spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Nama-nama Tarian Daerah Beserta Asalnya

apa saja 34 tarian daerah?
FOTO Pixabay

Apa Saja 34 Tarian Daerah di Indonesia?

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan seni tradisional. Salah satu seni tradisional yang sangat populer di Indonesia adalah tarian. Ada banyak jenis tarian di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah, setiap daerah memiliki tarian khasnya sendiri-sendiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas 34 tarian daerah yang paling populer di Indonesia.

Daftar Tarian Daerah di Indonesia

Berikut adalah daftar 34 tarian daerah yang akan kita bahas dalam artikel ini:

  1. Tari Pendet
  2. Tari Legong
  3. Tari Barong
  4. Tari Kecak
  5. Tari Reog Ponorogo
  6. Tari Topeng Betawi
  7. Tari Saman
  8. Tari Tor-Tor
  9. Tari Serimpi
  10. Tari Janger
  11. Tari Cendrawasih
  12. Tari Ronggeng Blantek
  13. Tari Jaipong
  14. Tari Sajojo
  15. Tari Piring
  16. Tari Zapin
  17. Tari Bedhaya Ketawang
  18. Tari Gambyong
  19. Tari Remo
  20. Tari Kebyar Duduk
  21. Tari Yapong
  22. Tari Pakarena
  23. Tari Mandau
  24. Tari Enggang
  25. Tari Kipas
  26. Tari Ngajat
  27. Tari Dayak
  28. Tari Pendet Bali
  29. Tari Gandrung Banyuwangi
  30. Tari Merak
  31. Tari Kuda Lumping
  32. Tari Gending Sriwijaya
  33. Tari Cokek
  34. Tari Ja’ipongan

Penjelasan Tarian Daerah di Indonesia

1. Tari Pendet

Tari Pendet adalah tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang memegang bunga. Tarian ini biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu atau acara keagamaan.

2. Tari Legong

Tari Legong juga berasal dari Bali. Tarian ini biasanya ditarikan oleh dua atau tiga wanita muda yang mengenakan pakaian tradisional Bali. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara upacara adat, seperti pernikahan.

3. Tari Barong

Tari Barong juga berasal dari Bali. Tarian ini mengisahkan pertempuran antara Barong (yang melambangkan kebaikan) dengan Rangda (yang melambangkan kejahatan). Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara upacara adat, seperti pernikahan atau pembukaan usaha baru.

4. Tari Kecak

Tari Kecak berasal dari Bali dan merupakan tarian yang sangat terkenal. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh banyak orang yang duduk melingkar sambil mengeluarkan suara “cak” secara bersamaan. Tarian ini mengisahkan tentang kisah Ramayana.

5. Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo berasal dari Jawa Timur. Tarian ini melibatkan seorang pen…

  1. Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi berasal dari Jakarta dan memiliki unsur budaya Betawi. Tarian ini menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Betawi. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara pernikahan, pertunjukan seni, dan upacara adat.

  1. Tari Saman

Tari Saman berasal dari Aceh dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini melibatkan gerakan tangan yang sangat cepat dan koordinasi yang baik antara penari. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara adat, seperti pernikahan dan upacara kematian.

  1. Tari Tor-Tor

Tari Tor-Tor berasal dari Sumatera Utara. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara adat, seperti upacara kematian dan pernikahan. Tarian ini juga dipentaskan pada acara-acara penting lainnya, seperti festival.

  1. Tari Serimpi

Tari Serimpi berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh dua orang penari yang mengenakan baju tradisional Jawa. Tarian ini memiliki gerakan yang halus dan elegan.

  1. Tari Janger

Tari Janger berasal dari Bali. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang saling bergantian menyanyikan lagu dan menari. Tarian ini memiliki gerakan yang lemah lembut dan menghibur.

  1. Tari Cendrawasih

Tari Cendrawasih berasal dari Papua dan menggambarkan burung Cendrawasih yang hidup di hutan tropis. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat indah dan elegan. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara adat, seperti pernikahan dan upacara kematian.

  1. Tari Ronggeng Blantek

Tari Ronggeng Blantek berasal dari Jawa Barat dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang berpakaian warna-warni dan menari sambil memainkan alat musik tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Jaipong

Tari Jaipong berasal dari Jawa Barat dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang berpakaian warna-warni dan menari sambil memainkan alat musik tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Sajojo

Tari Sajojo berasal dari Papua dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Piring

Tari Piring berasal dari Sumatera Barat dan melibatkan gerakan menarik dan memainkan piring. Tarian ini biasanya dipent

  1. Tari Rampak Gendang

Tari Rampak Gendang berasal dari Jawa Timur dan melibatkan gerakan tangan yang sangat cepat dan koordinasi yang baik antara penari. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Ratoeh Jaroe

Tari Ratoeh Jaroe berasal dari Aceh dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang memakai baju adat Aceh. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat indah dan menghibur.

