Menuju PON Papua, Evaluasi Cabor Anggar Sulsel di PON XVIII 2021
Atlet anggar saling serang

Menuju PON Papua, Evaluasi Cabor Anggar Sulsel di PON XVIII 2021

PON Papua atau Pekan Olahraga Nasional ke-XX kembali akan di gelar 2021. Kali ini yang bertindak sebagai tuan rumah adalah Propinsi Papua.

Beberapa penyiapan tengah dikerjakan Panitia Besar PON Papua yang rencananya akan dihelat di 2-15 Oktober 2021. Even empat tahunan ini, pertandingkan 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga.

Menilik kebelakang. Sebelum berlaga di PON Papua. Sebenarnya kontingen Sulsel pernah berjaya di pesta olahraga multi event tersebut. Sejumlah cabang olahraga atau cabor sukses mendulang medali emas. Utamanya dari cabor unggulan seperti Anggar.

Baca Juga:

Portugal Vs Hungaria di UEFA EURO 2020 / 2021

Mantan Pelatih PSM-U19 Arsiteki PS Nene Mallomo

Kelemahan Petenis Indonesia karena Tinggi Badan? 

Kejayaan itu, terjadi kala PON XVIII. Saat itu berlangsung di Riau pada 2012 lalu.

Cabang olahraga Anggar berhasil melampaui target. KONI Sulsel menarget cabang ini meraih 2 emas, 1 perak, den 2 perunggu.

Kenyataannya, Anggar sukses melampauai target dengan menyumbangkan 3 medali, 1 perak, den 2 perunggu.

Faktor keberhasilan disebabkan kedisiplinan, ketekunan, dan semangat atlet melaksanakan program Iatihan yang ditetapkan pelatih, Harry Yost, dan Nurul Musfira Amahoru.

Juga, kerjasama dan kelompok selama persiapan PON XIII 2012 di Riau sangat baik disertai semangat dan percaya diri. Motivasi atlet untuk merebut prestasi puncak dan terbaik sangat tinggi.

Semua itu tidak lain atas dukungan moril dan materi dari berbagai pihak terutama dari PON Suiawesi Selatan dan Pengurus IKASI Sulsel, dukungan untuk mengikuti try out dan pertandingan di luar negeri serta TC di luar negeri (Singapura) sangat baik.

Dukungan pembelian peralatan/perlengkapan Iatihan den tanding dari KONI Sulsel sangat besar kepada Cabang Oiahraga Anggar.

Untuk pelaksanaan PON mendatang, diharapkan cabang olahraga ini tetap mendapat dukungan yang baik dari KONI Sulsel, Pengprov IKASI, dan semua pihak agar prestasi Anggar lebih meningkat lagi.

Terutama, pembuatan hall (tempat Iatihan, khusus Anggar), supaya kegiatan latihan tidak terganggu dengan cabang olahraga lain.

Karena pengalaman yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa setiap persiapan PON terutama pada PON XVIII 2012 Riau, kendalanya hanya pada tempat Iatihan selama di Makassar yang berpindah pindah sehingga mengganggu konsentrasi atlet pada saat latihan.

Diharapkan bantuan membentuk Pengcab dan Klub di kota Makassar dan Sulawesi Selatan agar proses regenerasi atlet Anggar dapat terus berlanjut, juga diharapkan agar cabang olahraga ini dapat berprestasi dalam pecan olahraga diaerah (PORDA) di Bantaeng.

Pertanyaan Orang Tentang Cabor Anggar PON

Apa pedang anggar tajam?

Mengenai wujud pedang yang difungsikan pada olahraga anggar miliki berat yang mudah dan tidak tajam.

Apa nama tubuh anggar yang ada pada Indonesia?

Anggar ditandingkan pertama dalam gelaran olimpiade di tahun 1986, di Indoneisa anggar berdiri semenjak tahun 1951 organisasinya yang memiliki nama IPADI (Ikatan Pemain Anggar di Indonesia), lalu seiring berjalan waktu berbeda nama jadi IKASI (Ikatan Anggar Semuanya Indonesia),berkedudukan di Bandung.

Anggar tergolong olahraga apa?

Anggar salah satunya olahraga beladiri yang gunakan senjata. Datang dari kata “en garde” yang dengan bahasa Prancis mempunyai arti “siap-siap”. Walaupun sebenarnya di Prancis, olahraga ini disebutkan “escrime”.

Apa olahraga anggar beresiko?

Olahraga ini lebih mengutamakan pada kemahiran senjata dan tehnik dalam potong, menangkis, dan menyerang musuh. Kecekatan tangan jadi modal penting pada permainan anggar…. Tentulah, olahraga Anggar yang cukup beresiko harus dijalankan secara professional, dan perlu latihan teristimewa yang lama.

Apa yang dimaksud olahragawan anggar?

Anggar yaitu pengetahuan beladiri gunakan senjata yang berkembang jadi seni budaya olahraga kemahiran dengan senjata yang mengutamakan pada tehnik kebolehan seperti potong, menyerang atau menangkis senjata musuh dengan gunakan ketrampilan dalam memakai kecekatan tangan.

Siapa yang dipastikan menjadi juara pada permainan anggar bujet?

Dan seseorang pemain dipastikan menjadi juara jika pemain itu sukses menghimpun 5 angka dari 6 menit zaman tanding.

Bagaimanakah cara main olahraga anggar?

Kuasai Pergerakan Kaki
Mengambil status awal mula dengan berdiri ke samping.
Tangan yang menggenggam pedang dapat ditujukan di depan secara lempeng.
Kaki harus terdapat pada segi yang serupa bergerak ke musuh.
Kaki yang ada di belakang dapat menghadap keluar di pojok 90 derajat dari badan.