Pahami Lebih Jauh Mengenai Kebiasaan Tidur Mendengkur
Pahami Lebih Jauh Mengenai Kebiasaan Tidur Mendengkur

Pahami Lebih Jauh Mengenai Kebiasaan Tidur Mendengkur

Pahami Lebih Jauh Mengenai Kebiasaan Tidur Mendengkur – cara mengatasi tidur ngorok, penyebab tidur ngorok dan cara menghilangkanya, bahaya ngorok, penyebab mendengkur saat tidur, cara mengatasi tidur mendengkur pada wanita secara alami, tidur mendengkur menurut islam, obat mendengkur tradisional, obat mendengkur di apotik

Pahami Lebih Jauh Mengenai Kebiasaan Tidur Mendengkur

Banyak orang tanpa sadar sering ngorok atau mendengkur saat tidur. Hal ini bukanlah hanya bisa mengusik kenyamanan tidur pasangan atau orang yang tidur di dekatnya, tetapi juga kurangi kualitas tidur orang yang mendengkur tersebut.

Kurang lebih apa sich yang menyebabkan seseorang bisa mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, cari tahu di sini.

Baca Juga Aneka Makanan Sup Berikut Cara Memasaknya

Munculnya suara dengkuran ialah karena aliran pernafasan mampet, lalu bergetar saat dilewati oleh saluran udara.

Suara dengkuran bisa kedengar lembut atau keras (parau) yang mengusik.

Umumnya yang mendengkur saat tidur ialah orang dewasa dan ini bisa dipacu oleh banyak hal, dimulai dari kegemukan sampai rutinitas minuman mengandung al***l terlalu berlebih.

Tetapi, mendengkur bisa jadi tanda-tanda awalnya dari penyakit apnea tidur yang disebabkan karena masalah kesehatan lain yang lumayan serius.

10 Penyebab Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mendengkur

Umumnya dengkur terjadi saat jaringan lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan kerongkongan jadi rileks pada saat kamu masuk tingkatan tidur yang lebih dalam, yakni sekitaran 90 menit sesudah tertidur.

Otot dan jaringan yang lagi ada pada keadaan santai berikut yang menyebabkan terhalangnya saluran udara yang melalui, hingga terjadi getaran atau dengkur.

Simak Juga Dokter Gigi di Bekasi yang Bagus

Sisi yang lain yang ikut juga bergetar ialah aliran hidung, dasar lidah dan tonsil.

Semakin sempit jalan napas, semakin susah saluran udara untuk melaluinya, hingga menyebabkan makin kuatnya suara dengkuran. Berikut sejumlah factor yang punya pengaruh pada terusiknya saluran udara penyebab dengkur:

  1. Tipe kelamin, pria lebih sering mendengkur dibandingkan wanita.
  2. Kurang tidur (Simak juga: Panduan Menangani Kurang Tidur).
  3. Kegemukan atau kegemukan, hingga banyak lemak tertimbun disekitaran kerongkongan yang membuat jalan napas menyempit.
  4. Tidur dengan status terlentang bisa membuat kerongkongan menyempit dan lidah turun ke bawah hingga merintangi saluran udara.
  5. Anatomi mulut, misalkan mempunyai langit-langit yang terlampau rendah, status rahang yang salah karena otot yang tegang, dan kerongkongan yang tutup saat tidur.
  6. Masalah pada hidung, misalkan seperti penyekat lubang hidung yang bengkok.
  7. Pilek atau alergi yang menyebabkan aliran udara mampet beberapa dan tonsil jadi membesar.
  8. Konsumsi minuman mengandung al**hol atau beberapa ob*t yang membuat otot kerongkongan jadi santai.
  9. Apnea tidur obstruksi, yakni keadaan saat jaringan yang berada di kerongkongan merintangi beberapa atau semua saluran udara hingga mengusik pernafasan.
  10. Factor turunan, yakni ada bagian keluarga yang mendengkur atau menderita apnea konstruksi.

Cara Menangani Rutinitas Mendengkur

Sebetulnya rutinitas mendengkur bisa ditangani dengan alami, yakni dengan mengganti pola hidup dan mengaplikasikan gaya hidup yang sehat.

Berikut kiat-kiatnya:

  • 1. Ganti Status Tidur

Seperti yang telah diutarakan di atas, tidur dengan status terlentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak di bagian mulut, turun ke dinding belakang, hingga menyebabkan suara dengkuran . Maka, kamu yang miliki kebiasaan mendengkur dianjurkan untuk tidur dengan status ke samping, hingga ngorok bisa dijauhi.

  • 2. Turunkan Berat Badan

Supaya rutinitas mendengkur bisa stop, kamu dianjurkan untuk turunkan berat tubuh ke batasan normal. Awasi jatah makan, memperbanyak konsumsi makanan sehat, dan olahraga ialah beberapa cara yang bisa kamu kerjakan untuk membikin berat badan jadi bagus kembali.

  • 3. Stop Rutinitas Konsumsi Al**h*l dan Mer**ok

Konsumsi al***ol 4-5 jam saat sebelum tidur akan membuat bunyi dengkuran makin keras. Karenanya, seharusnya jauhi konsumsi al**hol apa lagi terlalu berlebih saat sebelum tidur. Selainnya konsumsi a***hol, rutinitas merokok bisa menyebabkan seseorang mendengkur.

Ini karena toksin yang ada dalam asap rokok membuat dinding aliran napas jadi iritasi, lalu membesar dan menutup saluran udara . Maka, seharusnya hentikanlah rutinitas tidak bagus ini.

Jika dengkur rupanya disebabkan karena penyakit apnea tidur obstruksi, dokter kemungkinan merekomendasikan penyembuhan dengan memakai mesin CPAP atau continuous positive airway pressure.

Triknya, penderita akan terpasangkan sebuah masker bertekanan yang tersambung dengan pompa udara kecil di hidung saat dia tidur. Alat ini akan jaga aliran pernafasan masih tetap terbuka.