spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah

Cafeberita.com – Makna Kata dan Istilah. Pembahasan soal cobaan nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana makna kata dan ungkapan untuk tingkat menengah atas. Selain mempelajari mengenai tata kalimat , dalam bahasa Indonesia juga dipelajari tata makna. Tata makna sendiri ialah kajian khusus mengenai makna atau arti dari kata dan penggunaan kata dalam kalimat. Secara lazim dimengerti berbagai jenis makna kata menyerupai makna leksikal , makna gramatikal , makna denotasi , makna konotasi , dan sebagainya. Pada peluang ini , edutafsi akan membahas beberapa soal wacana makna kata dan ungkapan yang pernah keluar dalam cobaan nasional tahun-tahun sebelumnya. Semoga sanggup menampilkan citra bagi murid untuk merencanakan diri.

Soal 1 : Menentukan Makna Lugas

Cermatilah penggunaan kata dalam kalimat karya tulis berikut ini!
Penulis tergelitik hatinya untuk menjalankan observasi iklim organisasi di sekolah berikut.
Makna lugas untuk menganti golongan kata yang tercetak miring di atas yakni …
A. Terkesan
B. Tertarik
C. Terpanggil
D. Terpaksa
E. Tersentuh

Pembahasan :
Secara garis besar , makna kata sanggup dibedakan menjadi dua jenis , yakni makna denotasi dan makna konotasi. Makna konotasi yakni makna lugas (makna sebenarnya). Makna ini bersifat apa adanya , dan cuma satu alternatif. Sedangkan makna konotasi yakni makna kiasan atau ungkapan idiomatis yang bersifat relatif terhadap konteksnya dan membutuhkan banyak sekali penafsiran.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia wacana makna kata

Kelompok kata yang tercetak miring pada paragraf di atas , yakni “tergelitik hatinya” ialah kata memiliki arti konotasi atau bukan makna sebenarnya. Kata tersebut menampilkan bahwa penulis merasa kesengsem untuk menjalankan penelitian. Dengan demikian , makna lugas yang sempurna untuk mengambil alih golongan kata yang memiliki arti kiasan tersebut yakni tertarik.

Jawaban : B

Soal 2 : Menentuan Makna Lambang Suatu Kata

Bacalah puisi berikut ini denga seksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil 
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi abang yang ditembak mati
siang tadi”

Makna lambang kata “pita hitam” dalam puisi tersebut yakni tanda ….
A. Bersedih
B. Berduka
C. Berdoa
D. Bermohon
E. Berharap

Pembahasan :
Makna lambang ialah suatu makna yang dilambangkan atau digambarkan oleh suatu kata atau golongan kata. Biasanya makna lambang tersebut ialah tanda atau citra suasana yang diwakili oleh kata yang digunakan. Jika menyaksikan isi dari puisi di atas secara keseluruhan , maka makna lambang “Pita Hitam” yakni selaku tanda berduka.

Hal itu bekerjsama diterangkan dengan gamblang oleh baris berikutnya. Sebenarnya , selain menggambarkan suasana sedih , puisi di atas juga menggambarkan kesedihan (sebab insiden janjkematian tentu membuat kesedihan) , cuma saja suasana yang ditekankan dalam puisi tersebut yakni suasana sedih dan ketiga anak tersebut merasa turut berduka atas suatu kematian.

Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Makna Istilah dalam Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Spertinya banyak yang meletakkan kesempatan tinggi terhadap ganda gabungan untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda gabungan itu berambisi menjangkau gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi selesai kemarin , Aprilia , satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman , Juliant Schenk , 21-18 , 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan acap kali menghasilkan kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga disangka dilaksanakan terburu-buru untuk mematikan bola.

Makna ungkapan turnamen dalam paragraf di atas yakni ….
A. Pertandingan olahraga yang menggunakan bola
B. Festival ganda gabungan beregu
C. Pertandingan antara regu lelaki dan wanita
D. Pertandingan yang diiukuti beberapa regu
E. Lomba olahraga yang dilaksanakan beregu

Pembahasan :
Makna dari suatu kata intinya sanggup dilihat dari konteks kalimat dan hubungan pertalian antara bentuk dan acuannya. Pada paragraf di atas , diterangkan bawha turnamen tersebut dibarengi oleh beberapa regu dari banyak sekali negara. Hal itu sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia , yang mengartikan turnamen selaku pertarungan yang dibarengi oleh beberapa regu.

Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Makna Kata dalam Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menawarkan transportasi wisata untuk mempermudah pelancong menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun luar negeri sanggup menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) Dengan ongkos Rp 5.000 ,00 per orang , para pelancong sanggup berputar di sekeliling pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan suasana pantai Pangandaran.

Makna kata domestik dalam paragraf tersebut yakni ….
A. Asli Indonesia
B. Pribumi
C. Dalam negeri
D. Luar negeri
E. Kenegaraan

Pembahasan :
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , kata domestik bermitra dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri , mengenai (bersifat) rumah tangga , atau wacana piaraan (binatang); jinak. Jika dilihat dari isi karangan tersebut , maka makna domestik yang paling sempurna yakni dalam negeri. Kaprikornus , pelancong domestik itu dimaksudkan yakni pelancong yang berasal dari dalam negeri.

Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Makna Kata dalam Puisi

Bacalah puisi berikut dengan seksama!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku teledor di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu , miskin harta

Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut memiliki makna dan lambang ….
A. Masa tua
B. Waktu sore hari
C. Suasana senja
D. Perasaan manusia
E. Kehidupan manusia

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya , puisi di atas menggambarkan rasa penyesalan seseorang (penyair) dikarenakan sudah menyia-nyiakan waktu atau masa mudanya. Pada baris kedua disebutkan “Hari mudaku sudah pergi” kemudian dilanjutkan dengan “Sekarang petang tiba membayang”. Berdasarkan hubungan kedua baris tersebut , maka kata petang memiliki makna masa tua.

Jawaban : A 

Soal 6 : Menentukan Arti Kata dalam Paragraf
Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut sepantasnya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang Agraria menyebutkan semua hak aats tanah memiliki faedah sosial. (4) Pemerintah dituntut memiliki kebijakan dan strategi pertahanan nasional , membagi dengan terperinci peruntukan lahan pertanian , industri , pemukiman , dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian aturan sehingga setiap orang sanggup melakukan pekerjaan dan berproduksi dengan tenang.

Arti kata taktik pada paragraf di atas yakni ….
A. Musyawarah untuk menjalankan kegiatan
B. Cara menempatkan personel dalam menertibkan kegiatan
C. Rencana yang cermat mengenai acara sesuai dengan tujuan
D. Pertimbangan untuk menjalankan suatu tujuan
E. Usulan untuk menyusun suatu acara untuk meraih tujuan.

Pembahasan : 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata taktik memiliki beberapa arti , yakni : (1) Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk menjalankan budi tertentu dalam perang dan tenang , (2) ilmu dan seni memimpin bala prajurit untuk menghadapi lawan dalam perang , dalam keadaan yang menguntungkan , (3) Rencana yang cermat mengenai suatu acara untuk meraih sasaran khusus , (4) Tempat yang bagus menurut sisasat perang.

Dari keempat arti yang dijabarkan di atas , arti kata taktik yang paling sempurna untuk paragraf di atas yakni suatu cara yang cermat mengenai suatu acara untuk meraih tujuan tertentu. Kaprikornus , taktik itu disusun mudah-mudahan acara berlangsung sesuai dengan tujuan.

Jawaban : C

Soal 7 : Menentukan Makna Lambang Dari Puisi
Bacalah puisi berikut ini dengan seksama!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam sinarmu
Menusuk hati dan jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba menangkapnya
Sinar itu menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam ditinggalkan sang rembulan
Tak ada harapan
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan kembali
(Karya Rian Ardiani)

Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut yakni ….
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Kecerahan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketengangan hidup

Pembahasan :
Jika dilihat secara keseluruhan , maka puisi di atas menggambarkan suatu ketidakpuasan seseorang lantaran apa yang diperlukan tidak tercapai. Hal itu tergmbar terperinci pada baris “Namun apa daya” yang menampilkan ketidakpuasan lantaran tidak cocok dengan harapan. Sesuatu yang menjadi kesempatan itu yakni sinar yang tajam. Tentu saja kata sinar tidak memiliki arti cahaya terang alasannya yakni kata itu hanyalah kiasan.

Jika dilihat menurut isinya , maka kata sinar dalam puisi itu melambangkan tujuan hidup. Tujuan di sini sanggup saja berkenaan dengan suatu kesempatan , kesempatan , atau ambisi seseorang (penyair) yang berupaya untuk diraih tetapi pada kenyataannya kesempatan atau ambisi tersebut tidak kesampaian.

Jawaban : B

Soal 8 : Memilih Istilah yang Tepat
Cermatilah paragraf berikut ini!
Kita mesti waspada mempertahankan suatu asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak sanggup menepati janjinya akan menjadi prosedur buruk bagi perusahaan sendiri. Sementara , petugas asuransi dikonfrontasi lewat telepon tidak mejawabnya , bahkan dihubungi via pesan singkat tidak membalas. Hal itu menghasilkan penduduk makin antisipasi terhadap perusahaan asuransi.

Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf tersebut yakni ….
A. Citra , dikonfirmasi , aktivasi
B. Prestasi , dihubungi , aktivatif
C. Presiden , dihubungi , anti-pati
D. Preseden , dikonfirmasi , antipati
E. Citra , dihubungi , anti pati

Pembahasan :
Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf di atas yakni preseden , dikonfirmasi , dan antipati. Preseden ialah ungkapan untuk menyatakan hal yang sudah terjadi lebih dulu dan sanggup dipakai selaku contoh , konfirmasi artinya penegasa , klarifikasi , atau mengumumkan , sedangkan antipati ialah penolakan atau perasaan membenci yang besar lengan berkuasa terhadap sesuatu yang lazimnya berhubungan dengan problem kepercayaan.

Jawaban : D

Demikianlah pembahasan beberapa soal cobaan nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana makna kata dan istilah. Jika pembahasan soal cobaan nasional ini berharga , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda lewat tombol share di bawah ini. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles