spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pengertian Morfologi dan Contohnya

Kali ini CAFEBERITA.COM akan mengulas secara singkat mengenai: Pengertian Morfologi dan Contohnya, pengertian morfologi menurut para ahli, contoh kalimat morfologi, pengertian morfologi dalam biologi, contoh kata morfologi, proses morfologis dan contohnya, contoh morfologi linguistik, jenis-jenis morfologi, materi kuliah morfologi bahasa indonesia

Pengertian morfologi dan contohnya

Pengertian Morfologi Menurut Pakar

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Pengertian Morfologi dan Contohnya maka Berikut ini pengertian Morfologi menurut beberapa pakar, diantaranya.

1). Mulyana (2007:5)

Mulyana mengatakan jika istilah “morfologi” datang dari bahasa Inggris morphology, maknanya cabang ilmu bahasa yang pelajari formasi gramatikal atau beberapa bagian kata. Dulu pengetahuan ini lebih dikenali dengan morphemics, yakni pengetahuan yang pelajari mengenai morfem. Tetapi bersamaan dengan perubahan dan dinamika bahasa, istilah yang selanjutnya lebih terkenal ialah morfologi.

2). Verhaar (1996: 97)

Morfologi ialah cabang ilmu bahasa yang mengenali unit dasar bahasa sebagai unit gramatikal, dan Samsuri (1988: 15), mendeskripsikan morfologi sebagai cabang ilmu bahasa yang pelajari susunan dan wujud kata.

3). Rusmajo

Seterusnya Rusmajo ikut mendeskripsikan morfologi, yaitu sebagai ulasan mengenai kata, bagian-bagiannya, dan proses pembangunan kata.

4). O’Grady dan Dobrovolsky

Morfologi ialah elemen bahasa generatif alih bentukonal yang secara eksklusif mengulas susunan intern kata, khususnya kalimat yang kompleks.

5). Nida (1974: 1)

Morfologi sebagai pengetahuan yang pelajari morfem dan formasi morfem dalam rencana pembangunan kata diartikan oleh Nida

6). J.W.M. Verhaar

J.W.M. Verhaar memberi pengetahuan jika morfologi sebagai salah satunya cabang linguistic. Di mana pengetahuan ini mengenali unit dasar bahasa sebagai unit gramatikal tulisan.

7). Ramlan

Pengetahuan mengenai morfologi menurut Ramlan, yakni sisi ilmu bahasa yang secara eksklusif mengulas mengenai susunan kata dan dampak peralihan susunan kata pada arti kata.

8). Nida (dalam Syahwin Niclass; 1993)

Opini Nida, jika morfologi ialah pengetahuan yang pelajari morfem dan formasi morfem dalam pembangunan kata.

Berdasar beberapa pengertian di atas, dapat kita ambil satu ringkasan jika proses morfologis ialah proses pembangunan kata dari wujud dasar jadi kata baru. Tidak lain salah satunya mencakup proses afiksasi, proses perulangan dan proses pemajemukan.

Proses Morfologis

Ada banyak pengertian mengenai proses morfologis, satu diantaranya merurut Sudaryanto (1992:15) yang menerangkan jika proses morfologis ialah proses perubahan kata dengan teratur atau kedisiplinan perubahan dengan memakai alat yang serupa.

Hingga memunculkan elemen arti baru pada kata yang diubah, kata baru yang dibuat memiliki sifat polimorfemik. Seterusnya, Ramlan (1987:51) mengatakan jika proses morfologis ialah proses pembangunan kata dari unit yang lain sebagai wujud dasarnya.

Selanjutnya disokong dengan opini Samsuri (1988: 190) yang mengatakan jika proses morfologis adalah sebagai langkah pembangunan kata dengan menyambungkan morfem keduanya. Proses morfologis pasti berlaku untuk tiap bahasa.

Cabang Pengetahuan yang Memakai Nama Morfologi

Sesudah pahami pengertian dari morfologi, baru kita mengetahui jika ada banyak cabang pengetahuan yang kenyataannya memakai nama morfologi. Berikut sejumlah pengetahuan yang memakai nama morfologi salah satunya yakni:

1). Morfologi ilmu bahasa, sebagai sektor ilmu bahasa yang pelajari pembangunan kata atau morfem pada suatu bahasa.

2). Morfologi biologi, sebagai pengetahuan yang pelajari mengenai wujud organisme terutamanya hewan dan tumbuhan.

3). Geomorfologi, sebagai pengetahuan yang pelajari bebatuan dan beberapa bentuk luar bumi.

Contoh Morfologi

Pasti sesudah ketahui macam detil berkenaan morfologi, sebagai pertanyaan ialah contoh morfologi tersebut. Karena itu, berikut kami suguhkan dua contoh morfologi:

1). Contoh morfologi pada hewan

Beragam hewan yang ada dari muka bumi ini mempunyai langkah adaptasinya masing-masing karena menyesuaikan dengan lingkungan komunitasnya. Salah satunya contoh morfologi yang ada pada hewan ialah morfologi belalang.

Belalang ialah semacam serangga pemakan tumbuhan. Belalang mempunyai sepasang antena, dua mata majemuk dan warna coklat. Belalang mempunyai dua pasang sayap depan yang lebih sempit dari sayap belakangnya.

2). Contoh dalam tumbuhan

Bukan hanya pada hewan, morfologi sebagai cabang pengetahuan yang mempelajari wujud – wujud tumbuhan. Sudah pasti, hewan dan tumbuhan mempunyai karakter yang lain.

Tumbuhan hidup di beberapa tempat dimulai dari yang kering, berair sampai lembab. Sudah pasti tumbuhan menyesuaikan sesuai rumahnya.

Contoh gampangnya ialah kaktus yang wujud daunnya berduri. Ini karena perkembangan kaktus ada di lokasi yang kering. Disamping itu, akar kaktus panjang yang mempunyai peranan agar bisa cari air dalam tanah.

Begitu artikel kami berkenaan pengertian morfologi menurut pakar, komplet dengan proses, cabang pengetahuan bernama morfologi dan contohnya.

Mudah-mudahan pembahasan kami bisa menolong, terutamanya menambahkan wacana kamu berkenaan morfologi. Terima kasih telah bertandang.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles