Organisasi Dan Susunan Panitia Ekspo Seni Rupa

Gambar Gravatar
Susunan kepanitiaan pameran seni rupa.image
Sebuah festival seni rupa akan berjalan dengan tanpa gangguan jika sudah dijadwalkan dan disediakan secara matang dan terorganisir. Oleh sebab itu , dalam merencanakan suatu festival seni rupa di sekolah , diperlukan pengorganisasian dalam bentuk kepanitiaan untuk mengorganisir segala keperluan dan kepentingan pameran. Panitia dibikin untuk melakukan pekerjaan sama mencapaisuatu tujuan yang menjadi tujuan bareng dalam hal ini merupakan tujuan diadakannya festival seni rupa. Panitia berisikan beberapa penggalan mulai dari ketua hingga seksi-seksinya. Sebelum membahas susunan kepanitiaan festival seni rupa , Bahan mencar ilmu sekolah akan apalagi dulu membahas pemahaman dan syarat-syarat organisasi mudah-mudahan dalam pembentukan panitia , keseluruhan anggotanya paham betul dengan aktivitas organisasi yang ia ikuti.

A. Syarat-syarat Organisasi

Organisasi merupakan asosiasi atau wadah bagi sekelompok orang yang membentuk suatu contoh kekerabatan kolaborasi di bawah pengarahan seorang pimpinan untuk mengejar-ngejar tujuan bersama. Pimpinan organisasi merupakan seorang ketua yang memiliki kiprah memimpin organisasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Pengorganiasasian merupakan suatu aktivitas atau proses kolaborasi yang dijalankan oleh sekelompok orang untuk meraih suatu tujuan tertentu yang menjadi tujuan organisasinya. Dalam pengorganisasian dijalankan pengaturan , pembagian kiprah , rapat , pengawasan , dan penilaian terhadap kinerja dan kolaborasi komponen-komponen yang saling berhubungan.

Dalam festival seni rupa , pengorganisasian berencana mudah-mudahan festival seni rupa yang hendak diselenggarakan sanggup disusun , dijadwalkan , dan disediakan secara sistematis dan logis sehingga diinginkan sanggup berjalan dengan tanpa gangguan di di saat pelaksanaannya.

Tidak semua kumpulan yang tediri dari beberapa orang disebut selaku organisasi. Sebuah asosiasi cuma sanggup dibilang selaku organisasi jika menyanggupi beberpaa syarat , yakni susunan pengelola , aktivitas kerja , dan kegiatan.

#1 Memiliki Susunan Pengurus
Sebuah organisasi mesti memiliki susunan pengelola yang jelas. Secara lazim , suatu organisasi berisikan beberapa penggalan pengelola menyerupai ketua , wakil ketua , sekretaris , bendahara , dan anggota. Masing-masing pengelola mesti mengerjakan kiprah sesuai jabatannya mudah-mudahan organisasi sanggup berjalan dengan baik.

#2 Memiliki Program Kerja
Sebuah organisasi haruslah memiliki aktivitas kerja yang menjadi salah satu tujuan utama suatu organisasi. Program kerja suatu organisasi umumnya ditetapkan dalam kurun waktu tertentu. Program kerja ini merupakan keharusan pengelola dan nantinya akan dijalankan oleh organisasi dalam rentang waktu sesuai dengan yang direncanakan.

#3 Memiliki Kegiatan
Selain memiliki aktivitas kerja yang sudah dijadwalkan , suatu organisasi mesti pula memiliki aktivitas yang sejalan dengan aktivitas kerja tersebut. Kegiatan yang dijalankan organisasi merupakan bentuk positif langkah-langkah dari apa yang mereka rencanakan selaku tujuan bersama.

Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) merupakan salah satu bentuk organisasi terbuat di sekolah oleh sekumpulan murid di bawah panduan seorang guru selaku pembinan atau penanggungjawab. OSIS tergolong salah satu organisasi yang menjadi pengelola atau panitia dalam festival seni rupa.

Baca juga : Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Pameran Seni Rupa.

B. Susunan Panitia dalam Pameran Seni Rupa

Secara lazim , susunan panitia dalam suatu festival seni rupa yang diadakan sekolah dimulai dari penanggung jawab , pembina , ketua panitia , sekretaris , bendahara , seksi-seksi , dan pelaksana teknis. Berikut akan diterangkan tuga dari masing-masing jabatan tersebut.

#1 Penanggung Jawab
Penanngun jawab merupakan pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan festival seni rupa yang diadakan di sekolah. Penanggung jawab bertanggung jawab atas festival tersebut secara keseluruhan. Penanggung jawab festival seni rupa di sekolah umumnya merupakan kepala sekolah.

#2 Pembina
Pembina merupakan guru yang bertangung jawab membina dan membimbing panitia dalam penyusunan rencana , antisipasi , dan pelaksanaa festival seni rupa. Untuk festival seni rupa pembina sanggup diseleksi dari guru kesenian atau guru pembina OSIS.

#3 Ketua Panitia
Ketua panitia bertanggun jawab atas terselenggaranya festival seni rupa yang direncanakan. Seorang ketua mesti bisa memimpin dan mengontrol anggotanya , memimpin pembagian kerja , dan mengkoordinasi antara pengelola satu dengan pengelola yang lain untuk masing-masing seksi yang ada.

#4 Wakil Ketua
Wakil ketua bertangung jawab menolong ketua panitia dalam mengorganisir penyelenggaraan pameran. Wakil ketua bertugas melaksanakan beberapa kiprah ketua jika ketua panitia berhalangan dan melaksanakan kerjasama dengan masing-masing pengelola seksi.

#5 Sekretaris
Sekretaris bertanggung jawab untuk menolong ketua panitia mengorganisir banyak sekali permasalahan kesekretariatan. Seorang sekretaris bertugas menghasilkan desain , susunan aktivitas , surat-menyurat , ajakan , dan izin dari pihak yang berwenang.

#6 Bendahara
Bendahara bertanggung jawab dalam permasalahan keuangan yakni tentang penggunaan , penyimpanan , dan penerimaan duit dana yang masuk selaku ongkos penyelenggaraan festival seni rupa. Bendahara mengontrol keluar masuknya ongkos penyelenggaraan dan menghasilkan pembukuan keuangan mulai dari permulaan hingga festival tersebut selesai. 

#7 Seksi Perlengkapan
Seksi peralatan merupakan panitia yang bertanggung jawab mengorganisir dan menawarkan banyak sekali peralatan dan keperluan yang diperlukan untuk penyelenggaraan pameran. Perlengkapan yang biasa digunakan dalam festival seni rupa termasuk peralatan pemberitahuan , peralatan tata kelola , peralatan hiasan , peralatan publikasi , hingga peralatan dokumentasi.

#8 Seksi Pengumpul Karya
Seksi ini bertanggung jawab dalam menghimpun banyak sekali karya seni rupa dari murid di sekolah dan memilih beberapa karya seni yang pantas untuk dipamerkan. Dalam pemilihan karya , semestinya seksi ini melaksanakan kerjasama dengan guru kesenian yang bersangkutan.

#9 Seksi Usaha
Seksi jerih payah merupakan panitia yang bertanggung jawab untuk menolong ketua panitia dalam mencari dana dari banyak sekali pihak untuk menutupi ongkos festival jika ongkos tersebut memang belum tercukupi. Beberapa jerih payah untuk menerima dana , misalnya dari iuran peserta festival , proteksi dari siswa secara kolektif , proteksi dari donatur atau para simpatisan.

#10 Seksi Publikasi
Seksi publikasi bertanggung jawab menerbitkan adanya festival seni rupa yang hendak diselenggarakan di sekolah. Publikasi sanggup dijalankan dengan memanfatkan banyak sekali media publiaksi menyerupai selebaran , selebaran , pengumuman , poster mading , dan sebagainya.

#11 Seksi Dekorasi
Seksi hiasan bertanggung jawab dalam mendekorasi lokasi dan ruangan yang hendak digunakan untuk pameran. Selain mempercantik ruangan , seksi hiasan juga bertanggung jawab dalam hal penataan ruang serta pengaturan penempatan karya seni rupa.

#12 Seksi Dokumentasi
Seksi dokumentasi bertugas mendokumentasikan aktivitas festival yang berlangsung. Dokumentasi sanggup berupa foto , video , rekaman bunyi , atau dalam bentuk laporan tertulis. Seksi dokumentasi mesti tahu bagian-bagian mana saja yang perlu didokumentasikan selama festival berlangsung.

#13 Seksi Konsumsi
Jika penyelenggaraan festival seni rupa juga menawarkan wajangan misalnya makanan ringan manis untuk para hadirin , maka diinginkan pula seksi konsumsi yang hendak mengorganisir segala keperluan yang terkait dengan konsumsi mulai dari konsumsi untuk panitia dan konsumsi untuk tamu.

#14 Seksi Penjaga Stan
Seksi stan merupakan panitia yang bertangung jawab mempertahankan stan dan menyambut para pengunjung. Penjaga stan bertugas menerangkan beberapa pemberitahuan terkait karya seni rupa yang dijaganya atau menjawab beberapa pertanyaan hadirin terkait festival tersebut. Oleh sebab itu , seksi stan semestinya memiliki wawasan yang cukup mengenai karya seni rupa di stan yang ia jaga.

#15 Seksi Keamanan
Seksi keselamatan merupakan panitia yang bertugas untuk mempertahankan keselamatan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pameran. Seksi keselamatan mesti menguasai seluk beluk keadaan di ruangan festival mudah-mudahan sanggup mengamati pergantian yang terjadi serta memutuskan bahwa seluruh karya seni rupa berada dalam posisi yang aman.

C. Pembentukan Panitia Pameran

Pembentukan panitia festival seni rupa di sekolah sanggup dibikin lewat OSIS. Kepanitiaan sanggup dibikin dari pengelola dan anggora OSIS. Dalam pembentukan panitia semestinya didampingi oleh seorang guru mudah-mudahan lebih terarah.

Organisasi dan susunan panitia festival seni rupa

Meskipun seluruh anggota OSIS memiliki hak untuk bergabung dalam kepanitiaan festival seni rupa , tetapi dalam menyusun kepanitiaan , pengelola mesti teliti dan jeli dalam menempatkan seseorang dalam jabatan tertentu. Jangan hingga memberi kiprah terhadap murid yang tidak sempurna di kiprah itu.

Beberapa hal yang mesti diamati dalam pembentukan panitia , antaralain:
1). Kepanitiaan semestinya didampingi guru kesenian
2). Ketua panitia semestinya merupakan murid yang tegas dan berwibawa
3). Sekretaris semestinya murid yang jago di bidang surat dan arsip
4). Bendahara semestinya murid yang pintar mengolah keuangan
5). Masing-masing seksi semestinya dipimpin oleh ketua seksi
6). Seksi seleksi karya semestinya melibatkan guru kesenian
7). Seksi peralatan semestinya yang memiliki pengalaman
8). Seksi stan mesti dibekali wawasan cukup mengenai festival tersebut
9). Seksi jerih payah dan publikasi semestinya bisa berkomunikasi dengan baik
10). Seksi hiasan semestinya berkoordinasi dengan guru kesenian
11). Seksi dokumentasi semestinya jago dalam fotografi atau laporan
12). Seksi keselamatan semestinya murid yang piawai menyaksikan kondisi.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog tentang materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk mendapatkan materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.
Temukan Kursus Bahasa Inggris di Bekasi untuk Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat 1

Salah seorang pakar dan konsultan pendidikan yang kini mengabdikan hidup menjadi guru di pedalaman nun jauh di pelosok Indonesia.

Pos terkait