Morfologi Bahasa Indonesia, Pengertian Morfologi, Contoh Morfologi

Morfologi Bahasa Indonesia, Pengertian Morfologi, Contoh Morfologi

Pengertian Morfologi

Morfologi ialah Cabang Pengetahuan Linguistik mengenai Bentuk Kata, Ini Secara lengkap

Pelajari juga tentang; pengertian morfologi menurut para ahli, pengertian morfologi tumbuhan, pengertian morfologi dalam biologi, pengertian morfologi pdf, morfologi adalah dan contohnya, pengertian morfologi dan daftar pustaka, pengertian morfologi menurut para ahli pdf, contoh morfologi adalah 

Morfologi adalah cabang ilmu bahasa atau linguistik yang menyelidik seluk-beluk susunan intern kata dan dampak peralihan susunan itu pada makna dan kelompok kata.

Susunan intern kata terbagi dalam satuan-satuan gramatik paling kecil yang disebutkan morfem. Oleh karenanya, object pengkajian paling besar dalam morfologi adalah kata, dan object pengkajian terkecilnya ialah morfem.

Menurut Verhaar dalam buku Asas-Asas Ilmu bahasa Umum, morfologi ialah cabang ilmu bahasa yang mengenali satuan-satuan dasar bahasa sebagai unit gramatikal.

Pengertian lain mengatakan jika morfologi ialah cabang ilmu bahasa yang mengulas atau mengenali sangkut-paut pembangunan kata. Berikut keterangan secara lengkap berkenaan apakah itu morfologi.

Pengertian Morfologi Secara Etimologi

Secara etimologi, kata morfologi datang dari kata morf yang memiliki arti wujud dan kata logi yang memiliki arti pengetahuan. Maka, secara harfiah kata morfologi memiliki arti pengetahuan berkenaan wujud.

Dalam pengkajian ilmu bahasa, morfologi memiliki arti cabang linguistik yang sangkut-paut wujud kata dan peralihannya dan imbas dari peralihan itu pada makna (arti) dan kelas kata.

Manusia ialah salah satu spesies yang mempunyai bahasa. Ini bawa kita pada ilmu bahasa, atau study mengenai bahasa dan susunannya.

Morfologi sebagai pengontrol dan penyambung dari unit-unit memiliki makna paling kecil pada suatu bahasa.

Tiap bahasa manusia tergantung pada suara. Saat suara tertentu dipadukan dengan tertentu, kata, frasa, dan pada akhirnya kalimat bisa dibikin. Seperti itu langkah pesan dikirimkan dan diterima.

Untuk pahami morfologi, Anda perlu ketahui istilah morfem, yang disebut unit paling kecil dari sebuah kata dengan arti. Morfem lebih dari sekedar huruf.

Saat beberapa huruf digabungkan jadi satu sisi kata yang saat ini mempunyai makna, karena itu Anda mempunyai morfem.

Morfologi pelajari bagaimana unit-unit arti ini, atau beberapa bagian kata, bisa ditata pada suatu bahasa.

Proses Morfologi

Proses morfologi ialah proses pembangunan kalimat dari unit yang lain sebagai wujud dasarnya. Dalam Bahasa Indonesia, ada tiga proses morfologik yakni proses pembubuhan afiks (afiksasi), proses perulangan (reduplikasi), dan proses pemajemukan (pemajemukan).

Dari sisi tiga proses morfologik itu, dalam Bahasa Indonesia sebetulnya masih tetap ada satu proses kembali yang di sini disebutkan zero.

Proses ini cuman mencakup beberapa kata tertentu, yaitu kalimat makan, minum, meminta, dan minta, yang semua terhitung kelompok kata verbal yang transitif.