Menganalisis Ukuran Jari-Jari Atom Dan Jari-Jari Ion Sebuah Unsur

Cafeberita.com — Jari-jari Atom dan Jari-jari Ion. Jari-jari atom meny­atakan jarak dari inti sam­pai kulit elek­tron ter­lu­ar. Pada postin­gan sebelum­nya , edutafsi sudah mem­ba­has bagaimana kecen­derun­gan jari-jari atom dalam tata cara peri­odik uta­manya untuk unsur-unsur kelom­pok uta­ma. Jari-jari atom mewak­ili uku­ran suatu atom. Semakin besar jari-jarinya maka kian besar uku­ran atom terse­but. Seba­liknya , kian kecil jari-jari atom maka akan kian kecil uku­ran atom­nya. Besar kecil­nya jari-jari atom dipen­garuhi oleh besar muatan inti dan banyak kulit atom. Lalu , bagaimana cara men­ganal­i­sis jari-jari beber­a­pa atom bila yang dipa­ha­mi yakni nomor atom­nya?

A. Membandingkan Jari-jari Atom

Jika nomor atom dari beber­a­pa bagian diberikan , maka yang sang­gup kita lak­sanakan yakni men­ganal­i­sis kecen­derun­gan jari-jari dari unsur-unsur terse­but. Anal­i­sis terse­but tidak beren­cana untuk menyelek­si nilai jari-jari suatu atom tapi cuma untuk mem­band­ingkan jari-jari atom dari beber­a­pa bagian yang dipa­ha­mi terse­but.

Bacaan Lain­nya

Den­gan mem­per­gu­nakan kecen­deerun­gan sifat jari-jari atom dalam satu kelom­pok dan peri­ode , kita sang­gup men­ganal­i­sis dan mem­band­ingkan jari-jari beber­a­pa atom. Den­gan cara terse­but kita sang­gup menyelek­si atom mana yang memi­li­ki jari-jari pal­ing besar atau jari-jari terke­cil.

Kecen­derun­gan jari-jari atom yakni selaku berikut :
1). Dalam satu kelom­pok , dari atas ke bawah , jari-jari atom kian besar
2). Dalam satu peri­ode , dari kiri ke kanan , jari-jari atom kian kecil.

Con­toh :
Dike­tahui nomor atom dari unsur-unsur A , B , C , dan D bertu­rut-turut yakni 3 , 7 , 9 dan 11. Ten­tukan bagian mana yang memi­li­ki jari-jari atom pal­ing besar!

Pem­ba­hasan :
Seba­gai langkah per­mu­laan , kita sang­gup menyelek­si kon­fig­urasi elek­tron dari keem­pat bagian terse­but biar tahu letaknya di dalam tata cara peri­odik:
1). 3A = 2 , 1 → kelom­pok IA , peri­ode 2
2). 7B = 2 , 5 → kelom­pok VA , peri­ode 2
3). 9C = 2 , 7 → kelom­pok VIIA , peri­ode 2
4). 11D = 2 , 8 , 1 → kelom­pok IA , peri­ode 3

Posisi relatif keem­pat bagian terse­but dalam tata cara peri­odik yakni selaku berikut:

IA VA VIIA
A B C
D

Ada tiga bagian yang bera­da dalam satu peri­ode , yakni A , B , dan C (peri­ode 2). Dalam satu peri­ode , dari kiri ke kanan , jari-jari atom kian kecil. Den­gan kata lain , yang ter­letak pal­ing kiri , jari-jarinya pal­ing besar. Den­gan demikian , antara A , B , dan C , yang pal­ing besar jari-jarinya yakni A.

Sekarang ting­gal mem­band­ingkan antara atom A dan D. Atom A dan D ter­letak dalam satu kelom­pok yakni kelom­pok IA. Dalam satu kelom­pok , dari atas ke bawah , jari-jari atom kian besar. Den­gan demikian , jari-jari atom D lebih besar diband­ing den­gan jari-jari atom A.

Cara pal­ing gam­pang men­ganal­i­sis­nya yakni , atom yang memi­li­ki jari-jari pal­ing besar yakni atom yang bera­da pal­ing kiri dan pal­ing bawah. Makara , atom yang jari-jarinya pal­ing besar yakni atom D.

B. Kecenderungan Jari-jari Ion

Ion tung­gal ter­ben­tuk sebab suatu atom netral melepas atau men­da­p­atkan (meny­er­ap) elek­tron. Pelepasan elek­tron men­cip­takan ion posi­tif yang dise­but kation , dan perem­be­san elek­tron men­cip­takan ion negatif yang dise­but anion.

Mes­ki berasal dari suatu atom netral , pelepasan atau perem­be­san elek­tron terny­a­ta kokoh ter­hadap uku­ran jari-jari ion. Ion memi­li­ki jari-jari yang berlainan secara sig­nifikan den­gan jari-jari atom netral­nya. Hal itu sang­gup ter­ja­di sebab penam­ba­han atau penghe­matan elek­tron di kulit ter­lu­ar turut merubah jum­lah kulit atom.

Kecen­derun­gan jari-jari ion :
1). Ion posi­tif memi­li­ki jari-jari lebih kecil dari atom netral
2). Ion negatif memi­li­ki jari-jari lebih besar dari atom netral

Keti­ka suatu atom netral melepas suatu elek­tron dari kulit ter­lu­ar , maka jum­lah kulit atom­nya akan con­dong menyusut sehing­ga jari-jari ion yang ter­ben­tuk juga lebih kecil diband­ing jari-jari atom netral­nya.  Seba­gai pola amati ilus­trasi di bawah ini.

Menganalisis jari-jari ion

Seba­liknya , saat suatu atom netral men­da­p­atkan elek­tron dan mem­ben­tuk ion negatif , maka jari-jari ion akan con­dong lebih besar diband­ing jari-jari atom netral­nya. Hal ini bermi­tra den­gan gaya tarik inti yang bereak­si den­gan adanya penam­ba­han elek­tron di kulit ter­lu­ar.

Seba­gai pola , ion Na+ memi­li­ki jari-jari lebih kecil diband­ing jari-jari atom Na. Ion Na+ memi­li­ki jari-jari 0 ‚99 A dan atom Na memi­li­ki jari-jari 1 ‚86 A. Sedan­gkan ion Cl- memi­li­ki jari-jari lebih besar diband­ing jari-jari atom Cl , yakni 1 ‚81 A untuk ion Cl- dan 0 ‚99 A untuk atom Cl.

Demikian­lah pem­ba­hasan singkat ten­tang cara men­ganal­i­sis jari-jari atom dan jari-jari ion. Jika materi bergu­ru ini berhar­ga , silahkan bagikana ter­hadap sobat anda lewat tombol share yang terse­dia. 

Share ke Face­book »Share ke Twit­ter »
Cafeberita.com yakni blog wacana materi bela­jar. Gunakan sajian atau pen­car­i­an untuk mener­i­ma materi bergu­ru yang ingin dipela­jari.

Pos terkait