spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Menentukan Himpunan Solusi Pertidaksamaan Linear

Menentukan daerah himpunan solusi pertidaksamaan linear sanggup ditangani dengan tata cara grafik. Dengan menggambar persamaan garis linear dalam koordinat cartesius , kita sanggup menyeleksi himpunan solusi untuk pertidaksamaan linear.

Yang mesti diamati dalam menyeleksi daerah himpunan penyelesaiannya yakni tanda pertidaksamaannya. Berikut beberapa referensi dan pembahasan.

  1. Gambarkanlah himpunan solusi dari pertidaksamaan 2x + 3y < 6
  2. Gambarkanlah himpunan solusi dari pertidaksamaan 2x + 3y > 6
  3. Gambarkanlah himpunan solusi dari pertidaksamaan 2x + 3y ≤ 6
  4. Gambarkanlah himpunan solusi dari pertidaksamaan 2x + 3y ≥ 

Pembahasan :

  1. Pertidaksamaan linear kurang dari (<)
  2. Pernyataan kurang dari ialah pertidaksamaan yang himpunan penyelesaiannya menciptakan nilai kurang dari bilangan tertentu. Pertama-tama tentukan titik potong garis 2x + 3y = 6 menyerupai berikut :
    untuk x = 0 maka y = 2 —> (0 ,2)
    untuk y = 0 maka x = 3 —> (3 ,0)

    Setelah itu , gambarlah koordinat cartesius. Sesuaikan skala dengan titik yang dibutuhkan. Kemudian tarik garis lurus yang menghubungkan kedua titik koordinat tersebut sehingga dihasilkan gambar menyerupai berikut:

    pertidaksamaan linear.image

    Selanjutnya , tanda kurang dari (<) memiliki arti himpunan penyelesaiannya berada di bawah garis 2x + 3y = 6 dan tidak tergolong semua titik di sepanjang garis 2x + 3y = 6. Oleh alasannya itu , untuk daerah himpunan solusi untuk 2x + 3y < 6 , garis 2x + 3y = 6 digambar selaku garis putus-putus selaku tanda bahwa garis itu tidak tergolong dalam himpunan penyelesaian.

    pertidaksamaan linear kurang dari.image
  3. Pertidaksamaan linear lebih dari (>)
  4. Langkah solusi sama dengan soal no 1. Karena pertidaksamaannya lebih besar dari (>) , maka himpunan solusi untuk 2x + 3y > 6 berada di atas garis 2x + 3y = 6 dan tidak tergolong titik-titik sepanjang garis 2x + 3y = 6. Oleh alasannya itu , garis 2x + 3y = 6 digambar selaku garis putus-putus selaku tanda bahwa garis itu tidak tergolong dalam himpunan penyelesaian.

    pertidaksamaan linear lebih dari.image
  5. Pertidaksamaan linear kurang dari sama dengan (≤)
  6. Grafik untuk pertidaksamaan 2x + 3y ≤ 6 sama dengan grafik no 1 cuma saja alasannya pernyataan memakai sama dengan (≤) , maka titik-titik di sepanjang garis 2x + 3y = 6 juga tergolong himpunan penyelesaian. Perbedaan gambarnya cuma terletak pada garis 2x + 3y = 6. Pada soal ini , garis tersebut ialah garis utuh alasannya tergolong himpunan penyelesaian.

    pertidaksamaan linear kurang dari sam dengan
  7. Pertidaksamaan linear lebih dari sama dengan (≥)
  8. Grafik untuk pertidaksamaan 2x + 3y ≥ 6 sama dengan grafik no 2 cuma saja alasannya pernyataan memakai sama dengan (≥) , maka titik-titik di sepanjang garis 2x + 3y = 6 juga tergolong himpunan penyelesaian. Perbedaan gambarnya cuma terletak pada garis 2x + 3y = 6. Pada soal ini , garis tersebut ialah garis utuh alasannya tergolong himpunan penyelesaian.

    pertidaksamaan linear lebih dari sama dengan.image
Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles