Merawat Rantai Motor
Merawat Rantai Motor

Tips Merawat Rantai Motor

Merawat Rantai Motor – Semua elemen dalam sepeda motor adalah penting. Jika kaca spion yang rusak sebelah saja bisa mengancam keselamatan apalagi elemen yang berhubungan dengan laju motor kita.

Cari tahu juga cara membersihkan rantai motor dengan sunlight, pelumas rantai motor alami, cara merawat rantai motor agar tidak berkarat, membersihkan rantai motor dengan bensin, cara merawat rantai motor agar tidak kendor, bahan untuk membersihkan rantai motor, rantai motor cepat kering, membersihkan rantai motor dengan wd-40

Lihat Juga Merawat Kaca Mobil

Rantai motor adalah salah satu elemen itu. Fungsi rantai sangat besar yaitu menyalurkan tenaga penggerak dari mesin menuju roda belakang.

Jika tidak dirawat maka akan mengganggu kenyamanan berkendara bahkan bisa mengancam keselamatan pengendara.

Tips Merawat Rantai Motor

Ada beberapa masalah yang sering muncul pada rantai motor kita. Pertama, rantai yang kering. Gejalanya adalah muncul bunyi-bunyi gesekan rantai yang kasar.

Hal ini membuat laju motor kita menjadi tidak stabil apalagi nyaman.

Ada dua faktor yang menyebabkan keringnya rantai. Yang pertama kesalahan pemilik yang tidak merawat rantai motor.

Kadang kita acuh akan kondisi pelumas rantai kita hingga lupa memberinya pelumas. Yang kedua adalah rantai kita terlalu sering terkena air, misal air hujan atau dari kubangan air.

Selalu rutin cek pelumas rantai dan segera beri pelumas rantai jika dirasa perlu.

Jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas seperti yang banyak dilakukan orang awam.

Padahal, penggunaan oli bekas ini justru akan membuat rantai cepat aus dan kehilangan cengkraman. Gunakan pelumas khusus rantai yang sudah ada dipasaran.

Penggunaan pelumas juga memperpanjang umur rantai kita.

Masalah kedua adalah rantai motor kendur.

Lihat Juga Tips Memahami Dan Merawat Rem Mobil

Faktor yang menyebabkan rantai kendor adalah roda gigi yang tumpul sehingga rantai kehilangan daya cengkramnya.

Jangan sampai rantai motor anda kendor, selain berbahaya juga membuat tarikan menjadi berat. Kencangkan rantai segera saat mulai kendor.

Tapi perlu diingat, mengencangkan rantai ini ada aturannya.

Jika rantai ditekan maka tidak terlalu tegang dan kendor. Jika terlalu tegang akan menyebabkan rantai putus. Hal ini berbahaya bila terjadi dalam kondisi motor melaju kencang.

Rantai bisa masuk dan membelit roda gigi dan membuat motor kehilangan keseimbangan dalam kondisi kencang.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi roda gigi. Jika sudah tumpul, segeralah beli roda gigi yang baru karena imbas roda gigi tumpul pada rantai cukup besar.

Jika terjadi putus rantai dan bengkel tidak memiliki rantai dengan panjang yang pas, untuk keadaan darurat anda bisa gunakan rantai motor yang lebih besar untuk sementara.

Namun ingat, rantai yang tidak pas dengan struktur motor akan memberatkan kinerja dari mesin itu.

Jadi segeralah mengganti rantai yang sesuai dengan struktur motor anda.

Sebenarnya rantai memiliki penutup rantai yang fungsinya selain menjaga merawat rantai motor dari sinar matahari langsung, tapi juga bisa menjaga pelumas tetap lembab.

Namun jika tidak dipasang dengan benar maka bisa menimbulkan bunyi gesekan dengan rantai dan dalam beberapa kasus bisa memutuskan rantai. Pasanglah tutup rantai dengan pas.

Selamat mencoba.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel :

kenapa rantai roda motor kendor sebelah, fungsi stabil ratai motor, gejala rantai motor kering, kaca spion motor kendor, solusi rantai motor berbunyi dan kencang kendor, stabil rante motor