spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pengetian Label/Usaha Sangat Penting Diketahui

Pengertian label/Usaha sangat penting untuk dipehatikan. Kedua kata ini adalah ciri khas atau sebuah brand atau juga gaya serta merek dari dagang yang saat ini kita bangun. Jadi jangan sampai disepelekan.

Sebaiknya cari tahu juga mengenai pengertian label makanan, contoh label makanan, contoh label, label produk, label makanan bahasa inggris, label kertas, label dalam bahasa inggris, label obat

Pengetian Label/Usaha Sangat Penting Diketahui

Pemahaman, Peranan, Tipe dan Ketetapan Label Produk

Label adalah sisi dari produk berbentuk info baik gambar atau kalimat yang berperan untuk sumber info produk dan penjual. Label biasanya berisi info berbentuk nama atau merk produk, bahan baku, bahan tambahan formasi, info nutrisi, tanggal lewat waktu, isi produk dan info validitas.

Ketetapan berkenaan pemberian label pada produk ditata dalam Undang-undang Nomor tujuh tahun 1996 mengenai pangan. Label pangan ialah tiap info berkenaan pangan yang berupa gambar, tulisan, gabungan ke-2 nya, atau wujud yang lain diikutkan pada pangan, ditempatkan ke, ditempelkan pada, atau sebagai sisi paket.

Berikut beberapa pemahaman dan pengertian label atau usaha dari sejumlah sumber buku:

  1. Menurut Marinus (2002:192), label sebagai satu sisi dari sebuah produk yang bawa info verbal mengenai produk atau penjualnya.
  2. Menurut Kotler (2000:477), label ialah penampilan simpel pada produk atau gambar yang direncanakan dengan sulit yang disebut satu kesatuan dengan paket. Label dapat cuma memberikan merk atau info.
  3. Menurut Tjiptono (1997:107), label sebagai sisi dari satu produk yang sampaikan info tentang produk dan penjual. Sebuah label biasa sebagai sisi dari paket, atau dapat juga sebagai etiket (pertanda pengenal) yang dicantelkan pada produk.
  4. Menurut Swasta (1984:141), label yakni sisi dari sebuah barang yang berbentuk info (kalimat) mengenai barang itu atau penjualnya . Maka, sebuah label itu kemungkinan sebagai sisi dari pembungkusnya, atau sebagai satu etiket yang tertempel langsung di suatu barang.

Peranan dan TUjuan Label

Label bukan cuma untuk alat penyampai info, tetapi berperan sebagai iklan dan branding sebuah produk. Menurut Kotler (2000:478), peranan label ialah seperti berikut:

  • Label mengenali produk atau merk.
  • Label tentukan kelas produk.
  • Label memvisualisasikan banyak hal berkenaan produk (siapa pembikinnya, di mana dibikin, kapan dibikin, apa didalamnya, bagaimana memakainya, dan bagaimana memakai secara aman).
  • Label mempromokan produk melalui bermacam gambar yang memikat.

Adapun arah label ialah seperti berikut:

  1. Memberikan info mengenai isi produk yang dikasih label tak perlu buka paket.
  2. Berperan sebagai fasilitas komunikasi produsen ke customer mengenai beberapa hal yang harus dipahami oleh customer mengenai produk itu, khususnya beberapa hal yang nyata atau tidak dikenali secara fisik.
  3. Memberikan panduan yang pas pada customer sampai didapat peranan produk yang optimum.
  4. Fasilitas advertensi untuk produsen.
  5. Memberikan perasaan aman untuk customer.

Beberapa jenis Label

Menurut Marinus (2002:192), ada tiga type label berdasar perannya, yakni seperti berikut:

  1. Merek label ialah pemakaian label yang hanya dipakai sebagai merek.
  2. Grade label ialah label yang memperlihatkan tingkat kualitas tertentu dari satu barang. Label ini dipastikan dengan satu tulisan atau kalimat.
  3. Label Preskriptif (Descriptive Label) ialah info obyektif mengenai pemakaian, konstruksi, perawatan performa dan cirri-ciri lain dari produk.

Dan menurut Simamora (2000:502), label dikelompokkan jadi beberapa macam, yakni seperti berikut:

  1. Label produk (product label) ialah sisi dari pengepakan sebuah produk yang memiliki kandungan info tentang produk atau pemasaran produk.
  2. Label merk (merek label) ialah nama merk yang ditempatkan pada pengepakan produk.
  3. Label tingkat (grade label) mengenali kualitas produk, label ini dapat terbagi dalam huruf, angka atau sistem lainnya untuk memperlihatkan tingkat kualitas dari produk tersebut.

