Penggunaan What Dan Which Dalam Bahasa Inggris

Apa perbe­daan antara kata tanya “what” dan “which” dalam Bahasa Ing­gris? Bagaimana kita menyelek­si kata mana yang hen­dak kita gunakan dalam kali­mat tanya? Kapan kita pakai “what” dan kapan kita pakai “which”? Dan bagaimana merubah kali­mat tanya yang memakai kata what men­ja­di kali­mat tanya yang memakai kata which atau seba­liknya?

Cafeberita.com — pada poten­si kali ini , kita akan bergu­ru bagaimana cara menyelek­si kata tanya apa yang hen­dak kita pakai dalam kali­mat tanya. Apakah kita pakai what atau pakai which.

Bacaan Lain­nya

Fungsi Kalimat Tanya

Sesuai den­gan namanya , kali­mat tanya digu­nakan untuk menanyakan sesu­atu atau untuk mem­inta bal­asan beru­pa klar­i­fikasi akan suatu hal.

Ada beber­a­pa kata yang biasa digu­nakan dalam kali­mat tanya seumpa­ma apa , sia­pa , kapan , di mana , bagaimana , men­ga­pa , dan seba­gainya.

Mas­ing-mas­ing kata tanya mem­pun­yai fungsi tersendiri , begi­t­upu­la hal­nya den­gan kata tanya what dan which. Berikut fungsi dari ked­ua kata tanya terse­but.

#1 Fungsi What

Kata “What” biasanya digu­nakan untuk menanyakan sesu­atu yang sifat­nya gen­er­al atau biasa , yakni yang caku­pan­nya sang­gup sung­guh luas.

Jawa­ban dari per­tanyaan yang memakai kata what juga sang­gup sung­guh beragam alasan­nya yakni tidak ada batas-batas dalam per­tanyaan terse­but.

Beber­a­pa pola kali­mat tanya memakai what:
1). What is your name?
(Sia­pa nama­mu?)

2). What are you think­ing about?
(Apa yang sedang kau fikirkan?)

3). What do you want to do today?
(Apa yang ingin kau lak­sanakan hari ini?)

4). What is your option?
(Apa pil­i­han­mu?)

5). What is she doing right now?
(Apa yang Ia lak­sanakan sekarang?).

Dari keli­ma pola kali­mat tanya di atas , yang men­ja­di materi per­tanyaan yakni sesu­atu yang sifat­nya gen­er­al dan caku­pan­nya luas.

Pada kali­mat per­ta­ma , kita menanyakan nama. Nama yakni sesu­atu yang gen­er­al dan jawa­ban­nya sang­gup sung­guh beragam alasan­nya yakni ada ter­lalu banyak nama di dunia ini.

Begi­tu pula pada kali­mat yang lain , bal­asan untuk per­tanyaan terse­but sang­gup sung­guh beragam alasan­nya yakni yang ditanyakan yakni sesu­atu yang sifat­nya umum.

#2 Fungsi Which

Sama den­gan what , kali­mat tanya which juga sang­gup digu­nakan untuk menanyakan klar­i­fikasi per­i­hal suatu hal , akan tapi sifat­nya lebih spe­si­fik.

Kata “which” biasanya digu­nakan untuk menanyakan sesu­atu yang sifat­nya lebih spe­si­fik dan biasanya dis­er­tai den­gan beber­a­pa pil­i­han jawa­ban.

Kare­na per­tanyaan which biasanya dibatasi den­gan beber­a­pa pil­i­han , maka bal­asan atas per­tanayaan yang memakai which jauh lebih sem­pit.

Beber­a­pa pola kali­mat tanya memakai which:
1).Which col­or do you pre­fer , red or yel­low?
(war­na apa yang lebih kau suka , mer­ah atau kun­ing?)

2). Which movie do you want to watch , Malef­i­cent 2 or The Lion King?
(Film apa yang ingin kau ton­ton , Malef­i­cent 2 atau The Lion King?).

3). Which book do you want to bor­row , the red or the black one?
(Buku mana yang ingin kau pin­jam , yang mer­ah atau yang hitam?)

Dari keti­ga pola kali­mat tanya di atas , sang­gup Sobat Tafsi lihat bah­wa kata tanya which dalam kali­mat terse­but menanyakan sesu­atu yang sifat­nya spe­si­fik.

Per­hatikan bah­wa pada keti­ga pola di atas , kali­mat tanyanya dilengkapi den­gan dua pil­i­han bal­asan yang spe­si­fik.

