spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli dan Cabang

Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dibeberkan sejumlah pengertian fonologi menurut para ahli. Pengertian yang dibeberkan memiliki makna yang tak jauh berbeda.

Sebaiknya cari tahu hanya di cafeberita mengenai hakikat fonologi, perbedaan fonetik dan fonologi, bahasa sebagai bunyi, pengertian fonem menurut para ahli,pengertian fonetik menurut para ahli, pengertian fonologi dan contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Fonologi adalah ilmu yang membahas tentang bunyi suara. Utamanya terkait sejarah dan teori dari perubahan bunyi.

Baca Juga: Pengertian Fonologi Menurut Beberapa Ahli

  • Kridalaksana (2002)

Menurut Kridalaksana fonologi adalah bidang linguistik yang membahas terkait macam-macam bunyi bahasa berdasarkan pada fungsinya.

  • Abdul Chaer (2003:102)

Menurut Abdul Chaer, secara etimologi fonologi itu terbagi atas dua kata, yaitu “fon”  dan logi. Fon berarti bunyi sedangkan logi artinya ilmu.

Maka, Fonologi adalah ilmu yang membahas mengenai bunyi bahasa yang dipakai oleh manusia.

  • Verhaar (1984 : 36)

Fonologi adalah ilmu linguistik yang mempelajari bunyi suatu bahasa agar bisa menjadi pembeda antara makna leksikal suatu bahasa.

  • Keraf (1984 : 30).

Fonologi adalah bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa.

Baca Juga: Macam-Macam Bahasa dan Perkembangan Bahasa

Fromkin dan Rodman

Fonologi adalah ilmu linguistik yang mempelajari, mengamati,  dan mengalisa tentang tata bunyi bahasa.

  • Trubetzkoy

Fonologi adalah ilmu yang mempelajari bahasa mengenai sistemnya, organisasinya serta fungsi linguistis bahasa.

  • Daniel Jones

Fonologi adalah ilmu lingustik yang mengkaji tentang sistem bunyi sebuah bahasa.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian fonologi. Tentunya dari sejumlah pengertian di atas masih ada beberapa pengertian lainnya. Meski begitu, terkait maknanya nyaris semuanya sama dan membahas mengenai bahasa itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan fonologi?

Fonologi yakni cabang pengetahuan bahasa (ilmu bahasa) yang mengulas bunyi-bunyi bahasa, proses terciptanya serta perubahannya. Fonologi mengulas bunyi bahasa secara umum serta fungsional.

Apa itu fonologi serta contohnya?

Menurut arti fonologi yakni bagian dari pengetahuan bahasa yang pelajari bunyi bahasa secara umum. Mengenai contoh fonologi yakni : Kata pola yang membedakan /o/ serta /u/ juga.

Apa yang dimaksud dengan fonologi fonetik dan fonemik?

Fonologi berlainan dengan fonetik. Dengan kata lain, fonetik yakni sisi fonologi yang pelajari langkah menghasilkan bunyi bahasa atau bagaimana suatu bunyi bahasa dibuat oleh alat ucap manusia. Sedangkan, Fonemik yakni sisi fonologi yang pelajari bunyi ujaran menurut perannya menjadi pembanding arti.

Kajian fonologi mempelajari apa saja ?

Dalam makna luas, fonologi pelajari bunyi-bunyi bahasa baik bunyi-bunyi umum atau pembeda makna. Dalam makna luas, fonologi mencangkup analisis fonetik serta fonemik.

Apa yang dimaksud dengan fonologi dan morfologi?

Fonologi ke bahasa Arab disebutkan Pengetahuan al-Ashwat adalah cabang ilmu bahasa yang menjabarkan terkait lambang bunyi bahasa berdasar pada perannya. Morfologi disebutkan dengan Pengetahuan Shorof yakni pengetahuan yang mengulas terkait beberapa jenis serta proses penciptaan kata dalam sebuah bahasa.

Apa itu aspek fonologis?

Ilmu bahasa yakni sektor ilmu bahasa yang pelajari, menganalisa, serta mengulas runtutan bunyi-bunyi bahasa . Sehingga, fonologi yakni sisi dari pengetahuan bahasa yang pelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles