Beranda Kesehatan Merencanakan Kehamilan agar Berjalan Lancar

Merencanakan Kehamilan agar Berjalan Lancar

86
0

Seberapa pentingkah merencanakan kehamilan itu? Saya rasa rencana sebelum menuju ke proses kehamilan sangat penting. Di sini kita akan membahasnya, mengapa perlu dan apa saja yang musti suami istri programkan. Merencanakan sebuah kehamilan di era modern ini lebih sulit apabila dibandingkan di masa masa dulu.

Mengapa demikian? Bandingkan saja dari mulai gaya hidup manusianya saja sudah jauh berbeda, faktor gaya hidup yang buruk semakin memperbesar problem infertilitas. Berikut ini adalah beberapa point point yang harus pasangan suami istri perhatikan dan persiapkan sebelum menuju ke proses kehamilan.

Point pertama, Buang jauh jauh rasa cemas, keadaan yang rileks merupakan cara ampuh dalam mengurangi kecenderungan stress. Stress memiliki hubungan erat dengan peluang kehamilan. Untuk itu terus berupaya positif thinking, buang jauh rasa cemas dan selalu berdoa agar diberikan ketenangan dalam diri. Suami istri wajib saling mendukung dan menguatkan.

Point kedua adalah asupan Vitamin dan gizi yang cukup, pentingnya vitamin dalam perencanaan kehamilan. Perhatikan pola makan sehat. Perbanyak asupan vitamin yang bermanfaat bagi kehamilan seperti Vitamin C, D, dan E. Vitamin ini bermanfaat untuk kesuburan baik suami maupun istri. Selain vitamin, asupan zat makanan yang bermanfaat bagi tubuh adalah asam folat. Asam float bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin dan bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi kelak. Asupan kalsium yang cukup bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi sang ibu dan calon bayi. Asupan Zat besi untuk pertumbuhan sel darah ibu dan calon bayi.

Point ketiga adalah lakukan Check-up, step ini adalah untuk memastikan kondisi fisik suami dan istri dalam keadaan yang benar benar sehat. Tidak ada kendala apapun dengan masalah kesehatan, terutama bagi istri. Pastikan kondisi cukup sehat untuk mengandung sebuah bayi. Karena kehamilan itu bagaikan satu tubuh dua nyawa. Jadi persiapkan segalanya dengan baik.

Dari point ketiga tersebut saya rasa sudah cukup untuk mempersiapkan rencana kehamilan. Selain itu ada beberapa point penting yang musti anda hindari dalam merencanakan kehamilan, Hal hal apa saja yang harus dihindari dalam melaksanakan rencana kehamilan? Simak dibawah ini.

1. Hindari pemanis buatan, Bahan pemanis buatan berdampak negative pada pertumbuhan otak calon janin. Dan dapat mengganggu pertumbuhan bayi setelah kelahiran. Dampak yang lebih ekstrim lagi adalah adanya ancaman keguguran.
2. Hindari kafein, menurut penelitian kafein tidak sehat dan dapat menggangu kesuburan. Konsumsi kafein yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan keguguran. Efek samping dari kafein ini sebaiknya anda hindari.
3. Hindari pestisida, anda tahu bahwa pestisida sangat berdampak negatif. Menurut penelitian pestisida mengganggu sistem hormonal serta sistem jaringan dalam calon bayi.
4. Hindari kedelai, kedelai menggangu dan cenderung merugikan sistem reproduksi.
5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk, mulai sekarang berhenti merokok dan jauhi alkohol dan obat obatan. Kebiasaan buruk ini tidak hanya berdampak pada kesehatan anda, melainkan juga berdampak pada calon janin nantinya. Inilah alasan bahwa gaya hidup sehat teramat diperlukan tidak hanya untuk kehamilan saja melainkan untuk setiap kehidupan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini