Beranda Berita Menteri Sosial Juliari Batubara, PDIP Ditangkap KPK

Menteri Sosial Juliari Batubara, PDIP Ditangkap KPK

0
Menteri Sosial Juliari Batubara Kader PDIP Ditangkap KPK

JAKARTA – Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (JPB) ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Politisi PDIP itu ditangkap berselang beberapa hari pasca Menteri KKP (Menteri Kelautan dan Perikanan), Edhy Prabowo dari fraksi Gerindra di tetapkan tersangka karena tersandung kasus suap terkait izin ekspor benih lobster.

Baca Juga: Gemintang Kejora Mallarangeng, Anak Mantan Menteri Olahraga Jadi Jubir Appi-Rahman

Juliari kini juga kembali harus berurusan dengan hukum. Dia tersandung kasus suap pengelolaan dana bantuan sosial penanganan Covid-19. Bantuan tersebut berupa paket sembako di Kementerian Sosial tahun 2020.

Politisi kelahiran Jakarta, 22 Juli 1972 ini dibekuk melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Sabtu (5/12/2020) dini hari dan sebanyak enam orang yang berhasil diamankan.

Pasca OTT, 5 di antaranya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Diantaranya yaitu menteri sosial, Juliari Batubara. Dia dia dinyatakan telah menerima suap bersama dengan MJS dan AW. Adapun 2 lainnya yaitu A dan H sebagai pihak pemberi suap.

Dalam OTT tersebut, KPK menemukan pecahan mata uang asing. Nilainya Rp 11,9 miliar, dan 23.000 dollar Singapura, serta 171.085 dollar AS.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hukum, Ikhsan Abdullah mengatakan sangat mendukung penerapan hukuman mati usai Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Ikhsan, apa yang sudah dilakukan oleh Juliari ini adalah sebuah bentuk kejahatan kemanusiaan karena yang dikorupsi tersebut adalah dana umat manusia yang sendang didera kesulitan imbas dari pendemi virus corona atau covid-19.

Lebih jauh, ia mengatakan sangat mengapresiasi atas kerja-kerja KPK di tengah pandemi virus corona ini. Menurutnya lembaga antirasuah itu telah membuktikan diri dan telah bertindak berani menegakkan sikap mendukung suara rakyat serta menegakkan hukum bagi orang-orang yang sudah menyalahgunakan wewenang yang diberikan.

Selain itu, Ikhsan juga mengaku sangat mengapresiasi atas keberanian KPK dalam menindak sejumlah pejabat pemerintahan yang saat ini menjabat dan ia mengaku ini adalah salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam melawan korupsi.

DAPATKAN HADIAH MENARIK

Tinggalkan Komentar