Pada pola per­ta­ma , per­tanyaan dibaren­gi den­gan pil­i­han bal­asan yakni red or yel­low. Makara , per­tanyaan­nya lebih spe­si­fik antara war­na mer­ah atau kun­ing.

Hal yang sama juga sang­gup kita lihat pada pola lain­nya. Jawa­ban untuk keti­ga per­tanyaan di atas sung­guh spe­si­fik atau ter­batas pada pil­i­han yang ditanyakan.

Baca juga : Apa Beda “Will” dan “Be going to”?

Kapan Pakai What atau Which?

Pada klar­i­fikasi di atas , Sobat Tafsi sudah menyak­sikan den­gan terang bagaimana perbe­daan fungsi antara what dan which dalam kali­mat tanya.

Lalu , bagaimana cara menyelek­si kata mana yang mesti kita gunakan dalam kali­mat tanya? kapan kita pakai what dan kapan kita pakai which?

Untuk menyelek­si kata mana yang kita gunakan , kita sang­gup menyak­sikan ide atau wangsit yang diba­has apakah sifat­nya biasa atau spe­si­fik.

#1 Penggunaan What

Berdasarkan ulasan yang sudah dit­erangkan di atas , kita sang­gup memakai kata tanya what , apa­bi­la hal yang kita tanyakan yakni :
1). Gen­er­al idea (hal yang umum)
2). Wide (luas caku­pan­nya).

Jadi , apa­bi­la sesu­atu yang ingin kita tanyakan yakni sesu­atu yang bersi­fat gen­er­al atau biasa dan memi­li­ki caku­pan yang luas , maka kita sang­gup gunakan kata “what”.

Selain itu , kata what juga sang­gup kita gunakan apa­bi­la kita menghen­da­ki klar­i­fikasi atau bal­asan yang beragam atau jawa­ban­nya tidak dibatasi.

#2 Penggunaan Which

Seba­liknya , kita sang­gup memakai kata tanya which dalam kali­mat tanya , apa­bi­la hal yang ingin kita tanyakan yakni :
1). Spe­sif­ic idea (hal yang spe­si­fik)
2). Lim­it­ed (ter­batas caku­pan­nya).

Jadi , apa­bi­la sesu­atu yang ingin kita tanyakan yakni sesu­atu yang sifat­nya khusus atau spe­si­fik dan caku­pan­nya ter­batas , maka kita sang­gup gunakan kata “which”.

Poin pent­ing yang per­lu dia­mati dari peng­gu­naan kata tanya which yakni pem­bat­asan bal­asan dalam per­tanyaan itu sendiri.

Jadi , apa­bi­la kita ingin memakai kata which dalam kali­mat tanya , maka ide­al­nya kali­mat tanya itu mesti diserati den­gan dua atau lebih pil­i­han jawa­ban.

Mengubah Kalimat Tanya What — Which

Kare­na kata tanya what dan which mem­pun­yai fungsi yang nyaris sama , maka kita sang­gup merubah suatu kali­mat tanya dari ked­ua kata terse­but.

Berikut suatu pola kali­mat tanya memakai what:
1). What is your favourite food?
(Apa makanan kesukaan­mu?)

Jika diubah memakai kata which , maka kali­mat­nya sang­gup men­ja­di:
2). Which food do you pre­fer , sate or lon­tong?
(Makanan apa yang lebih kau suka , sate atau lon­tong?)

kapan pakai what dan which?

Berikut suatu pola kali­mat tanya memakai which:
3). Which class do you pre­fer , music or art?
(Kelas apa yang lebih kau suka , musik atau seni?)

Jika diubah memakai kata what , maka kali­mat­nya sang­gup men­ja­di:
4). What is your favourite class?
(Apa kelas kesukaan­mu?).

Demikian pem­ba­hasan singkat per­i­hal perbe­daan peng­gu­naan what dan which dalam kali­mat tanya bahasa Ing­gris yang sang­gup edutafsi bagikan.

Baca juga : Kapan pakai “to” atau “for”?

Jika materi bergu­ru ini berhar­ga buat Sobat Tafsi , ban­tu kami mem­bagikan­nya ter­hadap teman-teman Kalian lewat share sosial media yang kalian pun­ya.

Share ke Face­book »Share ke Twit­ter »
Cafeberita.com yakni blog wacana materi bela­jar. Gunakan Kolom Search atau pen­car­i­an untuk mener­i­ma materi bergu­ru yang ingin dipela­jari.

Pos terkait