Label preskriptif (descriptive label) memvisualisasikan isi, penggunaan dan beberapa ciri produk. Pemberian label (labeling) sebagai komponen produk yang penting yang pantas mendapat perhatian cermat dengan arah untuk menarik beberapa customer.

Ketetapan dan Ketentuan Label

Berdasar Ketentuan Pemerintahan Nomor 69 tahun 1999 mengenai label dan iklan pangan, label produk sekurangnya berisi nama produk, berat bersih atau isi bersih, dan nama dan alamat faksi yang menghasilkan atau masukkan pangan ke daerah Indonesia.

Nama Produk Pangan. Pada tiap produk pangan ada nama produk. Nama produk pangan itu memberi info berkenaan identitas produk pangan yang memperlihatkan karakter dan kondisi produk pangan yang sebetulnya. Untuk produk pangan yang telah ada dalam Standard

Nasional Indonesia pemakaian nama produk jadi memiliki sifat harus.

Info Bahan yang Dipakai dalam Pangan. Info ini diurutkan berbahan yang terbanyak dipakai terkecuali vitamin, mineral dan zat menambah nutrisi yang lain.

Bahan tambahan pangan atau pengawet yang dipakai harus juga tercantum. Pengakuan berkenaan bahan yang dipertambah, diperkaya, atau difortifikasi harus juga tercantum sepanjang itu betul dilaksanakan di proses produksi dan tidak menyimpang.
Berat Bersih Atau Isi Bersih Pangan.

Berat bersih atau isi bersih menjelaskan jumlah produk pangan yang ada dalam paket produk itu. Info itu dipastikan dalam unit metrik seperti gr, kg, liter atau mililiter. Untuk produk makanan padat dipastikan dalam ukuran berat, produk makanan cair dipastikan dalam ukuran isi dan produk makanan semi padat atau kental dipastikan dalam ukuran isi atau berat.

Nama dan Alamat Pabrik Pangan. Info berkenaan nama dan alamat pabrik pada produk pangan berisi info berkenaan nama dan alamat faksi yang menghasilkan, masukkan dan mengedarkan pangan ke daerah Indonesia. Untuk nama kota, code pos dan Indonesia tercantum di bagian khusus label dan nama dan alamat tercantum dalam sisi info.

Tanggal Lewat waktu Pangan. Tiap produk pangan memiliki info lewat waktu yang tertera pada label pangan. Info lewat waktu yakni batasan akhir satu pangan ditanggung kualitasnya sejauh penyimpanannya ikuti panduan yang diberi oleh produsen. Info lewat waktu tercantum terpisah dari tulisan “Baik Dipakai Saat sebelum” dan dibarengi dengan panduan tempat pencantuman tanggal lewat waktu.

Nomor Registrasi Pangan. Dalam soal peredaran pangan, pada label pangan itu harus memberikan nomor registrasi pangan. Adapun pertanda yang diberi untuk pangan yang dibuat baik dalam negeri atau yang ditempatkan ke daerah Indonesia ialah pertanda MD untuk pangan olahan yang dibuat dalam negeri dan pertanda ML untuk pangan olahan yang ditempatkan ke daerah Indonesia.

Code Produksi Pangan. Code produksi yang diartikan ialah code yang bisa memberi keterangan berkenaan kisah satu produksi pangan yang diolah pada keadaan dan saat yang sama. Code produksi itu dibarengi dengan atau tanggal produksi. Tanggal produksi yang diartikan ialah tanggal, bulan dan tahun pangan itu diproses.

Pemakaian atau Penyuguhan dan Penyimpanan Pangan. Info mengenai panduan pemakaian dan atau panduan penyimpanan tercantum pada pangan olahan yang membutuhkan persiapan saat sebelum dihidangkan atau dipakai.

Disamping itu, langkah peyimpanan sesudah paket dibuka harus juga tercantum pada pangan paket yang mustahil dimakan dalam 1x makan.

Selanjutnya pada pangan yang membutuhkan anjuran penyuguhan atau anjuran pemakaian bisa memberikan gambar bahan pangan yang lain yang sama sesuai dan dibarengi dengan tulisan “anjuran penyuguhan”.

Daftar Pustaka

  • Marinus, Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
  • Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
  • Swastha, Basu. 1984. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
  • Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.
admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles