listrik , tanda-tanda yang ditimbulkan , dan insiden yang berjalan di dalam larutan.

#1 Daya Hantar Listrik
Dari sisi daya hantar listrik , larutan elektrolit kokoh memiliki daya hantar listrik yang lebih baik ketimbang larutan elektrolit lemah. Larutan elektrolit kokoh ialah penghantar yang bagus sedangkan elektrolit lemah ialah penghantar yang buruk.

#2 Gelembung Gas
Pada percobaan daya hantar listrik , dalam larutan elektrolit kokoh dihasilkan banyak gelembung gas sedangkan pada larutan elektrolit lemah , jumlah gelembung yang dihasilkan lebih sedikit. Jumlah gelembung ini kokoh pada daya hantar listrik.

#3 Nyala Lampu Indikator
Pada percobaan daya hantar listrik , larutan elektrolit kokoh menciptakan nyala lampu indikator yang lebih terperinci sedangkan pada larutan elektrolit lemah , nyala lampunya lebih redup. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah gelembung gas yang ada dalam larutan.

#4 Pembentukan Ion (Ionisasi)
Dalam larutan elektrolit terjadi ionisasi tepat dimana senyawa elektrolit terurai tepat membentuk ion-ion. Sedangkan pada larutan elektrolit lemah , terjadi ionisasi sebagian sehingga jumlah ion yang bergerak bebas lebih minim dibanding elektrolit kuat. 

#5 Derajat Ionisasi
Derajat ionisasi yakni perbandingan antara jumlah zat yang mengion dengan jumlah zat yang dilarutkan. Larutan elektrolit kokoh memiliki derajat ionisasi sama dengan satu (α = 1) sedangkan elektrolit lemah memiliki derajat ionisasi mendekati 1 (0 < α < 1).

Perbedaan larutan elektrolit kokoh dan elektrolit lemah

Dari data penelitian pada tabel di atas , dapatkah anda menyeleksi larutan nomor berapa yang ialah elektrolit kuat? Ya , yang ialah larutan elektrolit kokoh yakni larutan nomor 1.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai perbedaan antara larutan elektrolit kokoh dan elektrolit lemah. Jika postingan ini berfaedah , silahkan bagikan terhadap kawan anda lewat tombol yang tersedia.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog mengenai materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.
Temukan Kursus Bahasa Inggris di Bekasi untuk Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat 1

Salah seorang pakar dan konsultan pendidikan yang kini mengabdikan hidup menjadi guru di pedalaman nun jauh di pelosok Indonesia.

Pos terkait