Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Olahraga Bagi Kesehatan
Penulis: Udin,S.Pd

Olahraga merupakan suatu aktifitas kebugaran jasmani yang terdapat dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh prestasi secara maksimal.

Olahraga sangat berperan penting dalam rangka pencapaian misi cita-cita manusia secara maksimal dalam hidupnya.

Olahraga merupakan proses yang sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan serta membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai individu dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.

Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak.

Jenis – jenis Olahraga dan Manfaatnya

1. Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu kita tidak perlu memerlukan keahlian khusus untuk bias melakukan jogging melainkan semua orang dari segala usia dapat melakukan jogging sehingga olahraga jogging merupakan salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan.

Adapun beberapa manfaat melakukan olahraga jogging yaitu:

  • Membuat jantung semakin kuat karena dapat memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
  • Mempercepat system pencernaan dan membantu masalah pencernaan.
  • Menetralkan Depresi.
  • Membantu membakar lemak dan Obesitas atau kegemukan
  • Dapat membantu mengatasi kurangnya selera makan.
  • Mengencangkan otot paha,otot kaki dan punggung.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.

2. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang sangat populer serta sangat digemari oleh siapa pun ini karena gerakannya hampir melibatkan seluruh otot otot tubuh kita, sehingga berenang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga agar tubuh tetap bugar.

Berenang sangat baik bagi kesehatan karena apabila kita melakukan satu gerakan saja, misalnya gaya bebas maka seluruh anggota atau otot otot tubuh akan terlibat juga secara otomatis sehingga olahraga ini sangat bermanfaat bagi orang yang menginginkan kebugaran jasmani.

Selain itu olahraga berenang adalah pilihan yang tepat karena walaupun dilakukan dilingkungan yang dingin namun tetap memberikan efek dalam pembakaran lemak di tubuh kita.

Berenang juga sangat baik buat ibu hamil karena pada usia kehamilan di trisemester ketiga nantinyan akan memudahkan saat persalinannya.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang dipadukan dengan meditasi. Rata rata yang meminati olahraga ini adalah kaum wanita, Bahkan bagi sebagian orang sudah menganggap yoga merupakan gaya hidup baru.

Dalam perkembangannya asal mula yoga adalah mulanya berasal dari Bahasa sansekerta yang berarti YOKE artinya membawa harmonisasi antara pikiran,tubuh dan jiwa. Yoga mampu mendisiplinkan pikiran dan tubuh bahkan berkaitan jiwa kita yang akan dijadikan gaya hidup baru.

Selain untuk kebugaran tubuh yoga juga berfungsi media untuk melepas stres. Sehingga yoga sebenarnya sangat cocok buat orang memiliki kesibukan karena secara tidak langsung akan menghilangkan stres.

4. Aerobik dan Anaerobik

Aerobik juga merupakan olahraga yang sangat populer saat ini dan olahraga ini juga secara massal dilakukan oleh orang terutama di pusat pusat kebugaran.

Latihan ini dapat dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki. Berbagai metode latihan yang berkaitan dengan aerobic sangat membantu pembentukan otot otot tubuh yang sangat berperan penting untuk berbagai jenis olahraga sehingga sudah merupakan sebuah latihan.

Begitu pun untuk Anaerobik merupakan aktifitas yang perlu dilakukan oleh seseorang tapi yang membedakan dengan aerobic dengan anaerobic adalah anaerobic hanya sebagai pelengkap saja namun baik aerobic maupun anaerobic harus dilakukan secara teratur.

Manfaat Olahraga Bagi Persalinan

Dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa manfaat fisiologo olahraga bagi kehamilan adalah :

  • Mengurangi pendarahan karena pembuluh darah sangat elastis dan system pompa darah mejadi lebi efisien.
  • Mengurangi Rasa sakit karena kekuatan otot Rahim, panggul, dan panggul akan membantu janin keluar dengan epat.
  • Mengurangi kejadian kehabisan nafas dan jaringan kekurangan suplai oksigen.
  • Cepat pulih dari luka pada jalur persalinan karena system kekebalan tubuh meningkat dan cepat pulih dari kelelahan.
  • Selain itu, olahraga juga akan membantu calon ibu memiliki optimisme dalam menghadapi persalinan, menghilangkan ketakutan menghadapi persalinan, serta memicu rasa bahagia menanti kelahiran sang bayi.

Manfaat Olahraga bagi Anak-anak

Olahraga digemari anak karena identik dengan permainan. Agar bermanfaat bagi kesehatan tubuh si kecil, orang tua harus pandai memilih olahraga yang tepat. Anak-anak memiliki kecenderungan bergerak aktif.

Apa pun kegiatan yang melibatkan gerak tubuh, akan disukainya. Memang banyak pilihan olahraga yang biasa dimainkan anak-anak, mulai sepak bola,bulutangkis, serta karate.

Olahraga juga sangat memiliki manfaat terhadap anak anak yang memiliki kelainan jantung. Anak anak yang lahir dengan kelainan jantung biasanya dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga karena akan meningkatkan fungsi kerja jantung sehingga dapat memperparah kerja jantungnya, namun ternyata hasil penelitian terbaru mengatakan sebaliknya, yakni bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi penderita jantung.

Seorang ahli jantung yang berasal dari USA Chicago memberikan pernyataan bahwa setelah melakukan ujicoba latihan, ternyata olahraga bagi penderita jantung tidak berdampak apa apa dan ternyata aman dan baik dilakukan oleh anak anak yang menderita kelainan jantung bawaan, dan ini juga yang dikatakan oleh seorang ahli jantung di rumah sakit anak, Boston yang memimpin penelitian.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Secara Umum

Di zaman era modern saat ini, orang lebih memiliki kesibukan terhadap pekerjaannya dan merasa lelah untuk berolahraga. Padahal ketika orang memahami betapa pentingnya berolahraga minimal melakukan jogging saja maka pasti akan merasakan kerugian karena olahraga sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita.

Menurut seorang pakar pendidikan olahraga Daniel Landers bahwa ada beberapa manfaat yang akan didapatkan orang yang rutin melakukan olahraga. Pakar ini mengatakan ada lima manfaat pokok olahraga bagi otak yaitu:

  1. Meningkatkan Kemampuan
  2. Menunda proses penuaan
  3. Menghilangkan Stres
  4. Mengurasi Kegelisahan
  5. Memperbaiki Kepercayaan diri

Baca Juga:

Globalisasi Ekonomi dan Demokrasi Indonesia

Nasionalisme sebagai Prospek Belajar

Gerakan Buruh dalam Sejarah Politik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.