mengenal-jenis-resolusi-layar-smartphone-dan-tablet15329

Mengenal Jenis Resolusi Layar Smartphone dan Tablet

Mengenal Jenis Resolusi Layar Smartphone dan Tablet kini tak sesulit yang dibayangkan. Salah satu caranya tentunya bisa kita lihat pada berbagai informasi yang ada pada laman ini.

Cari tahu juga mengenai layar hp retak, layar hp bergerak sendiri, harga layar hp, harga layar hp oppo, ukuran layar tablet, layar hp namanya apa, pada layar, layar hp png

Simak Juga Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy Y Untuk Bermain Game HD

Mengenal Jenis Resolusi Layar Smartphone dan Tablet

Masih ingatkah dahulu ? Saat layar ponsel masih berresolusi rendah, karena dahulu masih sangat sedikit fungsi yang dijalankan. Jadi, tidak harus memerlukan jenis resolusi layar yang tinggi.

Beda halnya dengan sekarang, fungsi ponsel berkembang pesat, dari hanya untuk digunakan melihat pesan, kini digunakan untuk melihat video dengan kualitas tinggi.

Mengenal Jenis Resolusi Layar yang digunakan Smartphone dan Tablet

Resolusi layar pun berbeda-beda pada tiap smartphone dan tablet, berikut ini ulasannya:

QVGA (240×320)

Layar Smartphone dan Tablet yang pertama yaitu QVGA. Ini adalah jenis resolusi layar terendah yang digunakan pada smartphone.

QVGA (Quarter VGA) merupakan resolusi layar yang besarnya seperempat dari resolusi VGA (Video Graphics Array) (480×640).

QVGA banyak digunakan untuk smartphone low end, seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, HTC Wildfire, dan masih banyak lagi.

WQVGA (240×432) Layar Smartphone dan Tablet

‘W’ disini berarti ‘Wide’, yang artinya luas. Wide QVGA berarti setiap layar yang memiliki ketinggian yang sama dengan QVGA (240), namun dengan lebar yang lebih besar, dapat diartikan sebagai WQVGA. Sony Ericsson Aino memakai resolusi WQVGA.

HVGA (320×480) Layar Smartphone dan Tablet

‘H’ disini merupakan singkatan dari ‘Half’ lebih lengkapnya Half VGA, yang mempunyai arti ‘setengah’ dari ukuran VGA.

Sebenarnya HVGA dapat merujuk ke beberapa jenis resolusi layar, tetapi yang paling umum adalah 320×480. iPhone 3Gs memiliki resolusi ini, demikian juga HTC Wildfire S.

nHD (360×640)

Jenis resolusi layar ini jarang digunakan pada ponsel, tapi salah satunya dapat dilihat pada ponsel Nokia N97 atau ponsel Nokia yang lebih baru, 808 Pureview, serta Samsung Galaxy Beam.

WVGA (480×800)

‘W’ pada WVGA berarti ‘Wide’ VGA. Resolusi ini mengacu pada setiap tampilan dengan ketinggian 480 pixel, tetapi lebar lebih dari 640.

Resolusi WVGA yang paling umum adalah 480×800, dan ini merupakan jenis resolusi layar yang banyak digunakan smartphone.

Samsung Galaxy S2 misalnya memakai resolusi ini, bersama dengan Nokia Lumia 900, dan Tablet Axioo Picopad.

FWVGA (480×854)

FWVGA merupakan singkatan dari ‘Full Wide’ VGA, tidak seperti WVGA yang harus meng ‘crop’ layar untuk menghasilkan aspek ratio 16:9.

Resolusi ini dapat ditemukan pada Sony Ericcson Xperia Arc S, dan Tablet Archos 43.

qHD (540×960)

qHD (one Quarter of a full HD) menampilkan resolusi layar tinggi, dan semakin sering digunakan oleh smartphone. HTC Sensation adalah contohnya, begitu juga dengan Tablet Asus PadFone.

DVGA (640×960)

DVGA (Double VGA) merupakan jenis resolusi layar yang tinggi untuk smartphone. Resolusi ini digunakan oleh Apple iPhone 4 dan Apple iPhone 4s, serta dijuluki Retina Display oleh Apple.

XGA (728×1024)

XGA adalah singakatan dari ‘Extended Graphics Array’. Resolusi ini tidak umum digunakan pada ponsel, tetapi untuk tablet, resolusi ini digunakan oleh Apple iPad 2.

HD (720×1280)

HD (High Definition) sering disebut juga sebagai 720p. Resolusi ini merupakan resolusi layar yang sangat tinggi untuk smartphone.

Resolusi HD digunakan oleh Samsung Galaxy S3, dan HTC One X. Namun, baru baru ini Ultrabook Microsoft Surface juga memakainya.

WXGA (800×1280) Layar Smartphone dan Tablet

WXGA yang berarti ‘Wide’ XGA, merupakan resolusi XGA yang lebih diperlebar.

Satu-satunya smartphone yang menggunakan resolusi tinggi ini adalah Samsung Galaxy Note. Untuk tablet, Samsung Galaxy Tab 2 10.1 inci, bisa dijadikan contoh.

Ada sangat banyak jenis resolusi layar yang telah dikembangkan. Khususnya pada Resolusi Layar Smartphone dan Tablet.

Mungkin beberapa tahun lagi akan muncul smartphone atau tablet yang mempunyai resolusi yang lebih dari WXGA, atau malah kembali lagi ke resolusi kecil seperti jaman dulu, tetapi sebagai gantinya mungkin akan dibenamkan hologram 3D sebagai pengganti layar.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel Layar Smartphone dan Tablet :

Layar fwvga, apa itu QHD, layar qHd, qhd adalah, apa itu layar qHD, fwvga adalah, jenis layar fwvga, layar wvga, resolusi qhd, Apa itu FWVGA