Metode Belajar Kumon

Metode belajar kumon, kelemahan kumon, belajar kumon di rumah, contoh soal kumon, level kumon bahasa inggris, gambar kumon, metode kumon matematika pdf, tingkatan level kumon matematika, les kumon online

Metode belajar kumon sejauh tetap menjadi satu-satunya cara belajar yang dinilai punya banyak manfaat bagi anak. Hal ini dikarenakan metode yang dikembangkan oleh orang Jepang ini sangatlah bermanfaat.

Baca Juga: Level Kumon Matematika

Nah, kali ini kita akan membahas terkait metode belajar Kumon ini. Begitupula dengan pengertian dari Kumon itu sendiri. Yuk kita simak bersama-sama.

Pengertian Metode Belajar Kumon

Metode Belajar Kumon
FOTO: Wadi Lissa/Unplash

Sistem adalah satu cara yang dipakai untuk capai arah yang sudah diputuskan. Dalam aktivitas belajar mengajarkan, sistem dibutuhkan oleh guru dan pemakaiannya bervariatif sama sesuai dengan arah yang ingin diraih setelah edukasi usai.

Baca Juga: Biaya Kumon di Indonesia

Seorang guru tidak akan bisa melakukan pekerjaannya jika ia tidak kuasai satu juga sistem mengajarkan yang sudah dirumuskan yang sudah dirumuskan dan disampaikan beberapa pakar psikologi dan pengajaran (Djamarah, 2002:53).

Sedang menurut sedang Wina Senjaya (dalam Sudrajat, 2008) sistem adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008).

Sedang Sudrajat mengaitkan jika sistem pembelajaran bisa disimpulkan sebagai cara yang dipakai untuk menerapkan gagasan yang telah diatur dalam wujud aktivitas riil dan ringkas untuk capai arah pembelajaran. (sudrajat, Online 19 Maret 2008).

Sistem Kumon adalah sistem belajar matematika dan pengetahuan bacaan yang diaplikasikan di kelas-kelas secara efisien.

Baca Juga:

Kelemahan Kumon yang Jarang Diketahui

Biaya Les Kumon Matematika

Les Kumon Bahasa Inggris, Kumon Adalah

Kumon diperkembangkan dengan mekanisme waralaba. Sistem Kumon mempunyai arah supaya pelajar-siswanya capai materi SMA dengan belajar secara mandiri.

Dimulai dengan pembukaan kelas di Osaka, Jepang di tahun 1958, sekarang Sistem Kumon sudah menebar di 51 negara dengan lebih dari 4 juta dua ratus ribu pelajar yang sedang belajar dengan sistem ini.

Belajar matematika sepanjang ini kelihatannya menjadi momok yang mengerikan, selain harus bergulat dengan angka. Hadirnya metode belajar kumon tentunya sedikit mengikis persepsi tersebut.

Apalagi, pada awal pembelajaran anak anak dituntut harus pahami dasar dasar dalam pengetahuan berhitung.

Baca Juga:

Kursus Kumon di Makassar

Biaya Kursus di LIA, Berikut Rinciannya

Ditambahkan lagi pembelajaran matematika sepanjang ini adalah pembelajaran yang monoton yang mengakibatkan pelajar menjadi tidak tertarik.

Kemungkinan bagi sekolah dan guru yang mempunyai cara pembelajaran yang ringkas dan menarik hal ini tidak menjadi permasalahan.

namun bagi orangtua yang dalam menemani di rumah masih mempunyai cara kuno dan kuno tentu membuat anak tidak tertarik belajar matematika.

Nah, orangtua harus memberikan peluang belajar di luar. Misalnya di Kumon, sebab dengan belajar di Kumon anak tentu diberikan tips belajar matematika.

Keunggulan Metode Belajar Kumon

1. Kumon adalah Sistem Pembelajaran Matematika yang Menarik

Kumon adalah sistem pembelajaran matematika dan memilihnya adalah jawaban yang tepat.

Sekadar diketahui, Kumon atau Toru Kumon adalah seorang guru matematika sebuah SMA di Jepang, yang mendapati sistem pembelajaran matematika, setelah menyaksikan anaknya, yakni Takeshi, yang masih kelas 2 SD tidak bisa matematika bahkan juga nilai di kelasnya benar-benar buruk.

Menyaksikan Takeshi, Toru Kumon danTeiko merasa kuatir dan pada akhirnya Kumon mencoba pelajari masalah yang diberikan, dan pada akhirnya Toru Kumon mencoba membuat helai kerja dan sistem tersendiri untuk memberikan pelajaran matematika tersendiri, yang dibikin dengan bertahap dimulai dari hal dasar, diantaranya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan semua harus dituntaskan Takeshi setiap hari.

Dan sejak itu Takeshi mulai bisa pelajari matematika, dan saat SMA semua pelajaran matematika menjadi hal gampang, seperti belajar barisan, diferensial, bahkan juga integral.

2. Kumon Matematika dan Cara Gampang Pelajarinya

Metode belajar Kumon diketemukan di tahun 1954 dan diperkembangkan dengan cara resmi di tahun 1958, sistem simpel Kumon telah menyebar di 51 negara. Sistem Kumon mewajibkan anak latihan setiap hari, yang pada akhirannya membuat nilai positif dalam belajar yakni kedisipilnan.

Selain itu di Kumon, anak belajar dengan menyaksikan panduan dan contoh masalah yang diberikan pada helai kerja, berpikiran secara mandiri selanjutnya kerjakan masalah sama sesuai dengan kekuatanya sendiri. Pembelajaran Kumon memang diberikan supaya anak bisa belajar mandiri.

Ada banyak tips supaya anak bisa belajar dengan pas, sehingga bisa disiplin dan mandiri, diantaranya:

  1. Sempatkan diri setiap hari ± 30 menit tiap hari. Untuk waktu anda bisa atur waktunya dengan ajak anak untuk pilih waktu yang cocok untuk belajar.
  2. Tiap akan belajar dengan sistem Kumon, matikan lebih dulu semua handphone, tv, radio dan semua yang mengganggu fokus saat anak akan belajar. Hal ini supaya anak bisa fokus dan konsentrasi, karena waktu yang diperlukan cuman sesaat, cuman 30 menit saja.
  3. Saat sebelum kerjakan masalah ketahuilah lebih dulu perintah masalah.
  4. Setelah kerjakan masalah, lihatlah kembali adakah materi masalah yang terlewatkan,
  5. Setelah usai belajar, atur kembali alat catat dan beberapa buku, selanjutnya anak bisa melakukan aktivitas yang lain.

Tips belajar matematika ala Kumon ini memang menyengaja dicatat berdasar rekomendasi yang ada dari Kumon supaya anak bisa belajar matematika secara mandiri.

Memang tidak gampang memberikan pelajaran matematika ke anak, namun dengan anak ikuti program matematika di Kumon minimum anak bisa disiplin dan mandiri tidak cemas tidak bisa dalam pelajari matematika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.