  1. Tari Golek Ayun-Ayun

Tari Golek Ayun-Ayun berasal dari Jawa Barat dan melibatkan gerakan memutar yang sangat cepat. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan baju tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo berasal dari Jawa Timur dan melibatkan sekelompok penari yang mengenakan topeng hewan yang sangat besar dan menakutkan. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Sajojo

Tari Sajojo berasal dari Papua dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Gemu Famire

Tari Gemu Famire berasal dari Maluku dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Pendet

Tari Pendet berasal dari Bali dan melibatkan gerakan yang sangat indah dan elegan. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian tradisional Bali. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Joged

Tari Joged berasal dari Bali dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Yapong

Tari Yapong berasal dari Jawa Tengah dan melibatkan gerakan yang sangat cepat dan koordinasi yang baik antara penari. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Bambu Gila

Tari Bambu Gila berasal dari Bali dan melibatkan sekelompok penari yang menari sambil memegang bambu yang

  1. Tari Remo

Tari Remo berasal dari Jawa Timur dan melibatkan gerakan yang sangat indah dan dinamis. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Topeng Malangan

Tari Topeng Malangan berasal dari Jawa Timur dan melibatkan sekelompok penari yang mengenakan topeng hewan yang sangat indah dan detail. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti upacara adat dan festival.

  1. Tari Gantar

Tari Gantar berasal dari Jawa Barat dan melibatkan gerakan tangan yang sangat cepat dan koordinasi yang baik antara penari. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Ronggeng Blantek

Tari Ronggeng Blantek berasal dari Jawa Barat dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Serimpi

Tari Serimpi berasal dari Jawa Tengah dan melibatkan gerakan yang sangat elegan dan indah. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Merak

Tari Merak berasal dari Jawa Barat dan melibatkan gerakan yang sangat indah dan dinamis. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti festival dan upacara adat.

  1. Tari Jaipong

Tari Jaipong berasal dari Jawa Barat dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita dan pria yang menari sambil bernyanyi dan memainkan alat musik tradisional. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

  1. Tari Gambyong

Tari Gambyong berasal dari Jawa Tengah dan melibatkan gerakan yang sangat elegan dan indah. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian tradisional. Tarian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara penting, seperti pernikahan dan festival.

  1. Tari Saman

Tari Saman berasal dari Aceh dan merupakan tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh sekelompok pria yang menari sambil menyanyikan syair-syair pujian. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat enerjik dan menghibur.

Dalam kesimpulannya, Indonesia memiliki banyak sekali tarian daerah yang sangat indah dan bervariasi

dance 5321562 960 720
Nama-nama Tarian Daerah Beserta Asalnya 4

Nama Tari

Indonesia ialah negara yang kaya seni dan budaya. Ada beberapa kesenian yang menyebar di semua Indonesia, satu diantaranya tarian. Berikut 34 nama tari tradisionil di Indonesia dari Sabang smpai Merauke.

Tiap propinsi di Indonesia mempunyai Tari Tradisionil semasing. Bahkan juga pada sebuah propinsi memilki lebih satu tari tradisionil.

Cari tahu juga tentang; tarian tradisional, 34 tarian daerah beserta asalnya, nama tari tradisional, nama tari kreasi baru, sebutkan 10 nama tarian dan asal daerahnya, sebutkan 34 tarian dan propertinya, 10 nama tarian dan asal daerahnya beserta gambarnya, nama tari daerah pada gambar adalah

Tari Tradisionil tentu saja di tiap propinsi mempunyai pergerakan yang lain dan baju yang dipakaipun berlainan.

Berikut Beberapa nama Tari Tradisionil di Indonesia Dan Aslinya di 34 Propinsi

  • Tari Saman Meuseukat – D. I. Aceh
  • Tari Kecak – Bali
  • Tari Sekapur Sirih – Jambi dan Kepulauan Riau
  • Tari Jaipong – Jawa Barat
  • Tari Reog Ponorogo – Jawa Timur
  • Tari Poco-poco – Maluku Utara
  • Tari Topeng – Betawi/DKI Jakarta
  • Tari Kipas Pakarena – Sulawesi Selatan
  • Tari Andun – Bengkulu
  • Tari Bendrong Lesung – Banten
  • Tari Piring – Sumatera Barat
  • Bali – Tari Pendet
  • Tari Serimpi – Jawa tengah
  • Tari Saronde – Sulawesi Utara
  • Tari Selampit Delapan – Jambi
  • Tari Lilin – Sumatera Barat
  • Tari Pinggan – Kalimantan
  • Tari Giring-Giring – Kalimantan tengah
  • Tari Masyoh – Papua
  • Tari Piso Surit – Sumatera Utara
  • Tari Merak – Jawa Barat
  • Tari Kuda Lumping – Jawa Timur
  • Tari Papatai – Kalimantan Timur
  • Tari Jepen – Kalimantan Timur
  • Tari Melinting – Lampung
  • Tari Cakalele – Maluku
  • Tari Suanggi – Papua
  • Tari Serampang Dua Belas – Sumatera Utara
  • Tari Janger – Bali
  • Tari Selamat Datang – Papua
  • Tari Tenun Songket – Palembang
  • Tari Campak Bangka – Belitung
  • Tari Maengket – Sulawesi Utara
  • Tari Bedana – Lampung

Itu beberapa nama tari tradisionil di Indonesia dan aslinya di 34 propinsi.

34 Tarian Daerah Beserta Asalnya

Dari 34 Tarian Daerah yang Paling Terkenal di Indonesia ini di antaranya adalah tari dari Aceh, Bali, dan Jawa Barat.

Dari 34 tarian daerah beserta asalnya sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, memang ada banyak tarian daerah yang dipandang terpopuler. Bahkan juga dengan reputasinya, nama tarian daerah itu telah dikenali di ajang internasional.

1. Tari Saman, Aceh

Dari 34 tarian daerah beserta asalnya yang paling terkenal tentunya adalah Tari Saman asal Aceh. Tari saman sebagai salah satunya tarian daerah asal Aceh yang dikenali sampai ajang internasional karena pergerakan tarinya yang memikat.

Lihat Juga Bahasa Daerah Bali, Contoh dan Artinya

Di Aceh, tarian ini datang dari suku Gayo yang ditampilkan untuk mengingati upacara penting warga Aceh.

Jadi tidak bingung bila dalam tiap performanya, tarian ini memakai bahasa Gayo.

Pada 2011 lalu, UNESCO memutuskan tari saman sebagai “Representative Daftar of Intangible Cultural Heritage of Humanity”.

Tarian ini benar-benar dijaga kelestariannya dan dijadikan ekstrakulikuler di beberapa tingkat sekolah.

Lihat Juga Nama-nama Lagu Daerah dan Asalnya

2. Tari Kecak, Bali

Selanjutnya total 34 tarian daerah beserta asalnya yang juga kian terkenal adalah Tari Kecak dari Bali. Bali, propinsi yang dikenali dengan panggilan Pulau Dewata ini telah lama jadi daya magnet dunia karena kebudayaannya yang kaya.

Selainnya tawarkan panorama yang cantik, Bali populer dengan macam tarian tradisionil yang fantastis.

Salah satunya tariannya ialah tari kecak yang bernama diambil dari teriakan beberapa penarinya, yaitu “cak cak cak”.

Tarian ini bercerita narasi Ramayana.

Tari kecak dimainkan oleh beberapa orang, sekitaran 50-150 orang. Tidaklah aneh bila tarian ini dapat membuat daya magnet yang besar.

Lihat Juga Nama Bandar Udara di Indonesia Beserta Asalnya

3. Tari Jaipong, Jawa Barat

Total dari 34 tarian daerah beserta asalnya yang selanjutnya cukup dikenal adalah Tari Jaipong dari Jawa Barat.

Jawa Barat sebagai salah satunya propinsi di Indonesia yang daerah yang luas, maknanya kebudayaannya juga benar-benar bermacam.

Salah satunya tarian terkenal di Jawa Barat ialah tari jaipong. Tarian ini menyatukan beragam kesenian didalamnya, dimulai dari wayang golek, ketok tilu, dan pencak silat. Tarian ciri khas warga Sunda Karawang ini dibuat oleh H. Suanda sekitaran tahun 70an lalu.

Lihat Juga Pusat Investasi Pemerintah Teken Nota Kesepakatan dengan Pemko Banda Aceh tentang Pembiayaan UMi

FAQ

Apa nama tari dan asal wilayah?

  • Tari Seudati dari Aceh Darussalam.
  • Tari Saman dari Aceh Darussalam.
  • Tari Pukat dari Aceh Darussalam.
  • Tari Legong dari Bali.
  • Tari Joged Bumbung dari Bali.
  • Tari Kebyar dari Bali.
  • Tari Kecak dari Bali.
  • Tari Andun dari Bengkulu.

Apa nama tari Indonesia?

Tarian Wilayah di Indonesia dan Aslinya

  1. Saman (Aceh)
  2. Tor Tor (Tapanuli Utara)
  3. Tari Piring (Minangkabau)
  4. Turuk Langgai (Mentawai)
  5. Tari Ronggeng Blantek (Betawi)
  6. Tari Jaipong (Karawang)
  7. Tari Topeng (Cirebon)
  8. Tari Bedhaya (Yogyakarta)

Tari apa sajakah?

Macam-Macam Tarian Wilayah dan Aslinya

  • Tari Jaipong Aslinya dari Karawang. Beberapa macam tarian wilayah dan aslinya yang kesebelas ialah tari jaipong yang berasal dai Karawang.
  • Tari Topeng Aslinya dari Cirebon.
  • Tari Bedhaya Aslinya dari Yogyakarta.
  • Tari Serimpi Aslinya dari Yogyakarta.
  • Tari Gambyong Aslinya dari Solo.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles