spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Tentang Tajuk Rencana

Cafeberita.com – Tajuk Rencana. Pembahasan soal cobaan nasional bidang studi Bahasa Indonesia wacana tajuk planning untuk tingkat menengah atas. Tajuk planning ialah karya tulis semi ilmiah yang dibentuk oleh pemimpin redaksi atau editor terhadap gunjingan pokok yang dibahas dalam suatu surat kabar. Tajuk planning biasanya berupa goresan pena pendek berisi opini dan biasanya diangkut di surat kabar. Tajuk planning ditujukan untuk menampilkan persepsi terhadap penduduk terhadap suatu gunjingan yang tengah hangat diperbincangkan. Pada peluang ini , edutafsi akan membahas beberapa soal wacana tajuk planning yang pernah keluar dalam cobaan nasional bahasa Indonesia selaku citra bagi murid untuk menghadapi cobaan nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Masalah yang Dibahas dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian meraih 39 ,5 milyar dan menelan korabn 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati suatu surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya , Jakarta tidak seumpama kota metropolitan yang selama ini megah dalam sinetron.

Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor , orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang menghasilkan kerusakan yakni orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan menghasilkan villa dan hotel di Puncak.

Masalah yang diungkapkan dalam tajuk planning tersebut yakni ….
A. Banjir melanda Jakarta sehingga membuat banyak kerugian
B. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron
C. Banjir yang melanda Jakarta yakni kiriman dari Bogor
D. Masyarakat Jakartlah yang menghasilkan kerusakan
E. Orang Jakarta menggusur petani dan menghasilkan vila di Puncak.

Pembahasan :
Sama seumpama paragraf atau karangan kebanyakan , di dalam suatu tajuk planning juga terdapat suatu ide utama yang menjadi pokok pembahasan. Umumnya , pokok pembahasan dalam suatu tajuk planning yakni suatu urusan yang tengah hangat diperbincangkan. Pokok pembahasan itu sanggup ditarik kesimpulan menurut isi tajuk planning secara keseluruhan atau dengan menyaksikan kalimat yang ialah kalimat utama dalam tajuk tersebut.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia wacana tajuk rencana

Tajuk planning di atas membahas mengenai banjir yang melanda Jakarta sementara waktu yang lalu. Penulis tajuk memaparkan bagaimana kondisi dan akhir yang ditimbulkan oleh banjir tersebut serta mengulas beberapa argumen terkait penyebab banjir. Makara , urusan yang diungkapkan dalam tajuk planning tersebut yakni banjir melanda Jakarta sehingga membuat banyak kerugian.

Jawaban : A

Soal 2 : Menentukan Keberpihakan Penulis pada Tajuk Rencana

Bacalah kutipan tajuk planning berikut ini dengan seksama!
Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk meminimalisir kemacetan , akan dikeluarkan hukum pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seumpama jalan Thamrin dan jalan Sudirman , pada jam-jam tertentu.

Untuk uji coba , Pemprov memutuskan jalan yang sejajar dengan jalur koridor I busway (Blok M-Kota). Selain sanggup meminimalisir kemacetan , pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diperlukan sanggup meminimalisir volume sepeda motor yang pertumbuhannya makin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diperlukan bisa meminimalisir tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun , kita juga mengingatkan agar banyak sekali kebijakan yang mau dipraktekkan mesti dikaji lebih teliti dan mendalam agar tidak membuat ekses-ekses yang justru sanggup membuka problem baru.

Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan di atas yakni ….
A. Pemerintah pusat
B. Pemprov DKI
C. Pejalan kaki
D. Pengendara motor
E. Pengguna busway

Pembahasan :
Keberpihakan penulis ialah kecenderungan penulis untuk menampilkan bantuan pada pihak mana yang diungkapkan dalam suatu tajuk rencana. Keberpihakan penulis dalam suatu tajuk planning biasanya tergambar dari beberapa kalimat yang ada dalam tajuk tersebut , dan biasanya itu bermitra dengan topik yang dibahas. Dari kalimat ataupun argumen yang digunakan penulis maka sanggup dilihat kemana penulis tersebut lebih berpihak.

Kutipan tajuk planning di atas membahas mengenai upaya Pemprov DKI dalam meminimalisir kemacetan di ibu kota. Pada kalimat pertama , penulis menyampaikan bahwa “Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan”. Kalimat tersebut menampilkan adanya bantuan atau kecenderungan penulis berpihak pada pemprov DKI.

Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Pihak yang Tuju dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut dengan seksama!
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan selaku penentu garis kemiskinan. Oleh lantaran itu , pemerintah berkepentingan mempertahankan harga pangan senantiasa stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya yakni menegaskan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang mesti diusahakan dari bikinan dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri yakni menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri menampilkan lapangan kerja di desa dan kota lewat acara di ladang hingga industri pengolahan.

Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk planning di atas yakni ….
A. Perusahaan
B. Pengimpor
C. Pemerintah
D. Masyarakat
E. Pedagang

Pembahasan :
Untuk memutuskan pihak yang dituju oleh redaksi dalam suatu tajuk planning , maka perlu diamati apa isi atau pokok bahasan yang dibicarakan. Pada tajuk planning di atas , yang menjadi pokok bahasan yakni jadwal Presiden untuk menegaskan adanya cadangan beras lewat bikinan dalam negeri selaku langkah mempertahankan harga pangan tetap stabil.

Salah satu kunci dalam memutuskan pihak yang dituju antaralain pihak yang dituju sering menjadi pokok obrolan atau pembahasan. Pada tajuk planning di atas , pihak yang paling kerap dibahas yakni pemerintah dan Presiden. Makara , secara lazim , pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk planning di atas yakni pemerintah.

Jawaban : C

Soal 4 : Menentukan Isi Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Sejak pertama kali tragedi gempa bumi dan tsunami melanda Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara , 26 Desember 2004 , kita lihat besarnya kepedulian masyarakat. Tanpa ada yang mengomando , penduduk berbondong-bondong menampilkan pinjaman , baik dalam bentuk duit , barang , dan juga tenaga.

Lalu apa yang mesti ditangani pemimpin nasional menyaksikan kondisi yang begitu baik ini? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selayaknya tampil menyodorkan suatu pidato nasional yang minta dipancarkan oleh seluruh stasiun televisi dan radio untuk mengucapkan terimakasih terhadap seluruh bangsa ini.

Kita tidak cuma mesti berterimakasih terhadap bangsa abnormal yang menampilkan pinjaman , tapi juga terhadap bangsa sendiri. Sejak 26 Desember kemudian , seluruh rakyat sudah menampilkan solidaritas yang sungguh luar biasa.

Setelah tiga ahad lebih hal itu berjalan kita belum mendengar apresiasi pimpinan Negara terhadap bangsa ini. Padahal , sekali lagi mereka patut menjalankan itu , lantaran secara pribadi mereka menampilkan bahwa kita masih berada dalam satu keluarga besar , bangsa Indonesia.
(Tajuk planning , kompas 20 Januari 2005).

Isi dari tajuk planning di atas yakni ….
A. Penulis merasa gembira terhadap bangsa Indonesia yang sudah menolong korban gempa bumi dan tsunami tanpa dikomandoi.
B. Bangsa Indonesia sudah menolong korban gempa bumi dan tsunai Aceh dan Sumatera Utara tanggal 26 Desember 2004 degan semangat sukarela.
C. Penulis menginginkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terimakasih terhadap Bangsa Indonesia yang sudah menolong korban tsunami.
D. Presiden sudah mengucapkan terimakasih terhadap bangsa Indonesia yang sudah menolong korban gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004.
E. Bangsa Indonesia mesti mengambil hikmah dari petaka gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan Sumatera Utara.

Pembahasan :
Jika dibaca selacar keseluruhan , maka isi dari tajuk planning di atas yakni impian penulis agar sekiranya presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi perilaku bangsa Indonesia dan berterimakasih lantaran bangsa Indonesia secara sukarela menolong korban gempa bumi dan tsunami tanpa mesti dikomandoi. Pada paragraf terakhir tersirat ketidakpuasan penulis lantaran apresiasi dari pemerintah terhadap bangsa sendiri belum ditunjukkan.

Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Kesimpulan Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Memang tidak disangkal honor PNS sangatlah rendah. Inilah yang menghasilkan pemerintah sulit untuk memacu produkstivitasnya. Sebaliknya untuk mengoptimalkan secara signifikan honor PNS , budget yang diperlukan sungguh besar lantaran jumlahnya yang meraih 3 ,6 juta. Untuk menampilkan honor ke-13 saja pemerintah mesti menawarkan dana Rp 7 ,6 triliyun.

Jawaban untuk keluar dari problem ini tidak dapat lain kecuali menjalankan reformasi birokrasi , utamanya rasionalisasi jumlah PNS alasannya jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan.

Dengan adanya rasionalisasi , pemerntah niscaya akan memiliki kesanggupan untuk memperbaiki metode gaji. Bukan cuma itu , pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan metode reward and punishment.

Simpulan isi cuilan tajuk planning di atas yakni ….
A. Agar sanggup mengoptimalkan honor PNS secara signifikan , pemerintah perlu menjalankan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.
B. Pemerintah memperoleh kesusahan untuk mengoptimalkan honor PNS lantaran jumlahnya terlalu banyak.
C. Untuk menampilkan honor ke-13 saja pemerintah membutuhkan dana hingga 7 ,6 triliyun.
D. Dengan rasionalisasi jumlah PNS pemerintah akan bisa memperbaiki metode honor PNS.
E. Pemerintah semestinya sanggup menerapkan metode reward and punishment terhadap PNS.

Pembahasan :
Tajuk planning di atas mengangkat gunjingan mengenai rendahnya honor PNS. Salah satu penyebabnya yakni lantaran jumlah PNS sungguh banyak melampaui jumlah yang dibutuhkan. Dalam tajuk tersebut , kemudian penulis menampilkan suatu proposal berupa reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS. Makara , kesimpulan dari tajuk planning di atas yakni pemerintah perlu menjalankan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS agar sanggup mengoptimalkan honor PNS secara signifikan.

Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal cobaan nasional bahasa Indonesia wacana tajuk rencana. Untuk pembahasan soal serupa anda sanggup menyaksikan pada hidangan cobaan nasional atau hidangan Bahasa Indonesia. Jika pembahasan soal cobaan nasional ini berharga , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda lewat tombol share yang tersedia di bawah ini.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan hidangan atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles